Page 80 - Belajar & Pembelajaran
P. 80
dapat merekayasa kelompok kecil sebagai alat mendidik tiap anggota
kelompok.
Perencanaan tugas kelompok perlu disiapkan oleh guru. Bila di kelas ada
delapan kelompok kecil misalnya, maka perlu direncanakan 4-8 tugas. Tugas
kelompok dapat paralel atau komplementer. Tugas paralel berarti semua
kelompok bertugas yang sama. Sedangkan tugas komplementer berarti
kelompok saling melengkapi pemecahan masalah. Jika guru menghendaki
tugas komplementer berarti harus membuat beberapa satuan rencana
pengajaran. Penyiapan tempat kerja, alat, dan sumber belajar, maupun jadwal
penyelenggaraan tugas juga harus direncanakan. Dalam perencanaan tugas
kelompok tersebut siswa sebaiknya diikutsertakan.
Dalam pelaksanaan mengajar, guru dapat berperan sebagai berikut; (i)
pemberi informasi umum tentang proses belajar kelompok; guru memberi
informasi tentang tujuan belajar, tata kerja, kriteria keberhasilan belajar, dan
evaluasi, (ii) setelah kelompok memahami tugasnya, maka kelompok
melaksanakan tugas. Guru bertindak sebagai fasilitator, pembimbing, dan
pengendali ketertiban kerja, (iii) pada akhir pelajaran, tiap kelompok
melaporkan hasil kerja, dan (iv) guru melakukan evaluasi tentang proses kerja
kelompok sebagai satuan, hasil kerja, perilaku dan tata kerja, dan
membandingkan dengan kelompok lain. Dalam evaluasi pada tempatnya siswa
juga diikutsertakan. Sebagai ilustrasi kelas satu SMP belajar tentang topik
"koperasi angkutan kota" di kota A. Guru menginformasikan bahwa anggota
koperasi angkutan tersebut terdiri dari pemilik kendaraan dan sopir angkutan.
Kelas dibagi menjadi lima kelompok belajar, sesuai dengan hal yang diurusi
koperasi. Hal-hal yang diurusi adalah kesejahteraan anggota, pemeliharaan
kendaraan, jaringan angkutan, pendidikan anggota, dan lainnya. Tiap siswa
dalam kelompok mempelajari hal tertentu. Siswa mempelajari topik tersebut
selama empat minggu belajar. Pada minggu kelima diadakan laporan hasil
kerja kelompok dan diskusi kelas. Guru, kelompok, dan anggota kelompok
melakukan evaluasi hasil kerja kelompok.
Program pembelajaran kelompok memberikan tekanan utama pada
peningkatan kemampuan individu sebagai anggota kelompok. Kelas yang berisi
empat puluhan siswa adalah kelompok besar. Bagi guru, perhatian terhadap
empat puluhan siswa dalam waktu serempak bukanlah mudah. Pembelajaran
kelompok kecil merupakan strategi pembelajaran "antara" untuk
memperhatikan individu. Pembelajaran kelompok dapat ditempuh guru
dengan jalan (i) membagi kelas ke dalam beberapa kelompok kecil; sebagai
ilustrasi empat puluh siswa dibagi dalam delapan kelompok kecil, atau (ii)
membagi kelas dengan memberi kesempatan untuk belajar perorangan dan
Pendekatan Pembelajaran | 73