Page 73 - Belajar & Pembelajaran
P. 73
belajar sesuatu. Pemerolehan pengalaman-pengalaman tersebut merupakan
suatu Proses yang berlaku secara deduktif, atau induktif, atau proses yang lain
dengan menghadapi sejumlah pembelajar, berbagai pesan yang terkandung
dalam bahan ajar, peningkatan kemampuan pembelajar, dan proses
pemerolehan pengalaman, maka setiap guru memerlukan Pengetahuan
tentang pendekatan pembelajaran. Suatu prasyarat teknis untuk dapat
membelajarkan adalah bahwa seorang pembelajar (guru) sudah pernah
bertindak belajar itu sendiri.
A. PENGORGANISASIAN SISWA
Guru kelas satu SMP membagi buku bacaan merata ke semua siswa di
kelasnya. Siswa diminta membaca dalam hati selama lima menit. Topik yang
dibaca tentang Gunung Kelud meletus. Kemudian siswa diberi tugas berikut, (i)
tiap siswa mencatat kata-kata sulit yang ditemukan di bacaan, (ii) tiap siswa
diminta mengemukakan peristiwa Gunung Kelud meletus dengan kalimat
sendiri. Setelah selesai, catatan "kata-kata sulit" dikumpulkan guru. Guru
meminta empat siswa membacakan hasil kerjanya Setelah tiap siswa
mengemukakan hasil tugas, guru memperbaiki "tangkapan isi bacaan" dan
kalimat-kalimat siswa. Kemudian guru kelas satu tersebut menulis delapan
judul karangan di papan tulis. Tiap siswa diminta memilih satu di antara
delapan buah judul karangan Kemudian, siswa menulis karangan selama tiga
puluh lima menit. Guru berkeliling kelas, membantu siswa yang memperoleh
kesukaran dalam menulis karangan. Setelah selesai, karangan siswa
dikumpulkan oleh guru. Guru memeriksa karangan, dan membubuhkan
catatan perbaikan di karangan murid. Guru juga memberikan komentar yang
Memberanikan siswa mengungkapkan buah pikirannya. Keesokan harinya guru
membagikan karangan siswa kembali. Siswa diberi kesempatan untuk
menanyakan tata-cara menulis karangan. Guru juga menjelaskan kata-kata
yang sulit yang ditemukan dalam bacaan. Di samping itu guru menunjukkan
kamus bahasa Indonesia, dan menjelaskan bagaimana mempergunakan kamus.
Guru kelas dua SMP membagi siswa di kelasnya menjadi delapan
kelompok. Tiap kelompok terdiri dari lima orang siswa. Guru memberikan
sebuah bejana, sebuah tabung yang terbuka kedua ujungnya, dan sebuah
garpu tala kepada tiap kelompok. Tiap kelompok diberi tugas sama tentang
resonansi udara. Pada tiap kelompok siswa mempunyai tugas tertentu.
Seorang siswa mengisi bejana dengan air. Seorang siswa lain memegang
tabung terbuka, memasukkan, dan mengangkat tabung tersebut dalam bejana
air. Seorang siswa memegang dan memperdengarkan garpu tala. Dua siswa
yang lain bertindak mengobservasi dan membuat catatan kelompok. Pada saat
tabung terbuka diangkat atau dimasukkan ke dalam bejana, garpu tala
66 | Belajar dan Pembelajaran