Page 110 - Belajar & Pembelajaran
P. 110
sesuatu dengan cara membandingkan dengan kriteria, evaluator dapat
langsung membandingkan dengan kriteria namun dapat pula melakukan
pengukuran terhadap sesuatu yang dievaluasi kemudian baru
membandingkannya dengan kriteria. Dengan demikian evaluasi tidak selalu
melalui proses mengukur (pengukuran) baru melakukan proses menilai
(penilaian) tetapi dapat pula evaluasi langsung melalui penilaian saja.
Walaupun tidak semua proses evaluasi melalui pengukuran, seorang calon
guru/guru harus tahu tentang pengukuran. Selain itu perlu dipahami pula oleh
setiap calon guru/guru perihal penilaian. Pengukuran lebih menekankan
kepada proses penentuan kuantitas sesuatu melalui membandingkan dengan
satuan ukuran tertentu (Arikunto, 1990: 3; Nurkancana, 1986: 2). Sedangkan
penilaian menekankan kepada proses pembuatan keputusan terhadap sesuatu
ukuran baik-buruk yang bersifat kualitatif (Arikunto, 1990: 3; Nurkancana,
1968: 2). Dari batasan pengukuran dan penilaian, dapat ditandai adanya
perbedaan yang nyata antara keduanya. Pengukuran dilakukan apabila
kegiatan penilaian membutuhkannya, bila kegiatan penilaian tidak
membutuhkan maka kegiatan pengukuran tidak perlu dilakukan. Hasil
pengukuran yang bersifat kuantitatif akan diolah dan dibandingkan dengan
kriteria, hingga didapatkan hasil penilaian yang bersifat kualitatif.
Apabila lebih lanjut kita kaji pengertian evaluasi, pengukuran, dan
penilaian kita kaitkan dengan kegiatan belajar dan pembelajaran, maka kita
akan memperoleh pengertian yang tidak jauh berbeda dengan pengertiannya
secara umum. Pengertian evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses
untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan
melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran belajar dan pembelajaran.
Sedangkan pengertian pengukuran dalam kegiatan belajar dan pembelajaran
adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan belajar dan pembelajaran
dengan ukuran keberhasilan belajar dan pembelajaran yang telah ditentukan
secara kuantitatif. Pengertian penilaian belajar dan pembelajaran adalah
proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan belajar dan pembelajaran
secara kualitatif.
2. Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
Proses pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia, di mana di
dalamnya terjadi proses membudayakan dan memberadabkan manusia. Agar
terbentuk manusia yang berbudaya dan beradab, maka diperlukan
transformasi kebudayaan dan peradaban. Sebagai proses transformasi, proses
pendidikan dapat didiagramkan sebagai berikut: (Diagram 5.1.)
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 103