Page 42 - Belajar & Pembelajaran
P. 42
siswa yang memungkinkan di antaranya adalah dengan segera mencocokkan
jawaban dengan kunci jawaban, menerima kenyataan terhadap skor/nilai yang
dicapai, atau menerima teguran dari guru/orang tua karena hasil belajar yang
jelek.
7. Perbedaan individual
Setiap siswa memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang berbeda satu
dengan yang lain. Karena hal inilah, setiap siswa belajar menurut tempo
(kecepatan)-nya sendiri dan untuk setiap kelompok umur terdapat variasi
kecepatan belajar (Davies, 1987:32). Kesadaran bahwa dirinya berbeda dengan
siswa lain, akan membantu siswa menentukan cara belajar dan sasaran belajar
bagi dirinya sendiri. Implikasi adanya prinsip perbedaan individual bagi siswa di
antaranya adalah menentukan tempat duduk di kelas, menyusun jadwal
belajar, atau memilih bahwa implikasi adanya perbedaan individu bagi siswa
dapat berupa perilaku fisik maupun psikis.
b. Implikasi Prinsip-prinsip Belajar bagi Guru
Guru sebagai orang kedua dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas
dari adanya prinsip-prinsip belajar. Guru sebagai penyelenggara dan pengelola
kegiatan pembelajaran terimplikasi oleh adanya prinsip-prinsip belajar ini.
Implikasi prinsip-prinsip belajar bagi guru tertampak pada rencana
pembelajaran maupun pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Implikasi
prinsip-prinsip belajar bagi guru terwujud dalam perilaku fisik dan psikis
mereka. Kesadaran adanya prinsip-prinsip belajar yang terwujud dalam
perilaku guru, dapat diharapkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran
yang diselenggarakan.
1. Perhatian dan motivasi.
Guru sejak merencanakan kegiatan pembelajarannya sudah memikirkan
perilakunya terhadap siswa sehingga dapat menarik perhatian dan
menimbulkan motivasi siswa dan tidak berhenti pada rencana
pembelajarannya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Implikasi
prinsip perhatian bagi guru tertampak pada perilaku-perilaku sebagai berikut:
1) Guru menggunakan metode secara bervariasi.
2) Guru menggunakan media sesuai dengan tujuan belajar dan materi yang
diajarkan.
3) Guru menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton.
4) Guru mengemukakan pertanyaan-pertanyaan membimbing (direction
question).
Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran | 35