Page 41 - Belajar & Pembelajaran
P. 41

perilaku  keterlibatan  siswa  secara  langsung  dalam  kegiatan  belajar
          pembelajaran dapat diharapkan mewujudkan keaktifan siswa.

          4.  Pengulangan
              Penguasaan  secara  penuh  dari  setiap  langkah  memungkinkan  belajar
          secara  keseluruhan  lebih  berarti  (Davies,  1987:32).  Dari  pernyataan  inilah
          pengulangan masih diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi adanya
          prinsip  pengulangan  bagi  siswa  adalah  kesadaran  siswa  untuk  bersedia
          mengerjakan  latihan-latihan  yang  berulang  untuk  bersedia  mengerjakan
          latihan-latihan  yang  berulang  untuk  satu  macam  permasalahan.  Dengan
          kesadaran  ini,  diharapkan  siswa  tidak  merasa  bosan  dalam  melakukan
          pengulangan. Bentuk-bentuk perilaku pembelajaran yang merupakan implikasi
          prinsip pengulangan, di antaranya menghafal unsur-unsur kimia setiap valensi,
          mengerjakan  soal-soal  latihan,  menghafal  nama-nama  latin  tumbuhan,  atau
          menghafal tahun-tahun terjadinya peristiwa sejarah.

          5.  Tantangan
              Prinsip  belajar  ini  bersesuaian  dengan  pernyataan  bahwa  apabila  siswa
          diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, maka ia lebih termotivasi
          untuk  belajar,  ia  akan  belajar  dan  mengingat  secara  lebih  baik  (Davies,
          1987:32).  Hal  ini  berarti  siswa  selalu  menghadapi  tantangan  untuk
          memperoleh,  memproses,  dan  mengolah  setiap  pesan  yang  ada  dalam
          kegiatan pembelajaran. Implikasi prinsip tantangan bagi siswa adalah tuntutan
          dimilikinya  kesadaran  pada  diri  siswa  akan  adanya  kebutuhan  untuk  selalu
          memperoleh,  memproses,  dan  mengolah  pesan.  Selain  itu,  siswa  juga  harus
          memiliki  keingintahuan  yang  besar  terhadap  segala  permasalahan  yang
          dihadapinya.  Bentuk-bentuk  perilaku  siswa  yang  merupakan  implikasi  dari
          prinsip  tantangan  ini  di  antaranya  adalah  melakukan  eksperimen,
          melaksanakan  tugas  terbimbing  maupun  mandiri,  atau  mencari  tahu
          pemecahan suatu masalah.

          6.  Balikan dan penguatan
              Siswa selalu membutuhkan suatu kepastian dari kegiatan yang dilakukan,
          apakah  benar  atau  salah?  Dengan  demikian  siswa  akan  selalu  memiliki
          pengetahuan  tentang  hasil  (knowledge  ofresult),  yang  sekaligus  merupakan
          penguat  (reinforce)  bagi  dirinya  sendiri.  Seorang  siswa  belajar  lebih  banyak
          bilamana setiap langkah segera diberikan penguatan (reinforcement) (Davies,
          1987:32).  Hal  ini  timbul  karena  kesadaran  adanya  kebutuhan  untuk
          memperoleh  balikan  dan  sekaligus  penguatan  bagi  setiap  kegiatan  yang
          dilakukannya.  Untuk memperoleh  balikan  penguatan  bentuk-bentuk  perilaku

          34 | Belajar dan Pembelajaran
   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46