Page 61 - Sastra Lisan dan Nilai Budaya Dayak Ngaju
P. 61
Lastaria, M.Pd.
hanya sebuah pohon yang besar. Jadi, hantu itu
lalu menjauh karena kelelahan mencari bau
manusia itu tadi.
c. Dalam cerita “Indu Runtun” dikisahkan bahwa setelah Indu
Runtun tinggal di alam Jata. Masyarakat membuat rumah atau
keramat Indu Runtun. Di rumah keramat itu bisa tempat
bernazar dan ketika orang mengadakan upacara memanggil
Indu Runtun memberi sesajen, pasti ada yang kesurupan.
Masyarakat percaya kalau yang merasuki orang tersebut
adalah Indu Runtun, seperti kutipan di bawah ini.
Halah hasil kesahe balalu tulak rakyat bajai
manduan Indu Runtun nah. Jadi, ewen balalu
sampai melai huma indu Runtun. Balalu hauh
manyampai maksud ewen ji dumah handak
manduan indu Runtun akan kabala tatun ewen.
Jadi, kataun bapa Runtun jikau balalu manyuhu
kea. Pandak kesahe Indu Runtun balau melai
huang lewu Jata dan nikahan uluh jadi sawan
tatun bajai nah. Menurut budaya dan
kepercayaan, Indu Runtun tau leka bahajat, amun
je Kuasa marestui tau takabul. Amun uluh
mampakanan Indu Runtun dengan manyambalih
kare sapi narai macam ah, tau tege je kasarungan
awi te tanda Indu Runtun je marasuk uluh jite, dan
Indu Runtun te tau mansanan kajadian je naharep,
sama kulau tege kare musibah narai macame.
Artinya:
Akhirnya rakyat buaya berangkat menjemput Indu
Runtun. Kemudian sampai di rumah Indu Runtun
dan langsung menyampaikan maksud mereka yang
52