Page 81 - Belajar & Pembelajaran
P. 81

berkelompok  kecil;  dalam  hal  ini  guru  perlu  mencegah  terjadinya  perilaku
          siswa sebagai parasit belajar, dan ketidakmampuan kerja kelompok.
              Pada pembelajaran kelompok, orientasi dan tekanan utama pelaksanaan
          adalah  peningkatan  kemampuan  kerja  kelompok.  Kerja  kelompok  berarti
          belajar  kepemimpinan  dan  keterpimpinan.  Kedua  keterampilan  tersebut,
          memimpin dan terpimpin, perlu dipelajari oleh tiap siswa. Dalam masyarakat
          modern keterampilan memimpin dan terpimpin diperlukan dalam kehidupan.

          3.  Pembelajaran Secara Klasikal
              Pembelajaran klasikal merupakan kemampuan guru yang utama. Hal itu
          disebabkan  oleh  pengajaran  klasikal  merupakan  kegiatan  mengajar  yang
          tergolong  efisien.  Secara  ekonomis,  pembiayaan  kelas  lebih  murah.  Oleh
          karena  itu  ada  jumlah  minimum  siswa  dalam  kelas.  Jumlah  siswa  tiap  kelas
          pada umumnya berkisar dari 10-45 orang.
              Dengan jumlah tersebut seorang guru masih dapat membelajarkan siswa
          secara  berhasil.  Pembelajaran  kelas  berarti  melaksanakan  dua  kegiatan
          sekaligus,  yaitu  (i)  pengelolaan  kelas,  dan  (ii)  pengelolaan  pembelajaran.
          Pengelolaan  kelas  adalah  penciptaan  kondisi  yang  memungkinkan
          terselenggaranya kegiatan belajar dengan baik. Dalam pengelolaan kelas dapat
          terjadi masalah yang bersumber dari (i) kondisi tempat belajar, dan (ii) siswa
          yang terlibat dalam belajar. Kondisi tempat belajar yang berupa ruang kotor,
          papan  tulis  rusak,  meja-kursi  rusak  misalnya,  dapat  mengganggu  belajar.
          Sedangkan  masalah  siswa  dapat  berupa  masalah  individual  atau  kelompok.
          Gangguan belajar di kelas dapat berasal dari seorang siswa atau sekelompok
          siswa. Sudah tentu, guru dituntut berketerampilan mengatasi gangguan belajar
          dari  siswa.  Dalam  hal  ini,  guru  dapat  menggunakan  teknik-teknik  penguatan
          agar ketertiban belajar terwujud.
              Pengelolaan pembelajaran bertujuan mencapai tujuan belajar. Peran guru
          dalam  pembelajaran  secara  individual  dan  kelompok  kecil  berlaku  dalam
          pembelajaran  secara  klasikal.  Tekanan  utama  pembelajaran  adalah  seluruh
          anggota kelas. Di samping penyusunan desain instruksional yang dibuat, maka
          pembelajaran  kelas  dapat  dilakukan  dengan  tindakan  sebagai  berikut:  (i)
          penciptaan tertib belajar di kelas, (ii) penciptaan suasana senang dalam belajar,
          (iii)  pemusatan  perhatian  pada  bahan  ajar,  dan  (iv)  mengikutsertakan  siswa
          belajar aktif, (v) pengorganisasian belajar sesuai dengan kondisi siswa.
              Dalam  pembelajaran  kelas,  guru  dapat  mengajar  seorang  diri  atau
          bertindak  sebagai  tim  pembelajar.  Bila  guru  menjadi  tim  pembelajar,  maka
          asas  tim  pembelajar  harus  dipatuhi.  Tim  pembelajar  perlu  menyusun  desain
          pembelajaran kelas secara baik.


          74 | Belajar dan Pembelajaran
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86