Page 83 - Belajar & Pembelajaran
P. 83
adalah "memindahkan" pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai kepada
siswa. Hal yang esensial pada bahan pengajaran harus dijelaskan kepada siswa.
Peranan guru yang penting adalah sebagai berikut: (i) penyusun program
pembelajaran, (ii) pemberi informasi yang benar, (iii) pemberi fasilitas belajar
yang baik, (iv) pembimbing siswa dalam pemerolehan informasi yang benar,
dan (v) penilai pemerolehan informasi.
Peranan siswa yang penting adalah (i) pencari informasi yang benar, (ii)
pemakai media dan sumber yang benar, (iii) menyelesaikan tugas sehubungan
dengan penilaian guru. Adapun hasil belajar yang dievaluasi adalah luas dan
jumlah pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang dikuasai siswa. Pada
umumnya alat evaluasi hasil belajar yang digunakan adalah tes yang telah
dibakukan atau tes buatan guru.
2. Pembelajaran dengan Strategi Inkuiri
Perilaku mengajar dengan strategi inkuiri juga disebut sebagai model
inkuiri. Model inkuiri merupakan pengajaran yang mengharuskan siswa
mengolah pesan sehingga memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-
nilai. Dalam model inkuiri siswa dirancang untuk terlibat dalam melakukan
inkuiri. Model pengajaran inkuiri merupakan pengajaran yang terpusat pada
siswa. Dalam pengajaran ini siswa menjadi aktif belajar. Tujuan utama model
inkuiri adalah mengembangkan keterampilan intelektual, berpikir kritis, dan
mampu memecahkan masalah secara ilmiah.
Tekanan utama pembelajaran dengan strategi inkuiri adalah (i)
pengembangan kemampuan berpikir individual lewat penelitian, (ii)
peningkatan kemampuan mempraktikkan metode dan teknik penelitian, (iii)
latihan keterampilan intelektual khusus, yang sesuai dengan cabang ilmu
tertentu, dan (iv) latihan menemukan sesuatu, seperti "belajar bagaimana
belajar" sesuatu. Ada beberapa ahli yang mengembangkan model inkuiri
seperti Suchman, Massialas dan Cox, dan Schwab (Joyce & Weil, 1980).
Peranan guru yang penting adalah (i) menciptakan suasana bebas berpikir
sehingga siswa berani bereksplorasi dalam penemuan dan pemecahan masalah,
(ii) fasilitator dalam penelitian, (iii) rekan diskusi dalam klasifikasi dan
pencarian alternatif pemecahan masalah, serta (iv) pembimbing penelitian,
pendorong keberanian berpikir alternatif dalam pemecahan masalah. Sebagai
pembimbing proses berpikir, guru menyampaikan banyak pertanyaan. Peran
membimbing tersebut menonjol pada strategi guided inquiry, di mana
kemungkinan penemuan telah diperhitungkan sebelumnya oleh guru.
Peranan siswa yang penting adalah (i) mengambil prakarsa dalam
pencarian masalah dan pemecahan masalah, (ii) pelaku aktif dalam belajar
melakukan penelitian, (iii) penjelajah tentang masalah dan metode pemecahan,
76 | Belajar dan Pembelajaran