Page 87 - Belajar & Pembelajaran
P. 87

Secara singkat dapat dikatakan bahwa pengolahan pesan secara deduktif
          dimulai dengan (i) guru mengemukakan generalisasi, (ii) penjelasan berkenaan
          dengan  konsep-konsep,  dan  (iii)  pencarian  data  yang  dilakukan  oleh  siswa.
          Pengumpulan  data  tersebut  berguna  untuk  menguji  kebenaran  generalisasi.
          Dalam kegiatan ini siswa juga mengaplikasikan konsep terhadap data tertentu.

          2.  Pengolahan Pesan Secara Induktif
              Guru kelas satu SMP di Kota B mengajarkan bahasan tentang "Ekonomi
          Rumah Tangga dan Perilaku Menabung". Di kelasnya terdapat 40 orang siswa.
          Menurut  daftar  induk  diketahui  bahwa  orang  tua  siswa  umumnya  bekerja
          sebagai  pegawai  negeri,  pedagang,  penjaja  makanan,  ABRI,  pegawai
          perusahaan swasta, pengusaha toko, sopir, penjaga malam, dan tukang becak.
          Keempat puluh siswa tersebut dibagi menjadi delapan kelompok. Tiap siswa
          ditugaskan untuk mencari informasi tentang penerimaan dan pengeluaran tiap
          bulan pada orang tua masing-masing. Informasi yang dikumpulkan berkenaan
          dengan gaji atau pendapatan tetap, pembelian beras, lauk-pauk, bahan bakar,
          lampu,  air,  gula,  kopi  dan  kebutuhan  camilan,  pakaian,  biaya  sekolah,  uang
          saku, tabungan, dana sakit, rekreasi, dan pengeluaran tak terduga.
              Informasi  tentang  penerimaan  dan  pengeluaran  orang  tua  siswa
          dikumpulkan  oleh  kelompok.  Guru  membimbing  analisis  tentang  anggaran
          penerimaan  dan  pengeluaran  rumah  tangga  kelompok  orang  tua  dengan
          mengajukan pertanyaan bimbingan. Di antara pertanyaan bimbingan tersebut
          sebagai berikut.
          •   Pertanyaan  pertama  :  Berapa  penerimaan  yang  terkecil  di  antara
              penduduk (orang tua siswa di kelas)? Berapa penerimaan terbesar? Atas
              dasar jawaban siswa, tiap kelompok membuat tabulasi.
          •   Pertanyaan kedua   :  Berapa  selisih  penerimaan  terbesar  dan  terkecil?
              Siswa  diminta  membagi  selisih  tersebut  menjadi  tiga.  Kemudian  siswa
              diminta  mengelompokkan  penerimaan  rumah  tangga  menjadi  tiga
              kelompok, yaitu penerimaan tergolong rendah, sedang, dan tinggi.
          •   Pertanyaan ketiga : Berapa orangkah yang tergolong memiliki penerimaan
              rendah, sedang, dan tinggi?
          •   Pertanyaan  keempat:  Berapa  orangkah  di  antara  golongan  penerimaan
              rendah, sedang, dan tinggi membelanjakan pengeluaran tertinggi?
              Berapa orang yang membelanjakan dengan pengeluaran terendah?
          •   Pertanyaan kelima :  Berapa  jumlah  rata-rata  penerimaan  golongan
              rendah, sedang, dan tinggi?
              Berapa jumlah rata-rata pengeluaran golongan rendah, sedang, dan tinggi ?




          80 | Belajar dan Pembelajaran
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92