Page 91 - Belajar & Pembelajaran
P. 91
memusatkan perhatian waktu guru mengajar topik tertentu. Ada pula siswa
yang giat belajar karena ia bercita-cita menjadi seorang ahli. Bermacam-
macam keadaan siswa tersebut menggambarkan bahwa pengetahuan tentang
masalah-masalah belajar merupakan hal yang sangat penting bagi guru dan
calon guru.
Dalam bab ini secara berturut-turut akan dipelajari masalah-masalah
belajar. Masalah-masalah belajar yang akan dipelajari meliputi masalah-
masalah intern belajar, masalah-masalah ekstern belajar, dan bagaimana
upaya menemukan masalah-masalah belajar tersebut. Pengetahuan tentang
masalah-masalah belajar merupakan perangkat kompetensi guru dan calon
guru.
A. MASALAH-MASALAH INTERN BELAJAR
Dalam interaksi belajar-mengajar ditemukan bahwa proses belajar yang
dilakukan oleh siswa merupakan kunci keberhasilan belajar. Proses belajar
merupakan aktivitas psikis berkenaan dengan bahan belajar.
Aktivitas mempelajari bahan belajar tersebut memakan waktu. Lama
waktu mempelajari tergantung pada jenis dan sifat bahan. Lama waktu
mempelajari juga tergantung pada kemampuan siswa. Jika bahan belajarnya
sukar, dan siswa kurang mampu, maka dapat diduga bahwa proses belajar
memakan waktu yang lama. Sebaliknya, jika bahan belajar mudah, dan siswa
berkemampuan tinggi, maka proses belajar memakan waktu singkat Aktivitas
belajar dialami oleh siswa sebagai suatu proses, yaitu proses belajar sesuatu.
Aktivitas belajar tersebut juga dapat diketahui oleh guru dari perlakuan siswa
terhadap bahan belajar. Proses belajar sesuatu dialami oleh siswa dan aktivitas
belajar sesuatu dapat diamati oleh guru.
Pada kegiatan belajar dan mengajar di sekolah ditemukan dua subjek,
yaitu siswa dan guru. Dalam kegiatan belajar, siswalah yang memegang
peranan penting. Dalam proses belajar ditemukan tiga tahap penting, yaitu: (1)
Sebelum belajar. Hal yang berpengaruh pada belajar, menurut Biggs & Telfer
dan Winkcl, adalah ciri khas pribadi, minat, kecakapan, pengalaman, dan
keinginan belajar. Hal-hal sebelum terjadi belajar tersebut merupakan keadaan
awal; keadaan awal tersebut diharapkan mendorong terjadinya belajar. (2)
Proses belajar, yaitu suatu kegiatan yang dialami dan dihayati oleh siswa
sendiri. Kegiatan atau proses belajar ini terpengaruh oleh sikap, motivasi,
konsentrasi, mengolah, menyimpan, menggali, dan unjuk berprestasi. (3)
Sesudah belajar, merupakan tahap untuk prestasi hasil belajar. Secara wajar
diharapkan agar hasil belajar menjadi lebih baik, bila dibandingkan dengan
keadaan sebelum belajar. (4) Proses belajar, merupakan kegiatan mental
mengolah bahan belajar atau pengalaman yang lain. Proses belajar ini tertuju
84 | Belajar dan Pembelajaran