Page 214 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 214
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
27.
51). A N Y A T ( kuan galang ) = O N A R. 52). A E W A W (kuan galang) = B A L I T A.
1. A n y a t e w e i h? = O n a r s i a p a? 1. A e w a w e w e i h? = B a l i t a s i a p a?
2. A n y a t a k u e = O n a r s a y a ( Orang ke Satu ). 2. A e w a w a k u e = B a l i t a s a y a ( Orang ke Satu ).
3. A n y a t i k a w = O n a r k a m u ( Orang ke D u a ). 3. A e w a w i k a w = B a l i t a k a m u ( Orang ke D u a ).
4. A n y a t i y e = O n a r d i a ( Orang ke Tiga ). 4. A e w a w i y e = B a l i t a d i a ( Orang ke Tiga ).
Kuan galang mandinue xolakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue solaqan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.
1. Ati xaoloen pambusaw rahat ma’ampa anyat kanhung oloen aerre, akue maiete’i xabuaet, laluen! = 1. Aewaw rima’ah, anaquluh jeie pempah’ah bara ije-nyelo dalaes kanlime nyelo, quan akue! =
Ada seorang pemabuk sedang membuat onar kepada orang banyak, saya melihat sendiri, seriaus! Balita artinya kanak-kanak yang umurnya dari satu-tahun sampai kelima tahun, kata saya!
2. Bara ka’anyatan je in’ampa aewie pambusaw bangat marusiqan oloen beqe tuntan ikaw qeya? = 2. Buhein anaquluh pempah’ah bara ije nyelo dalaes lime nyelo inyewuet aewaw? ikaw barieseiq? =
Dari keonaran yang dibuat oleh pemabuk sangat merugikan orang lain dan kamu juga? Kenapa kanak-kanak umurnya dari satu tahun sampai lima tahun disebut balita? kamu bertanya?
3. Capat weie in’ruhuiqan oloen jeie busaw te’i, ueqae diyae ma’ampa anyat tinai, baqaqa’i quan i y e 3. Caehahan, jeie qinjap in’ataqan, saqilaw uron aewaw weie tuntang bangat qamue, quan i y e! =
Cepat saja diamankan orang yang mabuk itu, supaya tidak membuat onar lagi, begitu kata d i a. Ungkapan, yang sering diucapkan, seperti anak balita saja dan sangat manja, kata d i a!
4. Dalaes andaw tueh saraju ma’ampaqan anyat, jeie bar’anggong-tumbah aba-umay, quan akue! = 4. Dalaes tueieuh uron aewaw te’i, intameqan qanhuang panjajaran uron empah dini, quan akue! =
Sampai hari ini selalu membuat onar, yang bertanggung-jawab ayah-mamah, kata saya! Sampai sekarang anak balita itu, dimasukan kedalam pendidikan anak usia dini, kata saya!
5. Eweih oloen jeie ma’ampaqan anyat in’qramen dangdut malem endaw? quan ikaw bar’ieseiq?= 5. Eweih apang tuntang indang mam’aeyu’i uron aewaw? panjajaran’ah xaqilaw ein, ikaw barieseiq?
Siapa orang yang membuatkan onar dimusik dangdut malam tadi? kata kamu bertanya? = Siapa bapak dan nyonya mempunyai anak balita? pendidikannya seperti apa, kamu bertanya?
6. Fuetuean iexaeng ka’anyatan atonam xaqilaw je inlaqanihkan aewie uron tabela tue-2 quan i y e 6. Fuetuean iexaeng uron aewaw te’i xa’andaw-2ah bayae andue baruxiq-ruxiq weie, quan i y e? =
= Gambaran tentang keonaran adalah seperti yang dilakukan oleh anak remaja laki-2 kaya d i a! Gambaran tentang anak balita itu sehari-harinya hanya untuk bermain-main saja, kata d i a?
7. Ganaen akue ma’ampa ka’anyatan, aba tuntang umay imqamuh aewie damang kampong! = 7. Girie akue amoen maeite’i xaqilaw ein ampi kabeluman uron-uron aewaw tue’ieuh! =
Karena saya membuat keonaran, ayah dan mamah didenda oleh damang kampung! Gemas saya kalau melihat seperti apa rupa kehidupan anak-anak balita sekarang!
8. Haranan ikaw manuqukan ka’anyatan inraweian ka’agamaan, mandinue kaweetan bara polisi! = 8. Haluewaei aewaw te’i aewie qatoekah iengqak bisa aewie bu’ah qaehiet, quan ikaw! =
Sebab kamu melakukan keonaran diundangan keagamaan, mendapat hukuman dari polisi! Telanjang balita itu oleh celananya dilepas basah oleh kena kencing, kata kamu!
