Page 108 - Belajar & Pembelajaran
P. 108

KONSEP DASAR EVALUASI BELAJAR

                                                 DAN PEMBELAJARAN


              Setelah  mempelajari  isi  dan  menyelesaikan  tugas-tugas  dalam  bab  ini,
          diharapkan Anda mampu:
          1.  Mengenal  pengertian,  kedudukan,  dan  tujuan  evaluasi  dalam  proses
              pendidikan.
          2.  Mengkomunikasikan fungsi, tujuan, sasaran, dan prosedur evaluasi hasil
              belajar.
          3.  Mengkomunikasikan  fungsi,  tujuan,  sasaran,  dan  prosedur  evaluasi
              pembelajaran.

              Setiap orang yang melakukan suatu kegiatan akan selalu ingin tahu hasil
          dari  kegiatan  yang  dilakukannya.  Seringkah  pula,  orang  yang  melakukan
          kegiatan tersebut, berkeinginan mengetahui baik atau buruknya kegiatan yang
          dilakukannya.  Siswa  dan  guru  merupakan  orang-orang  yang  terlibat  dalam
          kegiatan  pembelajaran,  tentu  mereka  juga  berkeinginan  mengetahui  proses
          dan hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Untuk menyediakan informasi
          tentang  baik  atau  buruknya  proses  dan  hasil  kegiatan  pembelajaran,  maka
          seorang  guru  harus  menyelenggarakan  evaluasi.  Kegiatan  evaluasi  yang
          dilakukan  guru  mencakup  evaluasi  hasil  belajar  dan  evaluasi  pembelajaran
          sekaligus.
              Di  sisi  yang  lain,  evaluasi  juga  merupakan  salah  satu  komponen  sistem
          pembelajaran/pendidikan.  Hal  ini  berarti,  evaluasi  merupakan  kegiatan  yang
          tak terelakkan dalam setiap kegiatan/proses pembelajaran. Dengan kata lain,
          kegiatan evaluasi (baik evaluasi hasil belajar maupun evaluasi pembelajaran)
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113