Page 94 - Belajar & Pembelajaran
P. 94

menguatkan  pesan  baru,  membangkitkan  pesan  dan  pengalaman  lama.  (3)
          Proses  pengolahan  merupakan  proses  belajar.  Dalam  tahap  ini  siswa
          menggunakan  kesadaran  penuh.  Ia  memikirkan  tugas,  berlatih,  menarik
          kesimpulan  dan  unjuk  belajar.  (4)  Proses  penyimpanan  merupakan  saat
          memperkuat  hasil  belajar.  Pembelajar  menggunakan  berbagai  teknik  belajar
          agar tersimpan dalam ingatan, penghayatan, dan keterampilan jangka panjang.
          (5) Proses pemanggilan di mana pesan atau kesan lama diaktifkan kembali.
              Bahwa  proses  belajar  terdiri  dari  proses  penerimaan,  pengolahan,
          penyimpanan,  dan  pengaktifan  yang  berupa  penguatan  serta  pembangkitan
          kembali  untuk  dipergunakan.  Dalam  kehidupan  sebenarnya  tidak  berarti
          bahwa  semua  proses  tersebut  berjalan  lancar.  Ada  siswa  yang  mengalami
          kesukaran  dalam  proses  penerimaan,  akibatnya,  proses-proses  penguatan,
          pengolahan,  penyimpanan  dan  penggunaan  akan  terganggu.  Ada  siswa  yang
          mengalami  kesukaran  dalam  proses  penyimpanan.  Akibatnya  proses
          penggunaan  hasil  belajar  akan  terganggu.  Adanya  gangguan  dalam  kelima
          proses tersebut, baik sendiri-sendiri atau gabungan, akan menghasilkan hasil
          belajar yang kurang baik.

          6.  Menggali Hasil Belajar yang Tersimpan
              Menggali  hasil  belajar  yang  tersimpan  merupakan  proses  mengaktifkan
          pesan  yang  telah  diterima.  Dalam  hal  pesan  baru,  maka  siswa  akan
          memperkuat  pesan  dengan  cara  mempelajari  kembali,  atau  mengaitkannya
          dengan bahan lama. Dalam hal pesan lama, maka siswa akan memanggil atau
          membangkitkan pesan dan pengalaman lama untuk suatu unjuk hasil belajar.
          Proses menggali pesan lama tersebut dapat berwujud (i) transfer belajar, atau
          (ii) unjuk prestasi belajar.
              Ada kalanya siswa juga mengalami gangguan dalam menggali pesan dan
          kesan  lama.  Gangguan  tersebut  bukan  hanya  bersumber  pada  pemanggilan
          atau  pembangkitannya  sendiri.  Gangguan  tersebut  dapat  bersumber  dari
          kesukaran  penerimaan,  pengolahan,  dan  penyimpanan.  Jika  siswa  tidak
          memperhatikan  pada  saat  penerimaan,  maka  siswa  tidak  memiliki  apa-apa.
          Jika siswa tidak berlatih sungguh-sungguh, maka siswa tidak berketerampilan
          (intelektual,  sosial,  moral,  dan  jasmani)  dengan  baik.  Dengan  kata  lain,
          penggalian hasil yang tersimpan ada hubungannya dengan baik atau buruknya
          penerimaan, pengolahan, dan penyimpanan pesan.

          7.  Kemampuan Berprestasi atau Unjuk Hasil Belajar
              Kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar merupakan suatu puncak
          proses belajar. Pada tahap ini siswa membuktikan keberhasilan belajar. Siswa
          menunjukkan  bahwa  ia  telah  mampu  memecahkan  tugas-tugas  belajar  atau

                                                         Masalah-Masalah Belajar | 87
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99