Page 111 - Belajar & Pembelajaran
P. 111
Diagram 5.1 : Proses Pendidikan sebagai Proses Transformasi
Masukan dalam proses pendidikan adalah siswa dengan segala
karakteristik dan keunikannya. Untuk memastikan karakteristik dan keunikan
siswa yang akan masuk dalam transformasi, diperlukan evaluasi terhadap
masukan. Dengan adanya kepastian tentang karakteristik dan keunikan siswa,
akan memudahkan dalam menentukan rancangan program dan proses
pembudayaan dan pemberadaban siswa yang menjadi masukan.
Transformasi dalam proses pendidikan adalah proses untuk
membudayakan dan memberadabkan siswa. Lembaga pendidikan merupakan
tempat terjadinya transformasi. Keberhasilan transformasi untuk
menghasilkan keluaran seperti yang diharapkan dipengaruhi dan/ atau
ditentukan oleh bekerjanya komponen/unsur yang ada dalam lembaga
pendidikan. Unsur-unsur transformasi dalam proses pendidikan, meliputi:
a) pendidik dan personal lainnya,
b) isi pendidikan,
c) teknik,
d) sistem evaluasi,
e) sarana pendidikan, dan
f) sistem administrasi.
Untuk mengetahui efisiensi dan efektivitas transformasi dalam proses
pendidikan perlu dilaksanakan evaluasi terhadap bekerjanya unsur-unsur
transformasi. Keluaran dalam proses pendidikan adalah siswa yang semakin
berbudaya dan beradab sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Untuk
mengetahui dan menetapkan apakah siswa telah sesuai dengan tujuan yang
ditetapkan lembaga pendidikan atau belum, diperlukan kegiatan evaluasi.
Umpan balik dalam proses pendidikan adalah segala informasi yang
berhasil diperoleh selama proses pendidikan yang digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk perbaikan masukan dan transformasi yang ada dalam
104 | Belajar dan Pembelajaran