Page 50 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 50

2.  Bersifat virtual dan tanpa batas. Dengan adanya integrasi
                    global  antar  masyarakat  dunia,  dunia  pekerjaan  akan
                    semakin kehilangan dimensi fisik, ruang, dan waktunya.
                    Para pekerja tidak perlu lagi berpindah secara fisik dari
                    tempat satu ke tempat yang lain untuk dapat mencari
                    pekerjaan baru yang lebih baik.
                3.  Psycological success. Tujuan utama karir dalam abad 21
                    adalah  kesuksesan psikologis, yaitu  perasaan  bangga
                    atas tercapainya tujuan hidup seseorang, kebahagiaan
                    keluarga, kedamaian,  dan sebagainya. Upaya ini akan
                    bisa ditempuh dari berbagai jalan yang berbeda sesuai
                    keunikan kebutuhan  manusia. Indikator  keberhasilan
                    bukan pada lagi pada ke-suksesan meniti tangga karir
                    secara hirarkis ataupun  kesuksesan  mengumpulkan
                    kekayaan.
                4.  Continuous  learning (pembelajaran terus-menerus).
                    Pengembangan  karir  tidak  lagi  diukur berdasarkan
                    usia  dan  tahapan  hidup secara  kronologis tetapi  dari
                    continuous  learning  (pembelajaran  terus-menerus)
                    dan perubahan identitas yang dilakukan secara terus
                    menerus. Karir abad 21 akan lebih dipandang sebagai
                    serangkaian  tahap-tahap  pembelajaran singkat  yang
                    disebut sebagai career age bukan chronological age.
                5.  Sources  of development  (sumber pengem-bangan).
                    Karir akan  tumbuh  dan berkembang  melalui
                    pembelajaran  terus-menerus. Proses  pembelajaran
                    terus-menerus  ini akan berjalan  melalui  kombinasi
                    individu, tantangan  kerja dan  inter dependensi  antar
                    manusia.  Pelatihan  formal menjadi kurang  relevan
                    dalam  proses  pembelajaran  terus-menerus  karena
                    selain mahal dan memakan waktu juga merepotkan dan
                    sering sesuai dengan tuntutan kebutuhan bisnis.


                         Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir  37
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55