Page 86 - Belajar & Pembelajaran
P. 86

Pertanyaan pertama: Berapa hektar luas sawah, perkebunan, dan ladang
          di  Kabupaten  A?  Berapa  banyak  danau,  sungai,  dan  pantai  di  Kabupaten  A?
          Siswa  menunjukkan  luas  sawah,  perkebunan,  ladang  yang  subur  dan  tidak
          subur.
              Pertanyaan  kedua:  Berapa  banyak  tenaga  kerja  manusia  di  pertanian
          sawah,  ladang,  dan  perkebunan?  Berapa  persen  tenaga  yang  tergolong  ahli,
          berpengalaman, dan tenaga kasar?
              Pertanyaan  ketiga:  Dari  mana  para  petani,  pengusaha  perkebunan
          memperoleh modal? Dapatkah mereka memperoleh tambahan modal?
              Pertanyaan keempat: Apakah Kabupaten A juga memiliki kekayaan alam
          lain yang dapat memperbanyak jenis produksi? Apakah ada pabrik dan masih
          mungkin mendirikan pabrik baru?
              Pertanyaan  kelima:  Apakah  Kabupaten  A  tergolong  kabupaten  yang
          menghasilkan  produksi  tinggi?  Apakah  faktor-faktor  produksi  memenuhi
          persyaratan  tersebut?  Apakah  data  yang  diperoleh  mendukung  generalisasi
          tersebut?
              Dengan pertanyaan bimbingan guru tersebut, siswa mengumpulkan bukti
          bahwa  Kabupaten  A  memang  tergolong  kabupaten  berproduksi  tinggi.  Data
          penghasilan  rata-rata  penduduk  dan  kehidupan  sehari-hari  mendukung
          generalisasi tersebut.
              Contoh  perilaku  pemerolehan  pengetahuan  siswa  tersebut  tergolong
          pengolahan pesan secara deduktif. Secara umum perilaku pengolahan pesan
          secara deduktif dapat dilukiskan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
          •   Tahap satu :   Pendahuluan pembelajaran.
          •   Tahap dua  :  Penyajian  generalisasi  dan  konsep.  Dalam  hal  ini  guru
              mengemukakan rumusan generalisasi yang telah disiapkan, dan guru juga
              menjelaskan  konsep  dengan  contoh-contoh.  Siswa berperan  memahami
              generalisasi dan konsep tersebut.
          •   Tahap tiga  :   Pengumpulan data yang mendukung generalisasi.
              Guru  meminta  siswa  mengumpulkan  data.  Siswa  mengumpulkan  data
              sebanyak-banyaknya dan menguji kesahan data.
          •   Tahap  empat:  Analisis  data  dan  verifikasi  generalisasi.  Guru  meminta
              siswa  menganalisis  data  yang  terkumpul,  dan  menguji  kembali
              generalisasi. Bila perlu siswa dapat mengumpulkan data lagi agar verifikasi
              generalisasi lebih meyakinkan.
          •   Tahap lima  :   Aplikasi generalisasi pada data yang terkumpul.
          •   Tahap  enam  :  Evaluasi  tentang  proses  pengolahan  pesan,  pemerolehan
              pengetahuan atau pengalaman tersebut. Pelaku evaluasi sebaiknya guru
              dan siswa secara bersama-sama.


                                                        Pendekatan Pembelajaran | 79
   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91