Page 90 - Belajar & Pembelajaran
P. 90

MASALAH-MASALAH BELAJAR


              Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Ini berarti bahwa
          bila  guru  bertindak  mengajar,  maka  diharapkan  siswa  berajar  atau  belajar.
          Dalam kegiatan  belajar-mengajar  di sekolah  ditemukan  hal-hal  berikut. Guru
          telah  mengajar  dengan  baik.  Ada  siswa  belajar  giat.  Ada  siswa  pura-pura
          belajar.  Ada  siswa  belajar  setengah  hati.  Bahkan  ada  pula  siswa  yang  tidak
          belajar. Guru bingung menghadapi keadaan siswa. Guru tersebut berkonsultasi
          dengan  konselor  sekolah.  Kedua  petugas  pendidikan  tersebut  menemukan
          adanya  masalah-masalah  yang  dialami  siswa.  Ada  masalah  yang  dapat
          dipecahkan  oleh  konselor  sekolah.  Ada  pula  masalah  yang  harus
          dikonsultasikan  dengan  ahli  psikologi.  Guru  menyadari  bahwa  dalam  tugas
          pembelajaran ternyata ada masalah-masalah belajar yang dialami oleh siswa.
          Bahkan guru memahami bahwa kondisi lingkungan siswa juga dapat menjadi
          sumber timbulnya masalah-masalah belajar.
              Setelah  mempelajari  isi  dan  menyelesaikan  tugas-tugas  dalam  bab  ini,
          Anda diharapkan mampu:
          1.  Mengidentifikasikan masalah pada pembelajaran.
          2.  Menentukan masalah ekstern atau masalah intern pada pembelajaran.
          3.  Menganalisis   sebab-sebab   yang   menimbulkan    masalah-masalah
              pembelajaran.
          4.  Menemukan alternatif pemecahan masalah-masalah pembelajaran.

              Guru profesional berusaha mendorong siswa agar belajar secara berhasil.
          Ia  menemukan  bahwa  ada  bermacam-macam  hal  yang  menyebabkan  siswa
          belajar. Ada siswa yang tidak belajar karena dimarahi oleh orang tua. Ada siswa
          yang  enggan  belajar  karena  pindah  tempat  tinggal.  Ada  siswa  yang  sukar
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95