Page 85 - Belajar & Pembelajaran
P. 85
Pembelajaran ranah disesuaikan dengan tujuan pengajaran, yaitu
mementingkan isi bahan ajar atau proses pemerolehan. Pembelajaran ranah-
ranah itu masih bertingkat-tingkat, menurut Bloom dan kawan-kawan.
Memusatkan perhatian pada isi dan proses juga mementingkan hal yang
diutamakan. Sebagai ilustrasi, mengutamakan fakta, konsep, teori dalam mata
pelajaran tertentu. Atau mengutamakan cara pemecahan masalah seperti
penggunaan rumus, alat-alat pelajaran, penemuan dalam pendekatan
keterampilan proses. Pembelajaran ranah kognitif terlaksana dengan
pengajaran cabang pengetahuan di sekolah, dan cara-cara pemerolehan.
Pembelajaran afektif berkenaan dengan didikan sengaja tentang nilai seperti
keadilan, dan keterampilannya seperti membagi adil, atau berbuat sopan.
Pembelajaran psikomotorik berkenaan dengan keterampilan tangan atau olah
raga, seperti latihan-latihan tertentu.
D. PROSES PENGOLAHAN PESAN
Pemerolehan pengalaman, peningkatan jenis ranah tiap siswa tidak sama.
Hal itu disebabkan oleh proses pengolahan pesan. Ada dua jenis pengolahan
pesan, yaitu secara deduktif dan induktif.
1. Pengolahan Pesan Secara Deduktif
Guru kelas satu SMP di Kota A mengajar pokok bahasan "Faktor-faktor
Produksi dan Cara Memperbesar Produksi". Ia menjelaskan bahwa faktor
produksi terdiri dari faktor produksi alam, tenaga, modal, dan organisasi. Ia
menerangkan pengertian-pengertian berkenaan faktor-faktor produksi
tersebut. Sebagai ilustrasi, ia mengemukakan bahwa "Faktor-faktor alam
adalah produksi asli yang merupakan sumber pokok yang memenuhi
kebutuhan. Faktor produksi alam tersebut terdiri dari tanah, kekayaan alam,
dan tenaga alam." Kemudian ia memberi contoh tentang hal-hal yang tercakup
dalam pengertian tertentu; sebagai ilustrasi, yang tergolong dalam kekayaan
alam adalah hewan, tumbuh-tumbuhan, bara tambang. Atas dasar pengertian
tersebut guru mengajak siswa untuk mempelajari faktor-faktor produksi di
Kabupaten A.
Guru tersebut memulai dengan suatu pernyataan generalisasi "Suatu
Kabupaten akan menghasilkan produksi tinggi, jika faktor-faktor produksi
memenuhi persyaratan untuk berproduksi tinggi." Kemudian berdasarkan
pengertian yang ada, guru meminta siswa untuk mempelajari Kabupaten A
dengan panduan pertanyaan guru. Panduan pertanyaan guru antara lain
sebagai berikut.
78 | Belajar dan Pembelajaran