Page 216 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 216
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
29.
55). A I E M ( kuan galang ) = P R I B A D I. 56). A I N ( kuan galang ) = H A K.
1. A i e m e w e h? = P r i b a d i s i a p a? 1. A i n e w e h? = H a k s i a p a?
2. A i e m a k u e = P r i b a d i saya ( Orang ke S a t u ). 2. A i n a k u e = H a k saya ( Orang ke S a t u ).
3. A i e m i k a w = P r i b a d i kamu ( Orang ke D u a ). 3. A i n i k a w = H a k kamu ( Orang ke D u a ).
4. A i e m i y e = P r i b a d i d i a ( Orang ke T i g a ). 4. A i n i y e = H a k d i a ( Orang ke t i g a ).
Kuan galang mandinu xolakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran. Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.
1. Ati xatatus aewang aieng-aiem oloen beqe haeis itah regha’i, baqaqa’i manumuen pandinue akue! = 1. Axaxi uron tue-2 nalaew ma’aeyhue’i ain jeie haeie inhuang cuqu Dayak-Ngaju, quan akue? =
Ada setatus barang milik-pribadi orang lain harus kita hargai, begitu manurut pendapat saya! Azasi anak laki-2 tunggal mempunyai hak yang besar didalam suku Dayak-Ngaju, kata saya?
2. Brasih in’aiengi aewie qapriaieman oloen-2 jeie baryadlaq-arueng, baqaqa’i manumuen ikaw? = 2. Bara axaxi uron nyai bawie Dayak-Ngaju ma’aeyhue’i ain aqat haeie qeya, quan ikaw? =
Kudus dimiliki oleh kepribadian orang-2 yang berahlak-mulia, begitu menurut kamu? Dari azasi anak-tunggal perempuan Dayak-Ngaju mempunyai hak sama besar juga, kata kamu?
3. Catetan aieng-aiem te’i manjari hual je bangat friyang xasinde tuntang itah mangreghai, quan i y e! 3. Catetan iesaeng ain aiem andue zatrat petak intetepqan mahapae xartinampin, baqaqa’i quan i y e!=
Catatan milik-pribadi itu menjadi hal yang sangat privasi sekali dan kita menghargai, quan d i a! Catatan tentang hak milik untuk lahan tanah ditetapkan memakai sertifikat, begitu kata d i a!
4. Dalaes tueieuh humae manjari aieng-aiem ganaen hatangan jadie punah bula’e tueh, quan akue! = 4. Dalaes tueieuh maguen barjowang andue mandinue ain wahas inbauen panghaniean, quan akue? =
Sampai sekarang rumah menjadi milik-pribadi karena kredit sudah lunas bulan i n i, kata saya! Sampai sekarang masih berjuang untuk mendapat hak waris didepan pengadilan, kata saya?
5. Einkah ati pamanderan qeton bar’ranae aiem? amoen xaqilaw te’i ikaw halaewi buhaw helu! = 5. Eweih jeie bangat tanggar andue mandinueqan ain-wahas? tangqan uronah jeie itong, quan ikaw? =
Apakah ada pembicaraan anda bersifat pribadi? kalau seperti itu kamu permisi pergi dulu! Siapa yang sangat tepat untuk mendapatkan hak-waris? tentu anaknya yang utama, kata kamu?
6. Fuetuean iesaeng ka’aieman’ah bangat manhanjaqkan andue pargasaan andaw-2 quan i y e? = 6. Freiq, amoen jatun-ti guris qaturonan andue mandinueqan ain-wahas, quan i y e xaqilaw te’i? =
Gambaran tentang kepribadiannya sangat menyenangkan untuk pergaulan hari-2 kata d i a? Afkir, kalau tidak-ada garis keturunan untuk mendapatkan hak-waris, kata d i a seperti itu?
7. Ganaen oloen te’i barqa’aieman galap, pargasaan handaw faut ientue malemah, quan akue! = 7. Ganaen ain-hawas ati huruieah qaturoen akue, jari diyae olih injarhue’i baqaqa’i panutoran’ah! =
Karena orang itu berkepribadian ganda, pergaulan siang beda dengan malamnya, kata saya! Karena hak-waris ada silsilahnya keluarga saya, jadi tidak bisa dibohongi begitu penjelasannya!
