Page 44 - Belajar & Pembelajaran
P. 44

karakteristik  siswa  dan  karakteristik  isi  pelajaran.  Perilaku  sebagai  implikasi
          prinsip keterlibatan langsung/berpengalaman di antaranya adalah:
          1)  Merancang kegiatan pembelajaran yang lebih banyak pada pembelajaran
              individual dan kelompok kecil.
          2)  Mementingkan  eksperimen  langsung  oleh  siswa  dibandingkan  dengan
              demonstrasi.
          3)  Menggunakan media yang langsung digunakan oleh siswa.
          4)  Memberikan  tugas  kepada  siswa  untuk  mempraktikkan  gerakan
              psikomotorik yang dicontohkan.
          5)  Melibatkan siswa mencari informasi/pesan dari sumber informasi di luar
              kelas atau luar sekolah.
          6)  Melibatkan siswa dalam merangkum atau menyimpulkan informasi pesan
              pembelajaran.

              Implikasi  lain  dari  adanya  prinsip  keterlibatan  langsung/berpengalaman
          bagi guru adalah kemampuan guru untuk bertindak sebagai manajer/pengelola
          kegiatan  pembelajaran  yang  mampu  mengarahkan,  membimbing,  dan
          mendorong siswa ke arah tujuan pengajaran yang ditetapkan.

          4.  Pengulangan
              Implikasi prinsip pengulangan bagi guru adalah mampu memilihkan antara
          kegiatan  pembelajaran  yang  berisi  pesan  yang  membutuhkan  pengulangan
          dengan yang tidak membutuhkan pengulangan. Hal ini perlu dimiliki oleh guru
          karena  tidak  semua  pesan  pembelajaran  membutuhkan  pengulangan.
          Pengulangan terutama dibutuhkan oleh pesan-pesan pembelajaran yang harus
          dihafalkan  secara  tetap  t.  opa  ada  kesalahan  sedikit  pun.  Selain  itu,
          pengulangan  juga  diperlukan  terhadap  pesan-pesan  pembelajaran  yang
          membutuhkan  latihan.  Perilaku  guru  yang  merupakan  implikasi  prinsip
          pengulangan di antaranya adalah:
          1)  Merancang pelaksanaan pengulangan,
          2)  Mengembangkan/merumuskan soal-soal latihan,
          3)  Mengembangkan petunjuk kegiatan psikomotorik yang harus diulang,
          4)  Mengembangkan alat evaluasi kegiatan pengulangan, dan
          5)  Membuat kegiatan pengulangan yang bervariasi.

          5.  Tantangan
              Apabila guru menginginkan siswa selalu berusaha mencapai tujuan, maka
          guru  harus  memberikan  tantangan  pada       siswa  dalam  kegiatan
          pembelajarannya. Tantangan dalam kegiatan pembelajaran dapat diwujudkan
          oleh guru melalui bentuk kegiatan, bahan dan alat pembelajaran yang dipilih

                                        Prinsip-Prinsip Belajar dan Asas Pembelajaran | 37
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49