Page 45 - Belajar & Pembelajaran
P. 45

untuk kegiatan pembelajaran. Perilaku guru yang merupakan implikasi prinsip
          tantangan di antaranya adalah:
          1)  Merancang  dan  mengelola  kegiatan  eksperimen  yang  memberikan
              kesempatan  kepada  siswa  untuk  melakukannya  secara  individual  atau
              dalam kelompok kecil (3 - 4 orang).
          2)  Memberikan tugas pada siswa memecahkan masalah yang membutuhkan
              informasi dari orang lain di luar sekolah sebagai sumber informasi.
          3)  Menugaskan kepada siswa untuk menyimpulkan isi pelajaran yang selesai
              disajikan.
          4)  Mengembangkan bahan pembelajaran (teks, hand out, modul, dan yang
              lain)  yang  memperhatikan  kebutuhan  siswa  untuk  mendapatkan
              tantangan di dalamnya, sehingga tidak harus semua pesan pembelajaran
              disajikan secara detail tanpa memberikan kesempatan siswa mencari dari
              sumber lain.
          5)  Membimbing  siswa  untuk  menemukan  fakta,  konsep,  prinsip,  dan
              generalisasi sendiri.
          6)  Guru merancang dan mengelola kegiatan diskusi untuk menyelenggarakan
              masalah-masalah yang disajikan dalam topik diskusi.

          6.  Balikan dan Penguatan
              Balikan  dapat  diberikan  secara  lisan  maupun  tertulis,  baik  secara
          individual,  ataupun  kelompok  klasikal.  Guru  sebagai  penyelenggara  kegiatan
          pembelajaran harus dapat menentukan bentuk, cara, serta kapan balikan dan
          penguatan diberikan. Agar balikan dan penguatan bermakna bagi siswa, guru
          hendaknya  memperhatikan  karakteristik  siswa.  Implikasi  prinsip  balikan  dan
          penguatan bagi guru, berwujud perilaku-perilaku yang di antaranya adalah:
          1)  Memberitahukan jawaban yang benar setiap kali mengajukan pertanyaan
              yang telah dijawab siswa secara benar ataupun salah.
          2)  Mengoreksi  pembahasan pekerjaan  rumah  yang  diberikan kepada  siswa
              pada waktu yang telah ditentukan.
          3)  Memberikan  catatan-catatan  pada  hasil  kerja  siswa  (berupa  makalah,
              laporan,  klipping  pekerjaan  rumah),  berdasarkan  hasil  koreksi  guru
              terhadap hasil kerja pembelajaran.
          4)  Membagikan lembar jawaban tes pelajaran yang telah dikoreksi oleh guru,
              disertai skor dan catatan-catatan bagi pembelajar.
          5)  Mengumumkan  atau  mengkonfirmasikan  peringkat  yang  diraih  setiap
              siswa berdasarkan skor yang dicapai dalam tes.
          6)  Memberikan  anggukan  atau  acungan  jempol  atau  isyarat  lain  kepada
              siswa yang menjawab dengan benar pertanyaan yang disajikan guru.



          38 | Belajar dan Pembelajaran
   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49   50