Page 87 - Belajar & Pembelajaran
P. 87
Secara singkat dapat dikatakan bahwa pengolahan pesan secara deduktif
dimulai dengan (i) guru mengemukakan generalisasi, (ii) penjelasan berkenaan
dengan konsep-konsep, dan (iii) pencarian data yang dilakukan oleh siswa.
Pengumpulan data tersebut berguna untuk menguji kebenaran generalisasi.
Dalam kegiatan ini siswa juga mengaplikasikan konsep terhadap data tertentu.
2. Pengolahan Pesan Secara Induktif
Guru kelas satu SMP di Kota B mengajarkan bahasan tentang "Ekonomi
Rumah Tangga dan Perilaku Menabung". Di kelasnya terdapat 40 orang siswa.
Menurut daftar induk diketahui bahwa orang tua siswa umumnya bekerja
sebagai pegawai negeri, pedagang, penjaja makanan, ABRI, pegawai
perusahaan swasta, pengusaha toko, sopir, penjaga malam, dan tukang becak.
Keempat puluh siswa tersebut dibagi menjadi delapan kelompok. Tiap siswa
ditugaskan untuk mencari informasi tentang penerimaan dan pengeluaran tiap
bulan pada orang tua masing-masing. Informasi yang dikumpulkan berkenaan
dengan gaji atau pendapatan tetap, pembelian beras, lauk-pauk, bahan bakar,
lampu, air, gula, kopi dan kebutuhan camilan, pakaian, biaya sekolah, uang
saku, tabungan, dana sakit, rekreasi, dan pengeluaran tak terduga.
Informasi tentang penerimaan dan pengeluaran orang tua siswa
dikumpulkan oleh kelompok. Guru membimbing analisis tentang anggaran
penerimaan dan pengeluaran rumah tangga kelompok orang tua dengan
mengajukan pertanyaan bimbingan. Di antara pertanyaan bimbingan tersebut
sebagai berikut.
• Pertanyaan pertama : Berapa penerimaan yang terkecil di antara
penduduk (orang tua siswa di kelas)? Berapa penerimaan terbesar? Atas
dasar jawaban siswa, tiap kelompok membuat tabulasi.
• Pertanyaan kedua : Berapa selisih penerimaan terbesar dan terkecil?
Siswa diminta membagi selisih tersebut menjadi tiga. Kemudian siswa
diminta mengelompokkan penerimaan rumah tangga menjadi tiga
kelompok, yaitu penerimaan tergolong rendah, sedang, dan tinggi.
• Pertanyaan ketiga : Berapa orangkah yang tergolong memiliki penerimaan
rendah, sedang, dan tinggi?
• Pertanyaan keempat: Berapa orangkah di antara golongan penerimaan
rendah, sedang, dan tinggi membelanjakan pengeluaran tertinggi?
Berapa orang yang membelanjakan dengan pengeluaran terendah?
• Pertanyaan kelima : Berapa jumlah rata-rata penerimaan golongan
rendah, sedang, dan tinggi?
Berapa jumlah rata-rata pengeluaran golongan rendah, sedang, dan tinggi ?
80 | Belajar dan Pembelajaran