8. Haes’ah aewang te’i manjari aieng-aiem ikaw, buhein tarluwah andue manduan qadarisaen? = 8. Haes, aewie oloen je bar’ain andue mandinueqan buanan xasangga ientue waonderdasi bara ikaw?=
Harusnya barang itu menjadi milik-pribadi kamu, kenapa terlambat untuk mengambil keputusan? Harus, oleh orang yang berhak untuk mendapatkan bagian sesuai dengan rekomendasi dari kamu?
9. Ientue ka’aieman yusang bayae i y e xaoloen jeie ati inhuang qawanitas xaqilaw te’i! = 9. Ietuen ain jeie in’aiengi tagael andue hual tartangqan weie diyae andue xauraes, baqaqa’i quan i y e
Dengan kepribadian unik hanya d i a seorang yang ada didalam komunitas seperti itu! Dengan hak yang miliki tetapi untuk hal tertentu saja tidak untuk semua, begitu kata d i a.
10. Jatun ati jeie bar’ranae aiem andue tueieuh quan akue qanhung qawal-2 inhuang qawanitaes! = 10. Joiwet jeie qinjaf mabeyang baliqutie andue mandinuqan ain? ilap-xaquhue, manumun quan akue!
Tidak ada yang bersifat pribadi untuk sekarang kata saya kepada teman-2 didalam komunitas! = Motif yang sering melatar belakangi untuk mendapatkan hak? tipu-serakah, menurut kata saya!
11. Kalulie qareh lius tariete’i ka’aieman oloen jeie rawe panataw, eintai weie panaeah quan ikaw? = 11. Kiejierung inqiyahi atawa diyae ain oloen beqe xaraju mipen induaen aewie oloen beqe quan ikaw?
Kembali nanti akan terlihat kepribadian orang yang gila harta, tunggu saja waktunya kata kamu? Cenderung disadari atau tidak hak orang lain selalu ingin diambil oleh orang lain kata kamu?
12. Lagai-2 helu amoen axelahah bangat bar’ranae-aiem diyae xaum itah andue juhor, quan i y e?= 12. Lius inengakan xasangga qanhung oloen jeie bar’ain, baqa’i harimansi jeie i y e dinuqan male? =
Pikir-2 dulu kalau acaranya sangat bersifat-pribadi tidak etis kita untuk hadir, kata d i a? Akan diberikan sesuai kepada orang yang berhak, begitu informasi yang d i a daparkan kemaren?
13. Ma’ampa manjari aieng-aiem humae te’i bangat diyae muelien ganaen larang, quan akue! = 13. Mangumang ain-2 andue uron aewie ewein maguen hindai bartehu ujun aref-xabuaet quan akue! =
Membuat menjadi milik-pribadi rumah itu sangat tidak mungkin karena mahal, kata saya! Membahas hak-2 untuk anak oleh mereka masih belum berdaya atas diri-sendiri kata saya!
14. Natek-2 weie ranae’ah aiem amoen rahaet barmalayaen bara gawie, qaatianah xaqilaw quan ikaw!= 14. Ngahus weie amoen jatun-ati ain uron ujun zatrat tuntang humaepanglihiean aba-umay, quan ikaw?
Kadang-2 saja sifatnya pribadi kalau sedang beristirahat dari kerja, keadaannya seperti kata kamu! Sia-2 saja kalau tidak-ada hak anak atas lahan dan rumah peninggalan ayah-mamah, kata kamu?
15. Olihkah ikaw marega’i jeie bar’ranae aiem? te’i jeie i y e laqu bara bihin andue andaw male? = 15. Oloen te’i jeie bar’ain andue mawahasi xauraes panatau bara apang-indang ewein, quan i y e? =
Bisakah kamu menghargai yang bersifat pribadi? itu yang d i a minta sejak untuk hari kemaren? Orang itu yang berhak untuk mewarisi semua harta dari bapak-nyonya mereka, kata d i a?
16. Punae, epueq te’i aieng-aiem jeie bangat bareghae? ganaen haruen weie nihaw, quan akue? = 16. Paeqaet bara qaturoen jeie pangka bar’ain andue mandinue wahasan atonam uronah, quan akue? =
Yakin, dompet itu milik-pribadi yang sangat berharga? karena barusan saja hilang, kata saya? Mufakat dari keluarga yang paling berhak untuk mendapat warisan adalah anaknya, kata saya?
17. Qatae-2 ka’aieman oloen jeie diyae halaf andue intiring atonam manaqaw, baqaqa’i quan ikaw? = 17. Qancatet par’aguelan iesaeng ain-2 uron xaqilaw xidi-wahas xauraes panatau aba-umay, quan ikaw
Tanda-2 kepribadian orang yang tidak baik untuk dicontoh adalah mencuri, begitu kata kamu? = Notulen perjanjian tentang hak-2 anak sebagai ahli-waris semua harta ayah-mamah, kata kamu?
