Page 43 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 43
4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman
kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
Program ini akan terwujud dengan baik jika memiliki
komponen seperti yang berikut:
1. Institusi pasangan
2. Program pendidikan bersama
3. Kelembagaan kerja sama
4. Nilai tambah dan insentif; dan
5. Jaminan keberlangsungan.
Praktik industri melatih siswa agar terampil di bidang keahlian
yang dipilih. Pendidikan praktik keahlian profesi sesuai dengan
bidang keahliannya menjadi tanggung jawab dunia usaha dan dunia
industri (DUDI) yang menjadi mitra kerja sekolah. Hal ini didasarkan
pada tujuan pemberian keahlian profesi yang hanya dapat dicapai
bila mereka melaksanakan kerja di lingkungan yang sebenarnya
yaitu di industri, bukan di sekolah yang hanya merupakan simulasi
saja. Pada akhirnya praktik industri akan membawa mereka untuk
siap bekerja di industri dengan bekal pengetahuan dan
keterampilan yang cukup sehingga mereka lebih aktif dan kreatif
membuka usaha bagi dirinya sendiri atau bagi lingkungan
disekitarnya.
Pelaksanaan praktik industri bagi siswa SMK dilakukan di
industri yang sesuai dengan bidang keahlian yang ditempuh oleh
anak. Sebelum pelaksanaan praktik industri, sekolah membuat
kesepakatan dengan industri tentang waktu pelaksanaan dan
materi keahlian yang akan diterima siswa selama mereka praktik di
industri, sehingga praktik industri berjalan sesuai dengan
kesepakatan bersama dan tujuan pelaksanaan praktik kerja di
industri bagi para siswa akan dan bisa tercapai. Praktik industri bagi
siswa SMK dapat dilaksanakan di dalam maupun di luar negeri.
Pelaksanaan praktik industri di dalam negeri pada umumnya
34