Page 91 - Belajar & Pembelajaran
P. 91

memusatkan  perhatian  waktu  guru  mengajar  topik  tertentu.  Ada  pula  siswa
          yang  giat  belajar  karena  ia  bercita-cita  menjadi  seorang  ahli.  Bermacam-
          macam keadaan siswa tersebut menggambarkan bahwa pengetahuan tentang
          masalah-masalah  belajar  merupakan  hal  yang  sangat  penting  bagi  guru  dan
          calon guru.
              Dalam  bab  ini  secara  berturut-turut  akan  dipelajari  masalah-masalah
          belajar.  Masalah-masalah  belajar  yang  akan  dipelajari  meliputi  masalah-
          masalah  intern  belajar,  masalah-masalah  ekstern  belajar,  dan  bagaimana
          upaya  menemukan  masalah-masalah  belajar  tersebut.  Pengetahuan  tentang
          masalah-masalah  belajar  merupakan  perangkat  kompetensi  guru  dan  calon
          guru.

          A.  MASALAH-MASALAH INTERN BELAJAR
              Dalam  interaksi  belajar-mengajar  ditemukan  bahwa  proses  belajar  yang
          dilakukan  oleh  siswa  merupakan  kunci  keberhasilan  belajar.  Proses  belajar
          merupakan aktivitas psikis berkenaan dengan bahan belajar.
              Aktivitas  mempelajari  bahan  belajar  tersebut  memakan  waktu.  Lama
          waktu  mempelajari  tergantung  pada  jenis  dan  sifat  bahan.  Lama  waktu
          mempelajari  juga  tergantung  pada  kemampuan  siswa.  Jika  bahan  belajarnya
          sukar,  dan  siswa  kurang  mampu,  maka  dapat  diduga  bahwa  proses  belajar
          memakan waktu yang lama. Sebaliknya, jika bahan belajar mudah, dan siswa
          berkemampuan tinggi, maka proses belajar memakan waktu singkat Aktivitas
          belajar dialami oleh siswa sebagai suatu proses, yaitu proses belajar sesuatu.
          Aktivitas belajar tersebut juga dapat diketahui oleh guru dari perlakuan siswa
          terhadap bahan belajar. Proses belajar sesuatu dialami oleh siswa dan aktivitas
          belajar sesuatu dapat diamati oleh guru.
              Pada  kegiatan  belajar  dan  mengajar  di  sekolah  ditemukan  dua  subjek,
          yaitu  siswa  dan  guru.  Dalam  kegiatan  belajar,  siswalah  yang  memegang
          peranan penting. Dalam proses belajar ditemukan tiga tahap penting, yaitu: (1)
          Sebelum belajar. Hal yang berpengaruh pada belajar, menurut Biggs & Telfer
          dan  Winkcl,  adalah  ciri  khas  pribadi,  minat,  kecakapan,  pengalaman,  dan
          keinginan belajar. Hal-hal sebelum terjadi belajar tersebut merupakan keadaan
          awal;  keadaan  awal  tersebut  diharapkan  mendorong  terjadinya  belajar.  (2)
          Proses  belajar,  yaitu  suatu  kegiatan  yang  dialami  dan  dihayati  oleh  siswa
          sendiri.  Kegiatan  atau  proses  belajar  ini  terpengaruh  oleh  sikap,  motivasi,
          konsentrasi,  mengolah,  menyimpan,  menggali,  dan  unjuk  berprestasi.  (3)
          Sesudah  belajar, merupakan  tahap  untuk  prestasi  hasil  belajar.  Secara wajar
          diharapkan  agar  hasil  belajar  menjadi  lebih  baik,  bila  dibandingkan  dengan
          keadaan  sebelum  belajar.  (4)  Proses  belajar,  merupakan  kegiatan  mental
          mengolah bahan belajar atau pengalaman yang lain. Proses belajar ini tertuju

          84 | Belajar dan Pembelajaran
   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95   96