Page 44 - Belajar & Pembelajaran
P. 44
karakteristik siswa dan karakteristik isi pelajaran. Perilaku sebagai implikasi
prinsip keterlibatan langsung/berpengalaman di antaranya adalah:
1) Merancang kegiatan pembelajaran yang lebih banyak pada pembelajaran
individual dan kelompok kecil.
2) Mementingkan eksperimen langsung oleh siswa dibandingkan dengan
demonstrasi.
3) Menggunakan media yang langsung digunakan oleh siswa.
4) Memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan gerakan
psikomotorik yang dicontohkan.
5) Melibatkan siswa mencari informasi/pesan dari sumber informasi di luar
kelas atau luar sekolah.
6) Melibatkan siswa dalam merangkum atau menyimpulkan informasi pesan
pembelajaran.
Implikasi lain dari adanya prinsip keterlibatan langsung/berpengalaman
bagi guru adalah kemampuan guru untuk bertindak sebagai manajer/pengelola
kegiatan pembelajaran yang mampu mengarahkan, membimbing, dan
mendorong siswa ke arah tujuan pengajaran yang ditetapkan.
4. Pengulangan
Implikasi prinsip pengulangan bagi guru adalah mampu memilihkan antara
kegiatan pembelajaran yang berisi pesan yang membutuhkan pengulangan
dengan yang tidak membutuhkan pengulangan. Hal ini perlu dimiliki oleh guru
karena tidak semua pesan pembelajaran membutuhkan pengulangan.
Pengulangan terutama dibutuhkan oleh pesan-pesan pembelajaran yang harus
dihafalkan secara tetap t. opa ada kesalahan sedikit pun. Selain itu,
pengulangan juga diperlukan terhadap pesan-pesan pembelajaran yang
membutuhkan latihan. Perilaku guru yang merupakan implikasi prinsip
pengulangan di antaranya adalah:
1) Merancang pelaksanaan pengulangan,
2) Mengembangkan/merumuskan soal-soal latihan,
3) Mengembangkan petunjuk kegiatan psikomotorik yang harus diulang,
4) Mengembangkan alat evaluasi kegiatan pengulangan, dan
5) Membuat kegiatan pengulangan yang bervariasi.
5. Tantangan
Apabila guru menginginkan siswa selalu berusaha mencapai tujuan, maka
guru harus memberikan tantangan pada siswa dalam kegiatan
pembelajarannya. Tantangan dalam kegiatan pembelajaran dapat diwujudkan
oleh guru melalui bentuk kegiatan, bahan dan alat pembelajaran yang dipilih
Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran | 37