Page 99 - Belajar & Pembelajaran
P. 99

Sudah  barang  tentu  rekan  sejawat  guru  yang  senior  merupakan  tempat
          mengadu, pembimbing, dan pembina pertumbuhan jabatan profesi guru.
              Mengatasi masalah-masalah keutuhan secara pribadi, dan pertumbuhan
          profesi  sebagai  guru  merupakan  pekerjaan  sepanjang  hayat.  Kemampuan
          mengatasi  kedua  masalah  tersebut  merupakan  keberhasilan  guru
          membelajarkan  sang  siswa.  Adapun  tugas  pengelolaan  pembelajaran  siswa
          tersebut  meliputi  hal-hal  berikut:  (i)  pembangunan  hubungan  baik  dengan
          siswa, (ii) menggairahkan minat, perhatian, dan memperkuat motivasi belajar,
          (iii)  mengorganisasi  belajar,  (iv)  melaksanakan  pendekatan  pembelajaran
          secara tepat, (v) mengevaluasi hasil belajar secara jujur dan objektif, serta (vi)
          melaporkan  hasil  belajar  siswa  kepada  orang  tua  siswa  yang  berguna  bagi
          orientasi masa depan siswa.

          2.  Prasarana dan Sarana Pembelajaran
              Prasarana pembelajaran meliputi gedung sekolah, ruang belajar, lapangan
          olah  raga,  ruang  ibadah,  ruang  kesenian,  dan  peralatan  olah  raga.  Sarana
          pembelajaran  meliputi  buku  pelajaran,  buku  bacaan,  alat  dan  fasilitas
          laboratorium sekolah, dan berbagai media pengajaran yang lain. Lengkapnya
          prasarana  dan  sarana  pembelajaran  merupakan  kondisi  pembelajaran  yang
          baik.  Hal  itu  tidak  berarti  bahwa  lengkapnya  prasarana  dan  sarana
          menentukan  jaminan  terselenggaranya  proses  belajar  yang  baik.  Justru  di
          sinilah  timbul  masalah  "bagaimana  mengelola  prasarana  dan  sarana
          pembelajaran sehingga terselenggara proses belajar yang berhasil baik."
              Prasarana dan sarana proses belajar adalah barang mahal. Barang-barang
          tersebut dibeli dengan uang pemerintah dan masyarakat. Maksud pembelian
          tersebut  adalah  untuk  mempermudah  siswa  belajar.  Dengan  tersedianya
          prasarana  dan  sarana  belajar  berarti  menuntut  guru  dan  siswa  dalam
          menggunakannya.  Peranan  guru  adalah  sebagai  berikut:  (i)  memelihara,
          mengatur   prasarana   untuk    menciptakan    suasana   belajar   yang
          menggembirakan,  (ii)  memelihara  dan  mengatur  sasaran  pembelajaran  yang
          berorientasi pada keberhasilan siswa belajar, dan (iii) mengorganisasi belajar
          siswa sesuai dengan prasarana dan sarana secara tepat guna. Peranan siswa
          sebagai berikut: (i) ikut serta memelihara dan mengatur prasarana dan sarana
          secara  baik,  (ii)  ikut  serta  dan  berperan  aktif  dalam  pemanfaatan  prasarana
          dan  sarana  secara  tepat  guna,  dan  (iii)  menghormati  sekolah  sebagai  pusat
          pembelajaran  dalam  rangka  pencerdasan  kehidupan  generasi  muda  bangsa.
          Dalam  berperan  serta  tersebut  siswa  akan  mengatasi  masalah  kebiasaan
          menggunakan  prasarana  dan  sarana  yang  kurang  baik  yang  ditemukan  di
          sekitar  sekolah.  Dalam  hal  ini  siswa  belajar  memelihara  kebaikan  fasilitas
          umum dalam masyarakat.

          92 | Belajar dan Pembelajaran
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104