Page 26 - Public Service
P. 26

Perbedaan Layanan Publik dan Sektor Publik

                  Sejak  Tujuan  Pembangunan  Milenium  telah  dihentikan
            dan  diubah  menjadi  Tujuan  Pembangunan  Berkelanjutan,  ini
            adalah  awal  baru  bagi  reformasi  kesehatan  Indonesia,
            memberikan  pelayanan  bagi  seluruh  rakyat  Indonesia,  melalui
            kerjasama  antara  pasien,  dokter,  dan  paramedis  lainnya.
            Membedakan  antara  'layanan  publik',  'sektor  publik',  dan
            'organisasi publik', meskipun sulit untuk mendefinisikan istilah-
            istilah  ini  secara  tepat.  Layanan  publik  merupakaan  layanan
            yang  disediakan  untuk  sejumlah  besar  warga,  di  mana  ada
            potensi kegagalan pasar yang signifikan (secara luas ditafsirkan
            untuk  memasukkan  kesetaraan  dan  juga  efisiensi)  yang
            membenarkan  keterlibatan  pemerintah—baik  dalam  produksi,
            keuangan, atau peraturan.
                  Sektorpublik  terdiri  dari  kegiatan  ekonomi  dikendalikan
            oleh mengatur ment, banyak  yang pelayanan publik. Perhatian
            khusus adalah bahwa organisasi yang dikendalikan publik, tidak
            tunduk  pada  disiplin  pasar  yang  kompetitif,  mungkin
            kekurangan  insentif  untuk  mengendalikan  biaya  atau
            memberikan  kualitas  layanan  dan  menanggapi  kebutuhan
            konsumen.  Oleh  karena  itu,  peran  sektor  publik  baru-baru  ini
            menjadi bahan perdebatan: kegiatan mana yang harus dilakukan
            oleh  organisasi  sektor  publik  dan  peran  apa  yang  dimainkan
            sektor swasta dalam pemberian layanan publik? Masalah utama
            dengan  kerangka  apa  pun  untuk  memberikan  layanan  publik
            adalah bahwa mereka yang memberikan layanan dapat memiliki
            informasi  yang  jauh  lebih  baik  daripada  pemerintah.  Rumah
            Sakit sebagai salah satu Penyelenggara Pelayanan Publik adalah
            instansi pemerintah  yang terbagi ke  dalam  unit-unit  pelayanan
            yang  secara  langsung  memberikan  pelayanan  kepada
            masyarakat.  Ukuran  keberhasilan  pelayanan  akan  tergambar



                                                                        19
   21   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31