Page 88 - Belajar & Pembelajaran
P. 88
• Pertanyaan keenam : Berapa orangkah yang jumlah pengeluarannya lebih
besar dari penerimaannya, pada golongan rendah, sedang dan tinggi?
• Pertanyaan ketujuh : Berapa orangkah yang memiliki tabungan, pada
golongan rendah, sedang dan tinggi?
Berapa rata-rata pengeluaran rekreasi pada ketiga golongan tersebut?
Berapa rata-rata pengeluaran dana sakit pada ketiga golongan tersebut?
• Pertanyaan kedelapan : Adakah orang yang tergolong hemat pada ketiga
golongan tersebut? Adakah orang yang tergolong boros pada ketiga
golongan tersebut?
• Pertanyaan kesembilan: Kesimpulan apakah yang dapat ditarik dari
ekonomi rumah tangga pada ketiga golongan tersebut? Usaha apakah
yang dapat dilakukan agar dapat menabung? Apakah yang dapat dihemat,
dana rekreasi atau dana sakit? Agar tidak sakit, apakah usaha tiap
keluarga?
• Pertanyaan kesepuluh: Dari kesimpulan sementara tersebut, dapatkah
dirumuskan bahwa “hemat pengeluaran lebih baik daripada boros”?
bagaimana dengan pepatah “kecil menabung tahu beruntung?” Setujukah
siswa dengan semboyan hidup sederhana?
Dengan pertanyaan bimbingan tersebut siswa menarik kesimpulan
berdasarkan data yang terkumpulkan. Siswa membuat generalisasi, tidak
menguji generalisasi.
Contoh perilaku pemerolehan pengetahuan tersebut tergolong
pengolahan pesan secara induktif. Secara umum perilaku pengolahan pesan
secara induktif dapat dilukiskan sebagai berikut.
• Tahap satu : Pendahuluan pembelajaran.
• Tahap dua : Pengumpulan data. Guru meminta siswa mengumpulkan data
sehubungan dengan topik yang dipelajari. Sebaiknya guru telah
menyiapkan lembaran kerja. Dalam pembuatan lembaran kerja sebaiknya
siswa juga diajak serta. Pekerjaan pengumpulan data dapat dilakukan
beberapa tahap, sesuai dengan masalah yang dipelajari.
• Tahap tiga : Analisis data. Guru meminta siswa untuk mempelajari data,
menggolong-golongkan, membandingkan, menguji kebenaran data, dan
menyimpulkan sementara.
• Tahap empat: Perumusan dan pengujian hipotesis. Hipotesis disusun
berdasarkan teori yang ada atau prinsip yang benar. Data yang ditemukan
dapat digunakan untuk uji hipotesis. Hipotesis dapat diterima atau ditolak.
Bila ternyata benar, hipotesis diterima. Sebaliknya, bila ternyata salah,
hipotesis ditolak.
Pendekatan Pembelajaran | 81