Page 45 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 45
SMK dibekali pengalaman yang sama. Mereka selama beberapa
waktu memperoleh pengalaman bekerja di industri (industrial
experience for the teachers) yang merupakan bagian dari kegiatan
penataran.
Membimbing para siswanya para guru mempunyai wawasan
dan pengalaman yang sama. Pada saat berlakunya pasar bebas,
tenaga kerja Indonesia harus mampu bersaing dengan tenaga kerja
dari negara lain. Untuk mengantisipasi perkembangan tersebut,
SMK merintisnya dengan mengadakan praktik kerja ke luar negeri
sebagai bagian dari pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda.
Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam
meningkatkan kualitas sumber daya manusia, oleh karena itu
pembangunan pendidikan nasional harus mampu menjamin
pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi
tantangan nasional maupun tantangan global.
Perkembangan teknologi menuntut adanya perkembangan
pula pada pendidikan kejuruan, karena saat ini tatanan kehidupan
pada umumnya dan tatanan perekonomian pada khususnya
sedang mengalami pergeseran paradigma ke arah global.
Pergeseran ini akan membuka peluang kerja sama antar Negara
semakin terbuka dan di sisi lain, persaingan antar Negara semakin
ketat. Untuk meningkatkan kemampuan persaingan dalam
perdagangan bebas, diperlukan serangkaian kekuatan daya saing
yang tangguh, antara lain kemampuan manajemen, teknologi,
sumber daya alam dan sumber daya manusia. Sumber daya
manusia merupakan sumber daya aktif yang dapat menentukan
kelangsungan hidup dan kemenangan dalam menghadapi
persaingan suatu bangsa.
Pendidikan kejuruan adalah salah satu bentuk dari sistem
pendidikan nasional di Indonesia yang mempunyai misi membantu
peserta didik dalam mengembangkan sikap profesional dan mampu
berkompetisi dalam penguasaan bidang keahlian untuk
mempersiapkan dirinya masuk kedunia kerja. Finch & Crunkilton
36