Page 73 - Belajar & Pembelajaran
P. 73

belajar  sesuatu.  Pemerolehan  pengalaman-pengalaman  tersebut  merupakan
          suatu Proses yang berlaku secara deduktif, atau induktif, atau proses yang lain
          dengan  menghadapi  sejumlah  pembelajar,  berbagai  pesan  yang  terkandung
          dalam  bahan  ajar,  peningkatan  kemampuan  pembelajar,  dan  proses
          pemerolehan  pengalaman,  maka  setiap  guru  memerlukan  Pengetahuan
          tentang  pendekatan  pembelajaran.  Suatu  prasyarat  teknis  untuk  dapat
          membelajarkan  adalah  bahwa  seorang  pembelajar  (guru)  sudah  pernah
          bertindak belajar itu sendiri.

          A.  PENGORGANISASIAN SISWA
              Guru  kelas  satu  SMP  membagi  buku  bacaan  merata  ke  semua  siswa  di
          kelasnya. Siswa diminta membaca dalam hati selama lima menit. Topik yang
          dibaca tentang Gunung Kelud meletus. Kemudian siswa diberi tugas berikut, (i)
          tiap siswa mencatat kata-kata sulit yang ditemukan di bacaan, (ii) tiap siswa
          diminta  mengemukakan  peristiwa  Gunung  Kelud  meletus  dengan  kalimat
          sendiri.  Setelah  selesai,  catatan  "kata-kata  sulit"  dikumpulkan  guru.  Guru
          meminta  empat  siswa  membacakan  hasil  kerjanya  Setelah  tiap  siswa
          mengemukakan  hasil  tugas,  guru  memperbaiki  "tangkapan  isi  bacaan"  dan
          kalimat-kalimat  siswa.  Kemudian  guru  kelas  satu  tersebut  menulis  delapan
          judul  karangan  di  papan  tulis.  Tiap  siswa  diminta  memilih  satu  di  antara
          delapan buah judul karangan Kemudian, siswa menulis karangan selama tiga
          puluh lima menit. Guru berkeliling kelas, membantu siswa yang memperoleh
          kesukaran  dalam  menulis  karangan.  Setelah  selesai,  karangan  siswa
          dikumpulkan  oleh    guru.  Guru  memeriksa  karangan,  dan  membubuhkan
          catatan perbaikan di karangan murid. Guru juga memberikan komentar yang
          Memberanikan siswa mengungkapkan buah pikirannya. Keesokan harinya guru
          membagikan  karangan  siswa  kembali.  Siswa  diberi  kesempatan  untuk
          menanyakan  tata-cara  menulis  karangan.  Guru  juga  menjelaskan  kata-kata
          yang  sulit  yang  ditemukan  dalam  bacaan.  Di  samping  itu  guru  menunjukkan
          kamus bahasa Indonesia, dan menjelaskan bagaimana mempergunakan kamus.
              Guru  kelas  dua  SMP  membagi  siswa  di  kelasnya  menjadi  delapan
          kelompok.  Tiap  kelompok  terdiri  dari  lima  orang  siswa.  Guru  memberikan
          sebuah  bejana,  sebuah  tabung  yang  terbuka  kedua  ujungnya,  dan  sebuah
          garpu  tala  kepada  tiap  kelompok.  Tiap  kelompok  diberi  tugas  sama  tentang
          resonansi  udara.  Pada  tiap  kelompok  siswa  mempunyai  tugas  tertentu.
          Seorang  siswa  mengisi  bejana  dengan  air.  Seorang  siswa  lain  memegang
          tabung terbuka, memasukkan, dan mengangkat tabung tersebut dalam bejana
          air.  Seorang  siswa  memegang  dan  memperdengarkan  garpu  tala.  Dua  siswa
          yang lain bertindak mengobservasi dan membuat catatan kelompok. Pada saat
          tabung  terbuka  diangkat  atau  dimasukkan  ke  dalam  bejana,  garpu  tala

          66 | Belajar dan Pembelajaran
   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78