Page 109 - Belajar & Pembelajaran
P. 109
merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari kegiatan
pembelajaran/pendidikan.
Seperti dikemukakan sebelumnya, evaluasi mencakup evaluasi hasil
belajar dan evaluasi pembelajaran. Guru harus dapat membedakan, mana
kegiatan evaluasi hasil belajar dan mana pula kegiatan evaluasi pembelajaran.
Evaluasi hasil belajar menekankan kepada diperolehnya informasi tentang
seberapakah perolehan siswa dalam mencapai tujuan pengajaran yang
ditetapkan. Sedangkan evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis
untuk memperoleh informasi tentang keefektifan proses pembelajaran dalam
membantu siswa mencapai tujuan pengajaran secara optimal. Dengan
demikian evaluasi hasil belajar menetapkan baik buruknya hasil dari kegiatan
pembelajaran, sedangkan evaluasi pembelajaran menetapkan baik buruknya
proses dari kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan pemikiran-pemikiran ini, tampaklah pada kita akan
pentingnya penyelenggaraan kegiatan evaluasi. Oleh karena itu, sudah
sepatutnya seorang guru memiliki kemampuan menyelenggarakan evaluasi.
Seorang guru akan lebih menguasai kemampuan ini apabila sejak dini atau
sejak sebagai calon guru sudah dikenalkan dengan kegiatan evaluasi.
Guru akan dianggap memiliki kualifikasi kemampuan mengevaluasi,
apabila guru mampu menjawab mengapa, apa, dan bagaimana evaluasi dalam
kegiatan pembelajaran/pendidikan. Untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagai
calon guru, berikut akan disajikan mengapa, apa, dan bagaimana evaluasi
belajar dan pembelajaran.
A. PENGERTIAN, KEDUDUKAN, DAN SYARAT-SYARAT UMUM
EVALUASI
1. Pengertian Evaluasi
Davies mengemukakan bahwa evaluasi merupakan proses sederhana
memberikan/menetapkan nilai kepada sejumlah tujuan, kegiatan, keputusan,
unjuk-kerja, proses, orang, objek, dan masih banyak yang lain (Davies, 1981: 3).
Sedangkan Wand dan Brown mengemukakan: Evaluasi merupakan suatu
proses untuk menentukan nilai dari sesuatu (dalam Nurkancana, 1986: 1).
Pengertian evaluasi lebih dipertegas lagi, dengan batasan sebagai proses
memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu
kriteria tertentu (Nana Sudjana, 1990: 3). Dengan berdasarkan batasan-
batasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa evaluasi secara umum dapat
diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (tujuan,
kegiatan, keputusan, unjuk-kerja, proses, orang, objek, dan yang lain)
berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Untuk menentukan nilai
102 | Belajar dan Pembelajaran