Page 48 - Belajar & Pembelajaran
P. 48
MOTIVASI BELAJAR
Belajar merupakan kegiatan sehari-hari bagi siswa sekolah. Kegiatan
belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain
seperti di museum, perpustakaan, kebun binatang, sawah, sungai, atau hutan.
Ditinjau dari segi guru, kegiatan belajar siswa tersebut ada yang tergolong
dirancang dalam desain instruksional. Kegiatan belajar yang termasuk
rancangan guru, bila siswa belajar di tempat-tempat tersebut untuk
mengerjakan tugas-tugas belajar sekolah. Di samping itu ada juga kegiatan
belajar yang tidak termasuk rancangan guru. Artinya, siswa belajar karena
keinginannya sendiri. Pengetahuan tentang "belajar, karena ditugasi" dan
"belajar, karena motivasi diri" penting bagi guru dan calon guru.
• Sasaran Belajar
Setelah mempelajari isi dan menyelesaikan tugas-tugas dalam bab ini,
Anda diharapkan berkemampuan untuk:
1. Merumuskan dengan kata-kata sendiri pengertian motivasi.
2. Mengidentifikasi jenis motivasi belajar siswa.
3. Mengupayakan peningkatan motivasi belajar siswa.
• Latar Belakang
Pak Akhmat adalah guru SMP dan menjadi wali kelas tiga sebuah SMP di
kota B. Ia memiliki catatan tentang perilaku belajar siswa SMP. Catatan
tersebut merupakan hasil pengamatan, wawancara dengan siswa dan orang
tua, dan kutipan hasil belajar dari guru lain. Dari catatan tersebut. Pak Akhmat
menarik kesimpulan sementara sebagai berikut. Pertama, jika siswa yang
tampak segan belajar, karena tidak mengetahui kegunaan mata pelajaran