Page 83 - Belajar & Pembelajaran
P. 83

adalah  "memindahkan"  pengetahuan,  keterampilan,  dan  nilai-nilai  kepada
          siswa. Hal yang esensial pada bahan pengajaran harus dijelaskan kepada siswa.
              Peranan guru yang penting adalah sebagai berikut: (i) penyusun program
          pembelajaran, (ii) pemberi informasi yang benar, (iii) pemberi fasilitas belajar
          yang  baik,  (iv)  pembimbing  siswa  dalam  pemerolehan  informasi  yang  benar,
          dan (v) penilai pemerolehan informasi.
              Peranan siswa yang penting adalah (i) pencari informasi yang benar, (ii)
          pemakai media dan sumber yang benar, (iii) menyelesaikan tugas sehubungan
          dengan penilaian guru. Adapun hasil belajar yang dievaluasi adalah luas dan
          jumlah  pengetahuan,  keterampilan,  dan  nilai  yang  dikuasai  siswa.  Pada
          umumnya  alat  evaluasi  hasil  belajar  yang  digunakan  adalah  tes  yang  telah
          dibakukan atau tes buatan guru.

          2.  Pembelajaran dengan Strategi Inkuiri
              Perilaku  mengajar  dengan  strategi  inkuiri  juga  disebut  sebagai  model
          inkuiri.  Model  inkuiri  merupakan  pengajaran  yang  mengharuskan  siswa
          mengolah pesan sehingga memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-
          nilai.  Dalam  model  inkuiri  siswa  dirancang  untuk  terlibat  dalam  melakukan
          inkuiri.  Model  pengajaran  inkuiri  merupakan  pengajaran  yang  terpusat  pada
          siswa. Dalam pengajaran ini siswa menjadi aktif belajar. Tujuan utama model
          inkuiri  adalah  mengembangkan  keterampilan  intelektual,  berpikir  kritis,  dan
          mampu memecahkan masalah secara ilmiah.
              Tekanan  utama  pembelajaran  dengan  strategi  inkuiri  adalah  (i)
          pengembangan  kemampuan  berpikir  individual  lewat  penelitian,  (ii)
          peningkatan  kemampuan  mempraktikkan  metode  dan  teknik  penelitian,  (iii)
          latihan  keterampilan  intelektual  khusus,  yang  sesuai  dengan  cabang  ilmu
          tertentu,  dan  (iv)  latihan  menemukan  sesuatu,  seperti  "belajar  bagaimana
          belajar"  sesuatu.  Ada  beberapa  ahli  yang  mengembangkan  model  inkuiri
          seperti Suchman, Massialas dan Cox, dan Schwab (Joyce & Weil, 1980).
              Peranan guru yang penting adalah (i) menciptakan suasana bebas berpikir
          sehingga siswa berani bereksplorasi dalam penemuan dan pemecahan masalah,
          (ii)  fasilitator  dalam  penelitian,  (iii)  rekan  diskusi  dalam  klasifikasi  dan
          pencarian  alternatif  pemecahan  masalah,  serta  (iv)  pembimbing  penelitian,
          pendorong keberanian berpikir alternatif dalam pemecahan masalah. Sebagai
          pembimbing  proses  berpikir,  guru  menyampaikan  banyak  pertanyaan.  Peran
          membimbing  tersebut  menonjol  pada  strategi  guided  inquiry,  di  mana
          kemungkinan penemuan telah diperhitungkan sebelumnya oleh guru.
              Peranan  siswa  yang  penting  adalah  (i)  mengambil  prakarsa  dalam
          pencarian  masalah  dan  pemecahan  masalah,  (ii)  pelaku  aktif  dalam  belajar
          melakukan penelitian, (iii) penjelajah tentang masalah dan metode pemecahan,

          76 | Belajar dan Pembelajaran
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88