Page 86 - Belajar & Pembelajaran
P. 86
Pertanyaan pertama: Berapa hektar luas sawah, perkebunan, dan ladang
di Kabupaten A? Berapa banyak danau, sungai, dan pantai di Kabupaten A?
Siswa menunjukkan luas sawah, perkebunan, ladang yang subur dan tidak
subur.
Pertanyaan kedua: Berapa banyak tenaga kerja manusia di pertanian
sawah, ladang, dan perkebunan? Berapa persen tenaga yang tergolong ahli,
berpengalaman, dan tenaga kasar?
Pertanyaan ketiga: Dari mana para petani, pengusaha perkebunan
memperoleh modal? Dapatkah mereka memperoleh tambahan modal?
Pertanyaan keempat: Apakah Kabupaten A juga memiliki kekayaan alam
lain yang dapat memperbanyak jenis produksi? Apakah ada pabrik dan masih
mungkin mendirikan pabrik baru?
Pertanyaan kelima: Apakah Kabupaten A tergolong kabupaten yang
menghasilkan produksi tinggi? Apakah faktor-faktor produksi memenuhi
persyaratan tersebut? Apakah data yang diperoleh mendukung generalisasi
tersebut?
Dengan pertanyaan bimbingan guru tersebut, siswa mengumpulkan bukti
bahwa Kabupaten A memang tergolong kabupaten berproduksi tinggi. Data
penghasilan rata-rata penduduk dan kehidupan sehari-hari mendukung
generalisasi tersebut.
Contoh perilaku pemerolehan pengetahuan siswa tersebut tergolong
pengolahan pesan secara deduktif. Secara umum perilaku pengolahan pesan
secara deduktif dapat dilukiskan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
• Tahap satu : Pendahuluan pembelajaran.
• Tahap dua : Penyajian generalisasi dan konsep. Dalam hal ini guru
mengemukakan rumusan generalisasi yang telah disiapkan, dan guru juga
menjelaskan konsep dengan contoh-contoh. Siswa berperan memahami
generalisasi dan konsep tersebut.
• Tahap tiga : Pengumpulan data yang mendukung generalisasi.
Guru meminta siswa mengumpulkan data. Siswa mengumpulkan data
sebanyak-banyaknya dan menguji kesahan data.
• Tahap empat: Analisis data dan verifikasi generalisasi. Guru meminta
siswa menganalisis data yang terkumpul, dan menguji kembali
generalisasi. Bila perlu siswa dapat mengumpulkan data lagi agar verifikasi
generalisasi lebih meyakinkan.
• Tahap lima : Aplikasi generalisasi pada data yang terkumpul.
• Tahap enam : Evaluasi tentang proses pengolahan pesan, pemerolehan
pengetahuan atau pengalaman tersebut. Pelaku evaluasi sebaiknya guru
dan siswa secara bersama-sama.
Pendekatan Pembelajaran | 79