Page 80 - Belajar & Pembelajaran
P. 80

dapat  merekayasa  kelompok  kecil  sebagai  alat  mendidik  tiap  anggota
          kelompok.
              Perencanaan tugas kelompok perlu disiapkan oleh guru. Bila di kelas ada
          delapan kelompok kecil misalnya, maka perlu direncanakan 4-8 tugas. Tugas
          kelompok  dapat  paralel  atau  komplementer.  Tugas  paralel  berarti  semua
          kelompok  bertugas  yang  sama.  Sedangkan  tugas  komplementer  berarti
          kelompok  saling  melengkapi  pemecahan  masalah.  Jika  guru  menghendaki
          tugas  komplementer  berarti  harus  membuat  beberapa  satuan  rencana
          pengajaran. Penyiapan tempat kerja, alat, dan sumber belajar, maupun jadwal
          penyelenggaraan  tugas  juga  harus  direncanakan.  Dalam  perencanaan  tugas
          kelompok tersebut siswa sebaiknya diikutsertakan.
              Dalam  pelaksanaan  mengajar,  guru  dapat  berperan  sebagai  berikut;  (i)
          pemberi  informasi  umum  tentang  proses  belajar  kelompok;  guru  memberi
          informasi tentang tujuan belajar, tata kerja, kriteria keberhasilan belajar, dan
          evaluasi,  (ii)  setelah  kelompok  memahami  tugasnya,  maka  kelompok
          melaksanakan  tugas.  Guru  bertindak  sebagai  fasilitator,  pembimbing,  dan
          pengendali  ketertiban  kerja,  (iii)  pada  akhir  pelajaran,  tiap  kelompok
          melaporkan hasil kerja, dan (iv) guru melakukan evaluasi tentang proses kerja
          kelompok  sebagai  satuan,  hasil  kerja,  perilaku  dan  tata  kerja,  dan
          membandingkan dengan kelompok lain. Dalam evaluasi pada tempatnya siswa
          juga  diikutsertakan.  Sebagai  ilustrasi  kelas  satu  SMP  belajar  tentang  topik
          "koperasi angkutan kota" di kota A. Guru menginformasikan bahwa anggota
          koperasi angkutan tersebut terdiri dari pemilik kendaraan dan sopir angkutan.
          Kelas  dibagi  menjadi  lima  kelompok  belajar,  sesuai  dengan  hal  yang  diurusi
          koperasi.  Hal-hal  yang  diurusi  adalah  kesejahteraan  anggota,  pemeliharaan
          kendaraan,  jaringan  angkutan,  pendidikan  anggota,  dan  lainnya.  Tiap  siswa
          dalam kelompok mempelajari hal tertentu. Siswa mempelajari topik tersebut
          selama  empat  minggu  belajar.  Pada  minggu  kelima  diadakan  laporan  hasil
          kerja  kelompok  dan  diskusi  kelas.  Guru,  kelompok,  dan  anggota  kelompok
          melakukan evaluasi hasil kerja kelompok.
              Program  pembelajaran  kelompok  memberikan  tekanan  utama  pada
          peningkatan kemampuan individu sebagai anggota kelompok. Kelas yang berisi
          empat puluhan siswa adalah kelompok besar. Bagi guru, perhatian terhadap
          empat puluhan siswa dalam waktu serempak bukanlah mudah. Pembelajaran
          kelompok  kecil  merupakan  strategi  pembelajaran  "antara"  untuk
          memperhatikan  individu.  Pembelajaran  kelompok  dapat  ditempuh  guru
          dengan  jalan  (i)  membagi  kelas  ke  dalam  beberapa  kelompok  kecil;  sebagai
          ilustrasi  empat  puluh  siswa  dibagi  dalam  delapan  kelompok  kecil,  atau  (ii)
          membagi  kelas  dengan  memberi  kesempatan  untuk  belajar  perorangan  dan



                                                        Pendekatan Pembelajaran | 73
   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85