9. Iejoer einqah ma’ampaqan oloen barxanian manuqukan ka’anyatan? quan i y e muelien ga’as? = 9. Inqatawahi aewie itah xauraes’ah amoen aewaw te’i je tawa bayae barusiqan weie, quan i y e! =
Faktor apakah membuatkan orang bersedia melakukan keonaran? kata d i a mungkin alkohol? Diketahui oleh kita semuanya kalau balita itu yang tau hanya bermain saja, kata d i a!
10. Juqjuqan saraju ati imnuqukan ientue ma’ampaqan ka’anyatan intiebengan rangan melaei akue? = 10. Jarajaq pangruhui inbantunggang bangat uxaeh andue uron aewaw, uekae eilhae jatu quan akue! =
Rongrongan selalu ada dilakukan dengan membuatkan keonaran dilingkungan tempat tinggal saya? Jeruji pengaman dipintu sangat perlu untuk anak balita, supaya jangan jatuh kata saya!
11. Kongkolan oloen-2 je ipen ma’ampaqan ka’anyatan ati weie inxajoqar itah xa’andaw-2 quan ikaw? 11. Kamas-ayang andue xaoloen aewaw te’i bangat in’uxaehqan, ganaen ingulo’i laeluewa quan ikaw!
= Komplotan orang-2 yang suka membuatkan keonaran ada saja disekitar kita se’hari-2 kata kamu? = Juru-asuh untuk seorang balita itu sangat diperlukan, karena diawasi langsung kata kamu!
12. Laluewae weie kongqolan ewein manuqukan nutue anyat andue mandinueqan duit, quan i y e! = 12. Loyaw pa’ayang aewaw te’i eilhae aqat xasinde, aewie bangat bahiya baqaqa’i quan i y e? =
Langsung saja komplotan mereka melakukan aksi onar untuk mendapatkan uang, kata d i a! Lengah pengasuh balita itu jangan sama sekali, oleh sangat bahaya begitu kata d i a?
13. Maraeq anyat’ah kongkolan ewein inbabarqan aewie pamarentah bara andaw male quan akue! = 13. Manxengok uron-aewaw tatejaen je rahaet haban aewie parungkit haban-badaha-dengu quan akue!
Saking onarnya komplotan mereka dibubarkan oleh pemerintah dari hari kemaren kata saya! = Melayat anak-balita tetangga yang sedang sakit oleh penyakit demam berdarah dengu kata saya!
14. Nahaef zendaqan pamarentah riqaes mambabasqan kongqolan je ipen bar’anyat, quan ikaw != 14. Nyampur aewie ikaw anum xuxu te’i andue uron aewaw hung xaining hanjewu andaw! =
Mantap tindakan pemerintah segera membubarkan komplotan yg suka ber’onar, kata kamu! Seduh oleh kamu air susu itu untuk anak balita pada setiap pagi hari!
15. Ongoh’ah xareah baqaqa’i, paejue pa’ampa anyat jadie imbabarqan aewie pamarentah, quan i y e! 15. Odaftasi aewie uron-aewaw tarharep tiebengan tuntang paruxiqan ewein xa’andaw-2 quan i y e! =
= Buktinya memang begitu, kelompok pembuat onar sudah dibubarkan oleh pemerintah, kata d i a! Adabtasi oleh anak-balita terhadap lingkungan dan permainan mereka se’hari-2 kata d i a!
16. Payiet oloen-2 je ipen ma’ampaqan anyat te’i qan’panti-2 xoqial aieng pamarentah, quan akue ! = 16. Primeles akue maeite’i uron-uron aewaw jeie diyae olih mandinue panjajaran empah dini ! =
Kirim orang yang suka membuatkan onar ke’panti-2 sosial milik pemerintah, kata saya! Prihatin saya melihat anak-anak balita yang tidak bisa mendapat pendidikan usia dini!
17. Qro-qoqron kongkolan oloen-2 ipen ma’ampaqan anyat intiebengan mapairaqaet, quan ikaw? = 17. Qaum indu bangat deruh maharagura uron-uron aewaw ganaen rahaet lawuh-2’ah quan ikaw! =
Pro-kontra komplotan orang-2 suka membuatkan onar dilingkungan masyarakat, kata kamu? Kaum ibu sangat sibuk memelihara anak-anak balita karena sedang aktif-2nya kata kamu!
