Page 94 - Belajar & Pembelajaran
P. 94
menguatkan pesan baru, membangkitkan pesan dan pengalaman lama. (3)
Proses pengolahan merupakan proses belajar. Dalam tahap ini siswa
menggunakan kesadaran penuh. Ia memikirkan tugas, berlatih, menarik
kesimpulan dan unjuk belajar. (4) Proses penyimpanan merupakan saat
memperkuat hasil belajar. Pembelajar menggunakan berbagai teknik belajar
agar tersimpan dalam ingatan, penghayatan, dan keterampilan jangka panjang.
(5) Proses pemanggilan di mana pesan atau kesan lama diaktifkan kembali.
Bahwa proses belajar terdiri dari proses penerimaan, pengolahan,
penyimpanan, dan pengaktifan yang berupa penguatan serta pembangkitan
kembali untuk dipergunakan. Dalam kehidupan sebenarnya tidak berarti
bahwa semua proses tersebut berjalan lancar. Ada siswa yang mengalami
kesukaran dalam proses penerimaan, akibatnya, proses-proses penguatan,
pengolahan, penyimpanan dan penggunaan akan terganggu. Ada siswa yang
mengalami kesukaran dalam proses penyimpanan. Akibatnya proses
penggunaan hasil belajar akan terganggu. Adanya gangguan dalam kelima
proses tersebut, baik sendiri-sendiri atau gabungan, akan menghasilkan hasil
belajar yang kurang baik.
6. Menggali Hasil Belajar yang Tersimpan
Menggali hasil belajar yang tersimpan merupakan proses mengaktifkan
pesan yang telah diterima. Dalam hal pesan baru, maka siswa akan
memperkuat pesan dengan cara mempelajari kembali, atau mengaitkannya
dengan bahan lama. Dalam hal pesan lama, maka siswa akan memanggil atau
membangkitkan pesan dan pengalaman lama untuk suatu unjuk hasil belajar.
Proses menggali pesan lama tersebut dapat berwujud (i) transfer belajar, atau
(ii) unjuk prestasi belajar.
Ada kalanya siswa juga mengalami gangguan dalam menggali pesan dan
kesan lama. Gangguan tersebut bukan hanya bersumber pada pemanggilan
atau pembangkitannya sendiri. Gangguan tersebut dapat bersumber dari
kesukaran penerimaan, pengolahan, dan penyimpanan. Jika siswa tidak
memperhatikan pada saat penerimaan, maka siswa tidak memiliki apa-apa.
Jika siswa tidak berlatih sungguh-sungguh, maka siswa tidak berketerampilan
(intelektual, sosial, moral, dan jasmani) dengan baik. Dengan kata lain,
penggalian hasil yang tersimpan ada hubungannya dengan baik atau buruknya
penerimaan, pengolahan, dan penyimpanan pesan.
7. Kemampuan Berprestasi atau Unjuk Hasil Belajar
Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar merupakan suatu puncak
proses belajar. Pada tahap ini siswa membuktikan keberhasilan belajar. Siswa
menunjukkan bahwa ia telah mampu memecahkan tugas-tugas belajar atau
Masalah-Masalah Belajar | 87