Page 17 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 17

memperlancar dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan; d)
                           Meningkatkan  pendayagunaan  sumber  daya  pendidikan  yang ada
                           di   sekolah   (alam,   manusia,    sarana-prasarana);   dan    e)
                           Meningkatkan kreatifitas siswa dan guru.
                                Depdikbud memberikan arahan bahwa kegiatan unit produksi
                           di  SMK  perpedoman  pada  kurikulum  dan  tidak  boleh  mengurangi
                           sasaran  pencapaian  kurikulum,  dengan  demikian  kegiatan  unit
                           produksi merupakan media untuk membangun jiwa kewirausahaan
                           siswa melalui pelatihan di luar kegiatan intrakurikuler. Pengelolaan
                           dan  proses  pekerjaan  pada  kegiatan  unit  produksi  harus  dapat
                           menampilkan  unjuk  kerja  secara  profesional.  Guru  sebagai
                           pembimbing  unit  produksi  harus  memiliki  kemampuan  untuk
                           mengkondisikan  kegiatan  yang  diselenggarakan  unit  produksi
                           sekolah seperti halnya kegiatan usaha dengan segala resiko yang
                           mungkin dihadapi.
                                Pelatihan  seperti  ini  akan  mendorong  anak  untuk  mencari
                           peluang  dan  memanfaatkan  setiap  peluang  yang  ada  dengan
                           perhitungan resiko sekecil mungkin. Dengan demikian unit produksi
                           merupakan  media  untuk  memperdalam  pengetahuan  dan  skill
                           siswa  serta  memberikan  pengalaman  nyata  dalam  berwirausaha
                           yang bermuara pada terbentuknya jiwa wirausaha pada diri siswa
                           SMK.  Dengan  bekal  teori  yang  diberikan  di  sekolah  ditambah
                           dengan  praktik  industri  serta  pelatihan  mengelola  usaha  yang
                           relevan  dengan  jurusan  mereka  diharapkan  akan  membuka
                           wawasan  tentang  kewirausahaan  dan  pada  akhirnya  semakin
                           memupuk jiwa dan keterampilan kewirausahaan siswa.
                                Menerapkan prinsip-prinsip dalam kewirausahaan yang dapat
                           meningkatkan  sikap  dan  keterampilan  siswa,  maka  pengelola
                           kependidikan SMK seyogyanya dapat menciptakan pembaharuan,
                           keunggulan  komparatif  serta  memanfaatkan  berbagai  peluang
                           termasuk dalam memanfaatkan warga sekolah yang ada. Pengelola
                           kependidikan dengan keterampilan kewirausahaan yang kuat akan
                           berani  melakukan  perubahan-perubahan  yang  inovatif  di  sekolah,



                           8
   12   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22