Page 85 - Belajar & Pembelajaran
P. 85

Pembelajaran  ranah  disesuaikan  dengan  tujuan  pengajaran,  yaitu
          mementingkan isi bahan ajar atau proses pemerolehan. Pembelajaran ranah-
          ranah  itu  masih  bertingkat-tingkat,  menurut  Bloom  dan  kawan-kawan.
          Memusatkan  perhatian  pada  isi  dan  proses  juga  mementingkan  hal  yang
          diutamakan. Sebagai ilustrasi, mengutamakan fakta, konsep, teori dalam mata
          pelajaran  tertentu.  Atau  mengutamakan  cara  pemecahan  masalah  seperti
          penggunaan  rumus,  alat-alat  pelajaran,  penemuan  dalam  pendekatan
          keterampilan  proses.  Pembelajaran  ranah  kognitif  terlaksana  dengan
          pengajaran  cabang  pengetahuan  di  sekolah,  dan  cara-cara  pemerolehan.
          Pembelajaran afektif berkenaan dengan didikan sengaja tentang nilai seperti
          keadilan,  dan  keterampilannya  seperti  membagi  adil,  atau  berbuat  sopan.
          Pembelajaran psikomotorik berkenaan dengan keterampilan tangan atau olah
          raga, seperti latihan-latihan tertentu.

          D.  PROSES PENGOLAHAN PESAN
              Pemerolehan pengalaman, peningkatan jenis ranah tiap siswa tidak sama.
          Hal itu disebabkan oleh proses pengolahan pesan. Ada dua jenis pengolahan
          pesan, yaitu secara deduktif dan induktif.
          1.  Pengolahan Pesan Secara Deduktif
              Guru  kelas  satu  SMP  di  Kota  A  mengajar  pokok  bahasan  "Faktor-faktor
          Produksi  dan  Cara  Memperbesar  Produksi".  Ia  menjelaskan  bahwa  faktor
          produksi  terdiri  dari  faktor  produksi  alam,  tenaga,  modal,  dan  organisasi.  Ia
          menerangkan  pengertian-pengertian  berkenaan  faktor-faktor  produksi
          tersebut.  Sebagai  ilustrasi,  ia  mengemukakan  bahwa  "Faktor-faktor  alam
          adalah  produksi  asli  yang  merupakan  sumber  pokok  yang  memenuhi
          kebutuhan. Faktor produksi alam tersebut terdiri dari tanah, kekayaan alam,
          dan tenaga alam." Kemudian ia memberi contoh tentang hal-hal yang tercakup
          dalam pengertian tertentu; sebagai ilustrasi, yang tergolong dalam kekayaan
          alam adalah hewan, tumbuh-tumbuhan, bara tambang. Atas dasar pengertian
          tersebut  guru  mengajak  siswa  untuk  mempelajari  faktor-faktor  produksi  di
          Kabupaten A.
              Guru  tersebut  memulai  dengan  suatu  pernyataan  generalisasi  "Suatu
          Kabupaten  akan  menghasilkan  produksi  tinggi,  jika  faktor-faktor  produksi
          memenuhi  persyaratan  untuk  berproduksi  tinggi."  Kemudian  berdasarkan
          pengertian  yang  ada,  guru  meminta  siswa  untuk  mempelajari  Kabupaten  A
          dengan  panduan  pertanyaan  guru.  Panduan  pertanyaan  guru  antara  lain
          sebagai berikut.





          78 | Belajar dan Pembelajaran
   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90