Page 48 - Belajar & Pembelajaran
P. 48

MOTIVASI BELAJAR


              Belajar  merupakan  kegiatan  sehari-hari  bagi  siswa  sekolah.  Kegiatan
          belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain
          seperti di museum, perpustakaan, kebun binatang, sawah, sungai, atau hutan.
          Ditinjau  dari  segi  guru,  kegiatan  belajar  siswa  tersebut  ada  yang  tergolong
          dirancang  dalam  desain  instruksional.  Kegiatan  belajar  yang  termasuk
          rancangan  guru,  bila  siswa  belajar  di  tempat-tempat  tersebut  untuk
          mengerjakan  tugas-tugas  belajar  sekolah.  Di  samping  itu  ada  juga  kegiatan
          belajar  yang  tidak  termasuk  rancangan  guru.  Artinya,  siswa  belajar  karena
          keinginannya  sendiri.  Pengetahuan  tentang  "belajar,  karena  ditugasi"  dan
          "belajar, karena motivasi diri" penting bagi guru dan calon guru.

          •   Sasaran Belajar
              Setelah  mempelajari  isi  dan  menyelesaikan  tugas-tugas  dalam  bab  ini,
          Anda diharapkan berkemampuan untuk:
          1.  Merumuskan dengan kata-kata sendiri pengertian motivasi.
          2.  Mengidentifikasi jenis motivasi belajar siswa.
          3.  Mengupayakan peningkatan motivasi belajar siswa.

          •   Latar Belakang
              Pak Akhmat adalah guru SMP dan menjadi wali kelas tiga sebuah SMP di
          kota  B.  Ia  memiliki  catatan  tentang  perilaku  belajar  siswa  SMP.  Catatan
          tersebut  merupakan  hasil  pengamatan,  wawancara  dengan  siswa  dan  orang
          tua, dan kutipan hasil belajar dari guru lain. Dari catatan tersebut. Pak Akhmat
          menarik  kesimpulan  sementara  sebagai  berikut.  Pertama,  jika  siswa  yang
          tampak  segan  belajar,  karena  tidak  mengetahui  kegunaan  mata  pelajaran
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53