18. Rixae angat’ah amoen itah belum inbentuk-2 oloen jeie ipen ma’ampaqan anyat quan i y e? = 18. Riyuh-2 uron aewaw rahaet baruxiq-2 inparantaran humae-betang damang kampong quan i y e ! =
Asing rasanya kalau kita hidup ditengah-2 orang yang suka membuatkan onar kata d i a? Ramai-2 anak balita sedang ber’main-2 dihalaman rumah-betang damang kampung kata d i a!
19. Satoro ka’anyatan te’i atonam ma’ampiqan bahuwa bara tiebengan mapairaqaet xabuat quan akue! 19. Sauras aba-umay, ewein mang’ahumi qilenqueh angat’ah je maharagura uron-aewaw quan akue!=
= Segala keonaran itu adalah merupakan produk dari lingkungan masyarakat sendiri kata saya! Semua ayah-mamah, mereka mengalami bagaimana rasanya yg memelihata anak balita kata saya!
20. Towaes calatiwae tahie iexaeng ka’anyatan intiebengan mapairaeqat xajoqar, eilhae ikaw lhe! = 20. Tue’ieuh xauraes faxibirif andue panjajaran uron aewaw tarxanian, intih queh inmipenqan ikaw? =
Ungkit peristiwa lama tentang keonaran dilingkungan masyarakat sekitar, jangan kamu sobat! Sekarang semua fasilitas untuk pendidikan anak balita tersedia, pilih mana diinginkan kamu?
21. Uhxiaxiep eweih andue mamangun humae-ronda, andue mantapaesqan ka’anyatan intiebengan 21. Uxieaxiep-2 andue manxanianqan fasibirif panjajaran andue uron aewaw, i y e gatang wowaet!=
mapairaeqat quan i y e! = Inisiatip siapa untuk membangun rumah-ronda, untuk mengurangi Inisiatif-2 untuk menyediakan fasilitas pendidikan untuk anak balita, d i a angkat hormat!
keonaran dilingkungan masyarakat kata d i a! 22. Vaurta aerre menengaqan sawaf huang panjajaran andue uron-aewaw in’indonesia quan akue! =
22. Vamaerije bangat in’uxaehqan inhuang mapairaeqat, andue mamtapaesi ceceran ka’anyatan jeie Swasta banyak memberikan andil dalam pendidikan untuk anak-balita di’indonesia kata saya!
diyae uxaeh quan akue! = Pemersatu sangat diperlukan didalam masyarakat, untuk mengurangi 23. Wojaq peyae’kah in’indonesia panjajaran andue uron eawaw jadie inggatang? ikaw barieseiq? =
gesekan keonaran yang tidak perlu kata saya! Sejak kapankah di’indonesia pendidikan untuk anak balita sudah diangkat? kamu bertanya?
23. Wowaet ikaw kanhung oloen je olih manenga panarangsi ujun pa’ampa ka’anyatan xatahie tueh!= 24. Xeang grejet huang xaining nyelo matinjuqkan ka’daian xarana tuntang praxarana panjajaran an-
Hormat kamu kepada orang yang bisa memberi sosialisasi atas pembuat keonaran selama ini! due uron aewaw, quan i y e! = Angka grafik dalam setiap tahun menunjukan kenaikan sarana dan
24. Xeang ka’anyatan nyelo tueh manjadie muhun, ujun gawie-akat xauraes oqimin mapairaeqat i y e? prasarana pendidikan untuk anak balita, kata d i a!
Angka keonaran tahun ini menjadi turun, atas kerja-sama semua elemen masyarakat d i a? 25. Yuluq-buru’a olih in’iete’i bara xauraes uron aewaw mandinue panjajaran je iegaes, quan akue! =
25. Yoeqrakan pagawiean andue ma’ambeit oloen-2 pa’ampaq ka’anyatan magun aerre, quan akue! = Tolok ukur bisa dilihat dari semua anak balita mendapat pendidikan yang normal, kata saya!
Tunggakan pekerjaan untuk merengkuh orang-2 pembuat keonaran masih banyak, kata saya! 26. Zobiqatitas xauraes helae, andue panjajaran uron aewaw olih tarnuqukan ientue halaf, quan ikaw!
26. Zarmonie uxaeh injaga huang tiebengan mapairaeqat, indok ka’anyatan diyae tarjarie quan ikaw! = = Solidaritas semua pihak, untuk pendidikan anak balita bisa terlaksanakan dgn baik, kata kamu!
Harmonis perlu dijaga dalam lingkungan masyarakat, agar keonaran tidak terjadi kata kamu! ( ite paju 275).
( ite paju 4 ).