Page 42 - Belajar & Pembelajaran
P. 42

siswa yang memungkinkan di antaranya adalah dengan segera mencocokkan
          jawaban dengan kunci jawaban, menerima kenyataan terhadap skor/nilai yang
          dicapai, atau menerima teguran dari guru/orang tua karena hasil belajar yang
          jelek.

          7.  Perbedaan individual
              Setiap  siswa  memiliki  karakteristik  sendiri-sendiri  yang  berbeda  satu
          dengan  yang  lain.  Karena  hal  inilah,  setiap  siswa  belajar  menurut  tempo
          (kecepatan)-nya  sendiri  dan  untuk  setiap  kelompok  umur  terdapat  variasi
          kecepatan belajar (Davies, 1987:32). Kesadaran bahwa dirinya berbeda dengan
          siswa lain, akan membantu siswa menentukan cara belajar dan sasaran belajar
          bagi dirinya sendiri. Implikasi adanya prinsip perbedaan individual bagi siswa di
          antaranya  adalah  menentukan  tempat  duduk  di  kelas,  menyusun  jadwal
          belajar, atau memilih bahwa implikasi adanya perbedaan individu bagi siswa
          dapat berupa perilaku fisik maupun psikis.

          b.  Implikasi Prinsip-prinsip Belajar bagi Guru
              Guru  sebagai  orang  kedua  dalam  kegiatan  pembelajaran  tidak  terlepas
          dari adanya prinsip-prinsip belajar. Guru sebagai penyelenggara dan pengelola
          kegiatan  pembelajaran  terimplikasi  oleh  adanya  prinsip-prinsip  belajar  ini.
          Implikasi  prinsip-prinsip  belajar  bagi  guru  tertampak  pada  rencana
          pembelajaran  maupun  pelaksanaan  kegiatan  pembelajarannya.  Implikasi
          prinsip-prinsip  belajar  bagi  guru  terwujud  dalam  perilaku  fisik  dan  psikis
          mereka.  Kesadaran  adanya  prinsip-prinsip  belajar  yang  terwujud  dalam
          perilaku  guru,  dapat  diharapkan  adanya  peningkatan  kualitas  pembelajaran
          yang diselenggarakan.
          1.  Perhatian dan motivasi.
              Guru  sejak  merencanakan  kegiatan  pembelajarannya  sudah  memikirkan
          perilakunya  terhadap  siswa  sehingga  dapat  menarik  perhatian  dan
          menimbulkan    motivasi   siswa   dan   tidak   berhenti   pada   rencana
          pembelajarannya  dalam  pelaksanaan  kegiatan  pembelajarannya.  Implikasi
          prinsip perhatian bagi guru tertampak pada perilaku-perilaku sebagai berikut:
          1)  Guru menggunakan metode secara bervariasi.
          2)  Guru menggunakan media sesuai dengan tujuan belajar dan materi yang
              diajarkan.
          3)  Guru menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton.
          4)  Guru  mengemukakan  pertanyaan-pertanyaan  membimbing  (direction
              question).




                                        Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran | 35
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47