Page 20 - Public Service
P. 20
4. Inovasi posisi — konteks atau pengguna baru (misalnya
layanan Connexions untuk kaum muda).
5. Inovasi strategis — tujuan baru atau tujuan organisasi
(misalnya kebijakan komunitas; yayasan rumah sakit).
6. Inovasi tata kelola — bentuk baru keterlibatan warga
negara, dan lembaga demokrasi (misalnya forum wilayah;
pemerintah yang dilimpahkan).
7. Inovasi retoris — bahasa baru dan konsep baru.
Setiap perubahan dalam praktiknya tertentu memiliki
elemen lebih dari satu jenis inovasi. Oleh karena itu, kita harus
mempertimbangkan inovasi, khususnya yang radikal atau
kompleks, menjadi multidimensi, menentukan dimensi (dan
ukuran inovasi dalam dimensi tersebut) untuk kepentingan
perbandingan sistematis.
Inovasi dalam Layanan Publik: Sebuah Perspektif Historis
Terkadang ada pandangan skeptis tentang inovasi di sektor
publik. Inovasi substansial yang semakin nyata dalam
merefleksikan bagaimana inovasi muncul. Di sektor swasta,
fokusnya adalah pada manajer dan staf sebagai sumber inovasi,
keduanya bekerja di dalam organisasi, dan jaringan di luarnya.
Namun, untuk sektor publik, kita juga harus mempertimbangkan
peran pembuat kebijakan dan penasehat kebijakan dalam proses
inovasi.
Mencirikan tiga paradigma yang bersaing antara tata
kelola dan manajemen publik yang mungkin kondusif untuk
cara-cara tertentu di mana inovasi dihasilkan dan diadopsi.
Masing-masing adalah pandangan dunia atau pola konsisten
yang masing-masing berisi konsepsi dan asumsi tertentu tentang
sifat dunia, dan peran politisi, manajer, dan penduduk (Hartley,
13