Page 78 - Belajar & Pembelajaran
P. 78

pembelajaran  individual,  rencana  guru  berbeda  dengan  pengajaran  klasikal.
          Dalam  pelaksanaan  guru  berperan  sebagai  fasilitator,  pembimbing,
          pendiagnosis kesukaran-belajar. dan rekan diskusi. Guru berperan sebagai guru
          pendidik, bukan instruktur.

          2.  Pembelajaran Secara Kelompok
              Dalam  kegiatan  belajar-mengajar  di  kelas  adakalanya  guru  membentuk
          kelompok  kecil.  Kelompok  tersebut  umumnya  terdiri  dari  3-8  orang  siswa.
          Dalam  pembelajaran  kelompok  kecil,  guru  memberikan  bantuan  atau
          bimbingan kepada tiap anggota kelompok lebih intensif. Hal ini dapat terjadi,
          sebab (i) hubungan antar guru-siswa menjadi lebih sehat dan akrab, (ii) siswa
          memperoleh  bantuan,  kesempatan,  sesuai  dengan  kebutuhan,  kemampuan,
          dan  minat,  serta  (iii)  siswa  dilibatkan  dalam  penentuan  tujuan  belajar,  cara
          belajar, kriteria keberhasilan. Ciri-ciri yang menonjol pada pembelajaran secara
          kelompok  dapat  ditinjau  dari  segi  (i)  tujuan  pengajaran,  (ii)  pembelajar,  (iii)
          guru  sebagai  pembelajar,  (iv)  program  pembelajaran,  dan  (v)  orientasi  dan
          tekanan utama pelaksanaan pembelajaran. Uraian selanjutnya di bawah ini.
          a.  Tujuan Pengajaran pada Kelompok Kecil
              Pembelajaran  kelompok  kecil  merupakan  perbaikan  dari  kelemahan
          pengajaran klasikal. Adapun tujuan pengajaran pada pembelajaran kelompok
          kecil  adalah  (i)  memberi  kesempatan  kepada  setiap  siswa  untuk
          mengembangkan  kemampuan  memecahkan  masalah  secara  rasional,  (ii)
          mengembangkan  sikap  sosial  dan  semangat  bergotong-royong  dalam
          kehidupan, (iii) mendinamiskan kegiatan kelompok dalam belajar sehingga tiap
          anggota merasa diri sebagai bagian kelompok yang bertanggung jawab, dan (iv)
          mengembangkan  kemampuan  kepemimpinan  keterpimpinan  pada  tiap
          anggota  kelompok  dalam  pemecahan  masalah  kelompok.  Sebagai  ilustrasi,
          lomba karya tulis ilmiah kelompok di SMA menimbulkan kerja sama tim, dan
          sekaligus kompetisi sehat antar-kelompok (Joyce, Bruce & Weil, Marsha, 1980).

          b.  Siswa dalam Pembelajaran Kelompok Kecil
              Siswa dalam kelompok kecil adalah anggota kelompok yang belajar untuk
          memecahkan masalah kelompok. Kelompok kecil merupakan satuan kerja yang
          kompak dan kohesif.
              Ciri-ciri  kelompok  kecil  yang  menonjol  sebagai  berikut:  (i)  tiap  siswa
          merasa  sadar  diri  sebagai  anggota  kelompok,  (ii)  tiap  siswa  merasa  diri
          memiliki  tujuan  bersama  berupa  tujuan  kelompok,  (iii)  memiliki  rasa  saling
          membutuhkan dan saling tergantung, (iv) ada interaksi dan komunikasi antar
          anggota, serta (v) ada tindakan bersama sebagai perwujudan tanggung jawab
          kelompok.

                                                        Pendekatan Pembelajaran | 71
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83