Page 109 - Belajar & Pembelajaran
P. 109

merupakan   bagian   integral   yang   tak   terpisahkan   dari   kegiatan
          pembelajaran/pendidikan.
              Seperti  dikemukakan  sebelumnya,  evaluasi  mencakup  evaluasi  hasil
          belajar  dan  evaluasi  pembelajaran.  Guru  harus  dapat  membedakan,  mana
          kegiatan evaluasi hasil belajar dan mana pula kegiatan evaluasi pembelajaran.
          Evaluasi  hasil  belajar  menekankan  kepada  diperolehnya  informasi  tentang
          seberapakah  perolehan  siswa  dalam  mencapai  tujuan  pengajaran  yang
          ditetapkan.  Sedangkan  evaluasi  pembelajaran  merupakan  proses  sistematis
          untuk memperoleh informasi tentang keefektifan proses pembelajaran dalam
          membantu  siswa  mencapai  tujuan  pengajaran  secara  optimal.  Dengan
          demikian evaluasi hasil belajar menetapkan baik buruknya hasil dari kegiatan
          pembelajaran,  sedangkan  evaluasi  pembelajaran  menetapkan  baik  buruknya
          proses dari kegiatan pembelajaran.
              Berdasarkan  pemikiran-pemikiran  ini,  tampaklah  pada  kita  akan
          pentingnya  penyelenggaraan  kegiatan  evaluasi.  Oleh  karena  itu,  sudah
          sepatutnya  seorang  guru  memiliki  kemampuan  menyelenggarakan  evaluasi.
          Seorang  guru  akan  lebih  menguasai  kemampuan  ini  apabila  sejak  dini  atau
          sejak sebagai calon guru sudah dikenalkan dengan kegiatan evaluasi.
              Guru  akan  dianggap  memiliki  kualifikasi  kemampuan  mengevaluasi,
          apabila guru mampu menjawab mengapa, apa, dan bagaimana evaluasi dalam
          kegiatan pembelajaran/pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagai
          calon  guru,  berikut  akan  disajikan  mengapa,  apa,  dan  bagaimana  evaluasi
          belajar dan pembelajaran.

          A.  PENGERTIAN,  KEDUDUKAN,  DAN  SYARAT-SYARAT  UMUM
              EVALUASI
          1.  Pengertian Evaluasi
              Davies  mengemukakan  bahwa  evaluasi  merupakan  proses  sederhana
          memberikan/menetapkan nilai kepada sejumlah tujuan, kegiatan, keputusan,
          unjuk-kerja, proses, orang, objek, dan masih banyak yang lain (Davies, 1981: 3).
          Sedangkan  Wand  dan  Brown  mengemukakan:  Evaluasi  merupakan  suatu
          proses  untuk  menentukan  nilai  dari  sesuatu  (dalam  Nurkancana,  1986:  1).
          Pengertian  evaluasi  lebih  dipertegas  lagi,  dengan  batasan  sebagai  proses
          memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu
          kriteria  tertentu  (Nana  Sudjana,  1990:  3).  Dengan  berdasarkan  batasan-
          batasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa evaluasi secara umum dapat
          diartikan  sebagai  proses  sistematis  untuk  menentukan  nilai  sesuatu  (tujuan,
          kegiatan,  keputusan,  unjuk-kerja,  proses,  orang,  objek,  dan  yang  lain)
          berdasarkan  kriteria  tertentu  melalui  penilaian.  Untuk  menentukan  nilai


          102 | Belajar dan Pembelajaran
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114