Page 78 - Belajar & Pembelajaran
P. 78
pembelajaran individual, rencana guru berbeda dengan pengajaran klasikal.
Dalam pelaksanaan guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing,
pendiagnosis kesukaran-belajar. dan rekan diskusi. Guru berperan sebagai guru
pendidik, bukan instruktur.
2. Pembelajaran Secara Kelompok
Dalam kegiatan belajar-mengajar di kelas adakalanya guru membentuk
kelompok kecil. Kelompok tersebut umumnya terdiri dari 3-8 orang siswa.
Dalam pembelajaran kelompok kecil, guru memberikan bantuan atau
bimbingan kepada tiap anggota kelompok lebih intensif. Hal ini dapat terjadi,
sebab (i) hubungan antar guru-siswa menjadi lebih sehat dan akrab, (ii) siswa
memperoleh bantuan, kesempatan, sesuai dengan kebutuhan, kemampuan,
dan minat, serta (iii) siswa dilibatkan dalam penentuan tujuan belajar, cara
belajar, kriteria keberhasilan. Ciri-ciri yang menonjol pada pembelajaran secara
kelompok dapat ditinjau dari segi (i) tujuan pengajaran, (ii) pembelajar, (iii)
guru sebagai pembelajar, (iv) program pembelajaran, dan (v) orientasi dan
tekanan utama pelaksanaan pembelajaran. Uraian selanjutnya di bawah ini.
a. Tujuan Pengajaran pada Kelompok Kecil
Pembelajaran kelompok kecil merupakan perbaikan dari kelemahan
pengajaran klasikal. Adapun tujuan pengajaran pada pembelajaran kelompok
kecil adalah (i) memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk
mengembangkan kemampuan memecahkan masalah secara rasional, (ii)
mengembangkan sikap sosial dan semangat bergotong-royong dalam
kehidupan, (iii) mendinamiskan kegiatan kelompok dalam belajar sehingga tiap
anggota merasa diri sebagai bagian kelompok yang bertanggung jawab, dan (iv)
mengembangkan kemampuan kepemimpinan keterpimpinan pada tiap
anggota kelompok dalam pemecahan masalah kelompok. Sebagai ilustrasi,
lomba karya tulis ilmiah kelompok di SMA menimbulkan kerja sama tim, dan
sekaligus kompetisi sehat antar-kelompok (Joyce, Bruce & Weil, Marsha, 1980).
b. Siswa dalam Pembelajaran Kelompok Kecil
Siswa dalam kelompok kecil adalah anggota kelompok yang belajar untuk
memecahkan masalah kelompok. Kelompok kecil merupakan satuan kerja yang
kompak dan kohesif.
Ciri-ciri kelompok kecil yang menonjol sebagai berikut: (i) tiap siswa
merasa sadar diri sebagai anggota kelompok, (ii) tiap siswa merasa diri
memiliki tujuan bersama berupa tujuan kelompok, (iii) memiliki rasa saling
membutuhkan dan saling tergantung, (iv) ada interaksi dan komunikasi antar
anggota, serta (v) ada tindakan bersama sebagai perwujudan tanggung jawab
kelompok.
Pendekatan Pembelajaran | 71