Page 103 - Belajar & Pembelajaran
P. 103

Perubahan  kurikulum  sekolah  tidak  hanya  menimbulkan  masalah  bagi
          guru dan siswa, tetapi juga petugas pendidikan dan orang tua siswa. Bagi guru,
          ia  perlu  mengadakan  perubahan  pembelajaran.  Dalam  hal  ini  guru  harus
          menghindarkan  diri  dari kebiasaan  pembelajaran yang  "lama".  Bagi  siswa,  ia
          perlu mempelajari cara-cara belajar, buku pelajaran, dan sumber belajar yang
          baru.  Dalam  hal  ini  siswa  harus  menghindarkan  diri  dari  cara-cara  belajar
          "lama".  Bagi  petugas  pendidikan,  ia  juga  perlu  mempelajari  tata  kerja  pada
          kurikulum  "baru",  dan  menghindari  kebiasaan  kerja  pada  kurikulum  "lama".
          Bagi orang tua siswa, ia perlu mempelajari maksud, tata kerja, peran guru, dan
          peran siswa dalam belajar pada kurikulum "baru". Orang tua perlu memahami
          adanya  metode  dan  teknik  belajar  "baru"  bagi  anak-anaknya.  Dengan
          memahami  dan  mempelajari  teknik  belajar  yang  "baru",  maka  ia  dapat
          membantu proses belajar anaknya secara baik.

          C.  CARA MENENTUKAN MASALAH-MASALAH BELAJAR
              Program pembelajaran merupakan hal yang kompleks. Kekompleksan itu
          terentang dari (i)konstruksi kurikulum dan pemberlakuan kurikulum sekolah, (ii)
          tugas  guru  menyusun,  melaksanakan,  dan  mengevaluasi  program
          pembelajaran;  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  guru  memilih  media  dan
          sumber belajar, serta strategi mengajar yang sesuai dengan kurikulum, serta
          j(iii) peran siswa dalam proses belajar yang sesuai kurikulum yang berlaku.
              Belajar di sekolah terkait dengan beberapa hal. Dalam bertindak belajar,
          siswa  berhubungan  dengan  guru,  bahan  belajar,  pemerolehan  pengetahuan
          dan pengalaman, dan tata kerja evaluasi belajar. Di samping itu, siswa secara
          intern menghadapi disiplin, kebiasaan, dan semangat belajarnya sendiri. Faktor
          intern siswa tersebut merupakan hal yang cukup kompleks.
              Siswa  yang  belajar  di  sekolah  merupakan  akibat  dari  program
          pembelajaran guru. Guru berkepentingan untuk mendorong siswa aktif belajar.
          Dengan demikian sebagai pendidik generasi muda bangsa, guru berkewajiban
          mencari dan menemukan masalah-masalah belajar yang dihadapi oleh siswa.
          1.  Pengamatan Perilaku Belajar
              Sekolah  merupakan  pusat  pembelajaran.  Guru  bertindak  menjelaskan,
          dan  siswa  bertindak  belajar.  Tindakan  belajar  tersebut  dilakukan  oleh  siswa.
          Sebagai lazimnya tindakan seseorang, maka tindakan tersebut dapat diamati
          sebagai perilaku belajar. Sebaliknya, tindak belajar tersebut terutama dialami
          oleh  siswa  sendiri.  Siswa  mengalami  tindak  belajarnya  sendiri  sebagai  suatu
          proses belajar yang berjalan dari waktu ke waktu. Siswa dapat menghentikan
          sendiri, atau mulai belajar lagi. Dengan kata lain, perilaku belajar merupakan
          "gejala  belajar"  menurut  pengamat.  Sedangkan  tindak  belajar  atau  proses
          belajar  merupakan  "gejala  belajar"  yang  dialami  dan  dihayati  oleh  siswa.

          96 | Belajar dan Pembelajaran
   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108