Page 51 - Makna Sosial Burung Enggang
P. 51

memperoleh prestise di mata mereka yang ingin meniru kelompok
            elit dan ditiru oleh mereka, sehingga memaksa kelompok elit
            untuk merancang tanda khas baru dari status superior mereka.

                Lévi-Strauss (Meletinsky, 2014) menjelaskan bahwa deskripsi
            etnologis struktural berdiri pada sebuah hubungan komplementer
            dengan deskripsi peristiwa historis, 'temporal', dan diakronis
            tetapi menawarkan lebih banyak keuntungan. Meskipun dalam
            analisis akhir Lévi-Strauss menghormati kesejarahan, tampaknya
            dia terus-menerus cenderung ke arah sikap subjektivis karena pada
            dasarnya berorientasi pada kesadaran individu dan lingkungan
            sosial.
                Lévi-Strauss, antinomi Jung antara 'naluriah' dan 'sadar'
            mengambil bentuk  pertentangan  antara  alam  dan  budaya.
            peran  yang  lebih  besar  yang  dimainkan  oleh  lingkungan  dan
            simbolisasi tidak begitu banyak pada objek atau negara, tetapi
            pada hubungan antara objek dan orang. Ini adalah proposal yang
            secara fundamental berbeda dan merupakan landasan teori mitos
            (Meletinsky, 2014).

                Fungsi mitos yang dikemukakan oleh Levi Strauss (Mizrahi
            et al., 1997) adalah memberikan sebuah penjelasan logis dalam
            mengatasi hal yang tidak mungkin menjadi hal yang nyata. Mitos
            bukan sekedar cerita tetapi sering juga sebagai ungkapan simbolis
            batin atau konflik spiritual dalam masyarakat, serta merupakan
            sarana untuk mengalihkan, menjauh dan mengatasi setiap
            kontradiksi yang belum terselesaikan, sehingga sebagai hasilnya
            dapat dijelaskan dan logika.

                Masyarakat  suku  Dayak  mengimplementasikan  makna
            subjektif burung  enggang dalam perilaku sehari-hari. Menjadi
            pribadi individu dengan karakteristik seperti burung  Enggang.
            Terlebih masyarakat memandang batik burung  enggang
            mengandung makna yang sarat dengan harapan bahwa pengguna




            38 |  Aquarini, Ishomuddin, Vina Salviana DS., M. Fatchurrahman
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56