Page 88 - Belajar & Pembelajaran
P. 88

•   Pertanyaan keenam : Berapa orangkah yang jumlah pengeluarannya lebih
              besar dari penerimaannya, pada golongan rendah, sedang dan tinggi?
          •   Pertanyaan  ketujuh  :  Berapa  orangkah  yang  memiliki  tabungan,  pada
              golongan rendah, sedang dan tinggi?
              Berapa  rata-rata  pengeluaran  rekreasi  pada  ketiga  golongan  tersebut?
              Berapa rata-rata pengeluaran dana sakit pada ketiga golongan tersebut?
          •   Pertanyaan kedelapan : Adakah orang yang tergolong hemat pada ketiga
              golongan  tersebut?  Adakah  orang  yang  tergolong  boros  pada  ketiga
              golongan tersebut?
          •   Pertanyaan  kesembilan:  Kesimpulan  apakah  yang  dapat  ditarik  dari
              ekonomi  rumah  tangga  pada  ketiga  golongan  tersebut?  Usaha  apakah
              yang dapat dilakukan agar dapat menabung? Apakah yang dapat dihemat,
              dana  rekreasi  atau  dana  sakit?  Agar  tidak  sakit,  apakah  usaha  tiap
              keluarga?
          •   Pertanyaan  kesepuluh:  Dari  kesimpulan  sementara  tersebut,  dapatkah
              dirumuskan  bahwa  “hemat  pengeluaran  lebih  baik  daripada  boros”?
              bagaimana dengan pepatah “kecil menabung tahu beruntung?” Setujukah
              siswa dengan semboyan hidup sederhana?

              Dengan  pertanyaan  bimbingan  tersebut  siswa  menarik  kesimpulan
          berdasarkan  data  yang  terkumpulkan.  Siswa  membuat  generalisasi,  tidak
          menguji generalisasi.
              Contoh  perilaku  pemerolehan  pengetahuan  tersebut  tergolong
          pengolahan  pesan  secara  induktif.  Secara  umum  perilaku  pengolahan  pesan
          secara induktif dapat dilukiskan sebagai berikut.
          •   Tahap satu :   Pendahuluan pembelajaran.
          •   Tahap dua  : Pengumpulan data. Guru meminta siswa mengumpulkan data
              sehubungan  dengan  topik  yang  dipelajari.  Sebaiknya  guru  telah
              menyiapkan lembaran kerja. Dalam pembuatan lembaran kerja sebaiknya
              siswa  juga  diajak  serta.  Pekerjaan  pengumpulan  data  dapat  dilakukan
              beberapa tahap, sesuai dengan masalah yang dipelajari.
          •   Tahap tiga : Analisis data. Guru meminta siswa untuk mempelajari data,
              menggolong-golongkan,  membandingkan,  menguji  kebenaran  data,  dan
              menyimpulkan sementara.
          •   Tahap  empat:  Perumusan  dan  pengujian  hipotesis.  Hipotesis  disusun
              berdasarkan teori yang ada atau prinsip yang benar. Data yang ditemukan
              dapat digunakan untuk uji hipotesis. Hipotesis dapat diterima atau ditolak.
              Bila  ternyata  benar,  hipotesis  diterima.  Sebaliknya,  bila  ternyata  salah,
              hipotesis ditolak.


                                                        Pendekatan Pembelajaran | 81
   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93