Page 110 - Belajar & Pembelajaran
P. 110

sesuatu  dengan  cara  membandingkan  dengan  kriteria,  evaluator  dapat
          langsung  membandingkan  dengan  kriteria  namun  dapat  pula  melakukan
          pengukuran   terhadap    sesuatu   yang   dievaluasi   kemudian   baru
          membandingkannya  dengan  kriteria.  Dengan  demikian  evaluasi  tidak  selalu
          melalui  proses  mengukur  (pengukuran)  baru  melakukan  proses  menilai
          (penilaian) tetapi dapat pula evaluasi langsung melalui penilaian saja.
              Walaupun tidak semua proses evaluasi melalui pengukuran, seorang calon
          guru/guru harus tahu tentang pengukuran. Selain itu perlu dipahami pula oleh
          setiap  calon  guru/guru  perihal  penilaian.  Pengukuran  lebih  menekankan
          kepada proses penentuan kuantitas sesuatu melalui membandingkan dengan
          satuan ukuran tertentu (Arikunto, 1990: 3; Nurkancana, 1986: 2). Sedangkan
          penilaian menekankan kepada proses pembuatan keputusan terhadap sesuatu
          ukuran  baik-buruk  yang  bersifat  kualitatif  (Arikunto,  1990:  3;  Nurkancana,
          1968:  2).  Dari  batasan  pengukuran  dan  penilaian,  dapat  ditandai  adanya
          perbedaan  yang  nyata  antara  keduanya.  Pengukuran  dilakukan  apabila
          kegiatan  penilaian  membutuhkannya,  bila  kegiatan  penilaian  tidak
          membutuhkan  maka  kegiatan  pengukuran  tidak  perlu  dilakukan.  Hasil
          pengukuran  yang  bersifat  kuantitatif  akan  diolah  dan  dibandingkan  dengan
          kriteria, hingga didapatkan hasil penilaian yang bersifat kualitatif.
              Apabila  lebih  lanjut  kita  kaji  pengertian  evaluasi,  pengukuran,  dan
          penilaian  kita  kaitkan  dengan  kegiatan  belajar  dan  pembelajaran,  maka  kita
          akan memperoleh pengertian yang tidak jauh berbeda dengan pengertiannya
          secara  umum.  Pengertian  evaluasi  belajar  dan  pembelajaran  adalah  proses
          untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan
          melalui  kegiatan  penilaian  dan/atau  pengukuran  belajar  dan  pembelajaran.
          Sedangkan pengertian pengukuran dalam kegiatan belajar dan pembelajaran
          adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan belajar dan pembelajaran
          dengan ukuran keberhasilan belajar dan pembelajaran yang telah ditentukan
          secara  kuantitatif.  Pengertian  penilaian  belajar  dan  pembelajaran  adalah
          proses  pembuatan  keputusan  nilai  keberhasilan  belajar  dan  pembelajaran
          secara kualitatif.

          2.  Kedudukan Evaluasi dalam Proses Pendidikan
              Proses pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia, di mana di
          dalamnya terjadi proses membudayakan dan memberadabkan manusia. Agar
          terbentuk  manusia  yang  berbudaya  dan  beradab,  maka  diperlukan
          transformasi kebudayaan dan peradaban. Sebagai proses transformasi, proses
          pendidikan dapat didiagramkan sebagai berikut: (Diagram 5.1.)



                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 103
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115