Page 259 - Catatan Peradaban Islam
P. 259

Tuhan  adalah  transendental  dan  bukan  imanen.  Tuhan
            berada  di  luar  dan  bukan  di  dalam  alam.  Alam  hanya
            merupakan penampakan diri atau tajalli dari Tuhan.

                 Ajaran  wahdat  al-wujud  dengan  tajalli  Tuhan  ini
            selanjutnya  membawa  pada  ajaran  al-Insan  al-Kamil  yang
            dikembangkan  terutama  oleh  Abd  al-Karim  al-Jilli  (1366-
            1428).  Dalam  pengalaman  al-Jilli,  tajalli  atau  penampakan
            diri Tuhan mengambil tiga tahap tanazul (turun), ahadiah,
            Huwiah dan Aniyah.

                 Pada tahap ahadiah, Tuhan dalam keabsolutannya baru
            keluar dari al-'ama, kabut kegelapan, tanpa nama dan sifat.
            Pada  tahap  hawiah  nama  dan  sifat  Tuhan  telah  muncul,
            tetapi  masih  dalam  bentuk  potensial.  Pada  tahap  aniah,
            Tuhan  menampakkan  diri  dengan  nama-nama  dan  sifat-
            sifat-Nya pada makhluk-Nya. Di antara semua makhluk-Nya,
            pada diri manusia Ia menampakkan diri-Nya dengan segala
            sifat-Nya.  Sungguhpun  manusia  merupakan  tajalli  atau
            penampakan  diri  Tuhan  yang  paling  sempurna  diantara
            semua  makhluk-Nya,  tajalli-Nya  tidak  sama  pada  semua
            manusia. Tajalli Tuhan yang sempurna terdapat dalam Insan
            Kamil.  Untuk  mencapai  tingkat  Insan  Kamil,  sufi  mesti
            mengadakan  taraqqi  (pendakian)  melalui  tiga  tingkatan:
            bidayah, tawassut dan khitam.
                 Pada  tingkat  bidayah,  sufi  disinari  oleh  nama-nama
            Tuhan,  dengan  kata  lain,  pada  sufi  yang  demikian,  Tuhan
            menampakkan     diri   dalam   nama-nama-Nya,   seperti
            Pengasih, Penyayang dan sebagainya (tajalli fi al-asma). Pada
            tingkat tawassut, sufi disinari oleh sifat-sifat Tuhan, seperti
            hayat,  ilmu,  qudrat  dll.  Dan  Tuhan  ber-tajalli  pada  sufi
            demikian  dengan  sifat-sifat-Nya.  Pada  tingkat  khitam,  sufi
            disinari dzat Tuhan yang dengan demikian sufi tersebut ber-


            252 | Asep Solikin dan M. Fatchurahman
   254   255   256   257   258   259   260   261   262   263   264