Page 42 - Burnout Konselor
P. 42
dalam skala besar, secara terus menerus dan menjadi terlibat
dengan psikologis, masalah sosial dan fisik konseli mereka.
Burnout terjadi pada level individu, melibatkan perasaan,
motif, sikap, dan harapan. Perasaan negatif untuk individu yang
mengarah pada kelelahan (fisik dan emosional), perasaan kurang
energi, merupakan sebuah kecenderungan untuk melihat
individu dengan cara yang tidak tertarik (depersonalisasi) dan
persepsi kurangnya pencapaian personal. Konselor yang
mengalami burnout terlihat makan sendirian daripada
mengambil makan siangnya dengan orang lain, dengan
demikian menghindari berkumpul dengan orang lain. Konselor
bahkan mungkin menanggapi orang lain dengan sinis.
Tekanan profesional dapat memiliki manifestasi penyakit
mental yang serius, seperti kecemasan, depresi, yang mengarah
pada perceraian atau hubungan yang rusak, alkoholisme,
penyalahgunaan, dan bunuh diri (Balch et al., 2009). Konselor
sekolah dapat menghadapi banyak dan bersaing tuntutan,
menyebabkan gejala stres, kelelahan empati, kelelahan
emosional, gangguan konselor, dan akhirnya keberangkatan atau
pengunduran diri dari pekerjaan mereka (Mullen et al., 2017).
Burnout adalah jenis respon berkepanjangan terhadap
stres emosional dan interpersonal kronis di tempat kerja (Nias,
2010). Burnout adalah reaksi terhadap stres kerja kronis yang
ditandai dengan kelelahan emosi (yaitu, menguras sumber daya
emosional), sinisme (yaitu, sikap negatif, tidak berperasaan, dan
sinis terhadap pekerjaan seseorang) dan kurangnya kemanjuran
profesional (yaitu, kecenderungan untuk mengevaluasi
pekerjaan seseorang secara negatif). Sebagian besar penelitian
tentang burnout telah difokuskan pada identifikasi pendahulu
dan hasil (Schaufeli & Buunk, 2004). Konselor yang mengalami
perasaan kelelahan yang sangat penting memberikan kualitas
yang berkurang layanan kepada klien mereka karena kelelahan
Burnout Konselor - 35