Page 45 - Belajar & Pembelajaran
P. 45
untuk kegiatan pembelajaran. Perilaku guru yang merupakan implikasi prinsip
tantangan di antaranya adalah:
1) Merancang dan mengelola kegiatan eksperimen yang memberikan
kesempatan kepada siswa untuk melakukannya secara individual atau
dalam kelompok kecil (3 - 4 orang).
2) Memberikan tugas pada siswa memecahkan masalah yang membutuhkan
informasi dari orang lain di luar sekolah sebagai sumber informasi.
3) Menugaskan kepada siswa untuk menyimpulkan isi pelajaran yang selesai
disajikan.
4) Mengembangkan bahan pembelajaran (teks, hand out, modul, dan yang
lain) yang memperhatikan kebutuhan siswa untuk mendapatkan
tantangan di dalamnya, sehingga tidak harus semua pesan pembelajaran
disajikan secara detail tanpa memberikan kesempatan siswa mencari dari
sumber lain.
5) Membimbing siswa untuk menemukan fakta, konsep, prinsip, dan
generalisasi sendiri.
6) Guru merancang dan mengelola kegiatan diskusi untuk menyelenggarakan
masalah-masalah yang disajikan dalam topik diskusi.
6. Balikan dan Penguatan
Balikan dapat diberikan secara lisan maupun tertulis, baik secara
individual, ataupun kelompok klasikal. Guru sebagai penyelenggara kegiatan
pembelajaran harus dapat menentukan bentuk, cara, serta kapan balikan dan
penguatan diberikan. Agar balikan dan penguatan bermakna bagi siswa, guru
hendaknya memperhatikan karakteristik siswa. Implikasi prinsip balikan dan
penguatan bagi guru, berwujud perilaku-perilaku yang di antaranya adalah:
1) Memberitahukan jawaban yang benar setiap kali mengajukan pertanyaan
yang telah dijawab siswa secara benar ataupun salah.
2) Mengoreksi pembahasan pekerjaan rumah yang diberikan kepada siswa
pada waktu yang telah ditentukan.
3) Memberikan catatan-catatan pada hasil kerja siswa (berupa makalah,
laporan, klipping pekerjaan rumah), berdasarkan hasil koreksi guru
terhadap hasil kerja pembelajaran.
4) Membagikan lembar jawaban tes pelajaran yang telah dikoreksi oleh guru,
disertai skor dan catatan-catatan bagi pembelajar.
5) Mengumumkan atau mengkonfirmasikan peringkat yang diraih setiap
siswa berdasarkan skor yang dicapai dalam tes.
6) Memberikan anggukan atau acungan jempol atau isyarat lain kepada
siswa yang menjawab dengan benar pertanyaan yang disajikan guru.
38 | Belajar dan Pembelajaran