Page 75 - Sastra Lisan dan Nilai Budaya Dayak Ngaju
P. 75
Lastaria, M.Pd.
Imbah te, Bapa Runtun bapikir mangumpul uluh
lewu akan marunding masalah esu je Nihau, lalu
ije-ije cara mambalas bajai dengan cara
manampa sakang akan mamisi bajai hapan kawat
hai. Sakang baderet masang ewen sapanjang
sungei, bara tumbang sungei Mantangai sampai
sungei Tatun. Halah hasil dureh kakare bajai
matei awi manutuk sakang Bapa Runtun.
Artinya:
Setelah itu, bapak Runtun berpikir mengumpulkan
semua warga untuk merundingkan masalah
cucunya yang hilang, lalu cara satu-satunya
membalas buaya dengan cara membuat sakang/
pancing untuk memacing buaya menggunakan kail
dan kawat yang besar. Sakang/pancingnya berderet
mereka letakkan di sepanjang sungai, mulai muara
sungai Mantangai sampai sungai Tatun. Akhirnya
banyak sekali buaya yang mati karena mematuk
sakang/pancing pak Runtun.
c. Dalam cerita “Bawi Pampahilep” dikisahkan ada tujuh laki-
laki yang berangkat bekerja merasa lelah karena tidak ada
tukang masak lalu mereka berunding mencari jalan keluarnya,
seperti kutipan di bawah ini.
Pas jaman huran tege uluh hatue uju hakawal
tulak satiar mamantung mahangkang. Bulan
kalawan bulan katahin ewen uju satiar. Jadi ewen
uju barunding manggau jalan balua, awi kamea
kauyuhan bagawi jatun tukang bamasak.
66