Page 267 - Catatan Peradaban Islam
P. 267

adalah baik juga. Kebaikan dan kebahagiaan adalah sesuatu
            yang relatif dan dapat juga dicapai di dunia.
            Ilmu Sejarah
                 Mengenai  sejarah,  pandangan  Ibnu  Miskawaih  dan
            analisisnya  yang  dimuat  dalam  buku  Tajarrib  Al-Umam
            sangatlah filosofis, ilmiah dan kritis. Ia berpendapat bahwa
            sejarah  merupakan  rekaman  tentang  turun  naiknya  suatu
            peradaban,  bangsa-bangsa  dan  negara-negara.  Maka  ahli
            sejarah harus menjauhkan diri dari kecen-derungan umum
            mencampuradukkan  kenyataan  dengan  rekaan  atau
            kejadian-kejadian  palsu.  Ia  harus  faktual,  kritis  dalam
            mengumpulkan  data,  dan  menyertakan  pandangan-
            pandangan  filosofis,  serta  menafsirkannya  dalam  lingkup
            kepentingan manusia. Sejarah bukanlah kenyataan terpisah
            dan statis, tetapi merupakan proses kreatif dan dinamis dari
            harapan dan aspirasi manusia yang hidup oleh cita-cita dasar
            dan cita-cita kebang-saan serta negara. Sejarah tidak hanya
            mengumpulkan  kenyataan  masa  lampau  menjadi  suatu
            kesatuan  organik,  melainkan  pula  menentukan  bentuk
            sesuatu yang akan datang.

             Jiwa dan Keistimewaannya
                 Dalam  berbicara  jiwa  ia  menegaskan  bahwasanya  ia
            bukan seperti badan kasar ini. Ia berpendapat karena jiwa
            mampu memahami bentuk-bentuk yang bertentangan, baik
            yang indrawi maupun yang aqli, dekat maupun jauh, besar
            maupun  kecil.  Dari  sekian  banyak  yang  berbeda,  yang
            rasional  berbeda  dengan  yang  indrawi  di  mana  ia  sendiri
            sajalah  yang  dapat  menentukan  kebenaran  dan  kesalahan
            dan  memahami  bukan  saja  pemahamannya  sendiri,  tetapi
            juga obyek-obyek pemahaman yang sebenarnya.




            260 | Asep Solikin dan M. Fatchurahman
   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272