Page 46 - Belajar & Pembelajaran
P. 46

7)  Memberikan hadiah/ganjaran kepada siswa yang berhasil menyelesaikan
              tugas.

          7.  Perbedaan Individual
              Setiap guru tentunya harus menyadari bahwa menghadapi 30 siswa dalam
          satu kelas, berarti menghadapi 30 macam keunikan atau karakteristik. Selain
          karakteristik/keunikan  kelas,  guru  harus  menghadapi  30  siswa  yang  berbeda
          karakteristiknya  satu  dengan  lainnya.  Guru  sebagai  penyelenggara  kegiatan
          pembelajaran dituntut untuk memberikan perhatian kepada semua keunikan
          yang  melekat  pada  tiap  siswa.  Dengan  kata  lain,  guru  tidak  mengasumsikan
          bahwa  siswa  dalam  kegiatan  pembelajaran  yang  diselenggarakannya
          merupakan satu kesatuan yang memiliki karakteristik yang sama. Konsekuensi
          logis  adanya  hal  ini,  guru  harus  mampu  melayani  setiap  siswa  sesuai
          karakteristik mereka orang  per  orang.  Implikasi  prinsip  perbedaan  individual
          bagi guru berwujud perilaku-perilaku yang di antaranya adalah:
          1)  Menentukan  penggunaan  berbagai  metode  yang  diharapkan  dapat
              melayani kebutuhan siswa sesuai karakteristiknya,
          2)  Merancang  pemanfaatan  berbagai  media  dalam  menyajikan  pesan
              pembelajaran,
          3)  Mengenali  karakteristik  setiap  siswa  sehingga  dapat  menentukan
              perlakuan pembelajaran yang tepat bagi siswa yang bersangkutan, dan
          4)  Memberikan  remediasi  ataupun  pertanyaan  kepada  siswa  yang
              membutuhkan.

              Dari  pembahasan  prinsip-prinsip  belajar  yang  berimplikasi  bagi  siswa
          maupun guru, dalam satu kegiatan yang dilakukan siswa maupun guru, Anda
          menemukan  perwujudan/penampakan  dari  prinsip-prinsip  belajar  lebih  dari
          satu. Kenyataan bahwa dalam satu kegiatan pembelajaran terdapat lebih dari
          satu  prinsip  belajar  yang  tampak,  menuntut  guru  untuk  benar-benar
          menguasai  dan  terlebih  menandai  perwujudan  prinsip-prinsip  belajar  dalam
          kegiatan  pembelajaran.  Tugas  berikut  ini  mengarahkan  Anda  ke  arah
          penguasaan prinsip-prinsip belajar yang berimplikasi bagi siswa dan guru.














                                        Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran | 39
   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51