Page 46 - Belajar & Pembelajaran
P. 46
7) Memberikan hadiah/ganjaran kepada siswa yang berhasil menyelesaikan
tugas.
7. Perbedaan Individual
Setiap guru tentunya harus menyadari bahwa menghadapi 30 siswa dalam
satu kelas, berarti menghadapi 30 macam keunikan atau karakteristik. Selain
karakteristik/keunikan kelas, guru harus menghadapi 30 siswa yang berbeda
karakteristiknya satu dengan lainnya. Guru sebagai penyelenggara kegiatan
pembelajaran dituntut untuk memberikan perhatian kepada semua keunikan
yang melekat pada tiap siswa. Dengan kata lain, guru tidak mengasumsikan
bahwa siswa dalam kegiatan pembelajaran yang diselenggarakannya
merupakan satu kesatuan yang memiliki karakteristik yang sama. Konsekuensi
logis adanya hal ini, guru harus mampu melayani setiap siswa sesuai
karakteristik mereka orang per orang. Implikasi prinsip perbedaan individual
bagi guru berwujud perilaku-perilaku yang di antaranya adalah:
1) Menentukan penggunaan berbagai metode yang diharapkan dapat
melayani kebutuhan siswa sesuai karakteristiknya,
2) Merancang pemanfaatan berbagai media dalam menyajikan pesan
pembelajaran,
3) Mengenali karakteristik setiap siswa sehingga dapat menentukan
perlakuan pembelajaran yang tepat bagi siswa yang bersangkutan, dan
4) Memberikan remediasi ataupun pertanyaan kepada siswa yang
membutuhkan.
Dari pembahasan prinsip-prinsip belajar yang berimplikasi bagi siswa
maupun guru, dalam satu kegiatan yang dilakukan siswa maupun guru, Anda
menemukan perwujudan/penampakan dari prinsip-prinsip belajar lebih dari
satu. Kenyataan bahwa dalam satu kegiatan pembelajaran terdapat lebih dari
satu prinsip belajar yang tampak, menuntut guru untuk benar-benar
menguasai dan terlebih menandai perwujudan prinsip-prinsip belajar dalam
kegiatan pembelajaran. Tugas berikut ini mengarahkan Anda ke arah
penguasaan prinsip-prinsip belajar yang berimplikasi bagi siswa dan guru.
Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran | 39