18. Rahas, aewie aewang aieng aiem imbiyae aewie oloen jeie diyae baranggong-tumbah, quan i y e? = 18. Rahas, aewie jatun ati mandinue buanan bara ain’ah, in’untut aewie i y e qanpanghaniean nagari! =
Kesal, oleh barang milik pribadi dirusak oleh orang yang tidak bertanggung-jawab, kata d i a? Kesal, oleh tidak ada mendapat bagian dari haknya, digugat oleh d i a kepengadilan negeri!
19. Saxelah aiem akue aekuer weie andue mambaetan, xaselah qanaixasie diyae tawa, quan akue? = 19. Saereh, akue jatun-ati mandinue ain ujun panatau jeie ieliehie aewie aba-umaey bara maliehie! =
Secara pribadi saya setuju saja untuk menyumbang, secara organisasi tidak tau, kata saya? Memang, saya tidak-ada mandinue hak atas harta yang ditinggal oleh ayah-mamah dari meninggal!
20. Tantiehue, xuewaet bangat aiem, itah diyae olih andue umba-ewhuie quan ikaw, bangat friyang! = 20. Tanggar, ikaw jeie uron-nalaw pangqa bar’ain ujun panatau bara aba-umaey qeton, uegal xasinde!=
Terlanjur, masalah sangat pribadi, kita tidak boleh untuk ikut-campur kata kamu, sangat privasi! Tepat, kamu yang anak-tunggal paling berhak atas harta dari ayah-mamah anda, cocok sekali!
21. Uraes’ah aewang-2 aieng aiem jeie impayiet andue andaw tueh, buheinqah i y e mamqutuek? = 21. Upaew, andue mandinue ain ujun panatau ganaen i y e barxatiar manilaef hiriftitas jeie diyae tulen!
Semuanya barang-2 milik pribadi yang dikirim untuk hari i n i, kenapakah d i a memprotes? = Gagal, untuk mendapat hak atas harta karena d i a berusaha menipu identitas yang tidak asli!
22. Vorskot bara akue aiem xaqilaw laluh pagawiean jeie lius inlaqanihkan nampara andaw male! = 22. Vokaw, akue jadie mandinuekan ain ujun panatau bara taliyaw aba-umaey bara panghaniean! =
Uang-muka dari saya pribadi sebagai upah pekerjaan yang akan dilaksanakan mulai hari kemaren! Resmi, saya sudah mendapatkan hak atas harta dari almarhum ayah-mamah dari pengadilan!
23. Wanang te’i aieng aiem eweih? tarqoak inpapuq heiylet humae bara andaw male quan ikaw? = 23. Waonderdasi bara qapolixian andue in’imbiet qanpanghaniean indoq ikaw olih mandinueqan ain! =
Sabuk itu milik pribadi siapa? tergantung dipaku dinding rumah dari hari kemaren kata kamu? Rekomendasi dari kepolisian untuk dibawa kepengadilan agar kamu bisa mendapatkan hak!
24. Xiexiek tuntang bangat aiem xasinde xatiar jeie i y e nuqukan andue mahaghae aewang-2ah! = 24. Xamandiai olen man’aeyu’i ain azaxi qalonen diyae tarjialoeh, cuhaqian pandinue bara i y e? =
Telaten dan sangat pribadi sekali usaha yang d i a lakukan untuk memelihara barang-2nya! Sekalian orang mempunyai hak asasi manusia tidak terkecuali, demikian pandapat dari d i a?
25. Yagaskan qa’aieman xaqilaw ein atiah tuntang diyae in’ampa-2 uehatuer, akue laqu xaqilaw te’i! = 25.Yagaskan iesaeng ain-2 uron andue mandinueqan panjajaran bihin qini, cuhaqian quan akue? =
Pulihkan kepribadian seperti apa adanya dan tidak di’buat-2 rekayasa, saya minta seperti itu! Pulihkan tentang hak-2 anak untuk mendapatkan pendidikan sejak dini, demikian kata saya?
26. Zohie iesaeng ka’aieman xasaoloen diyae olih lepah-2ah xaraju ati weie tutue? quan ikaw! = 26. Zetrap kanhung oloen-2 jeie diyae manenga ain-2 uron andue maumbaei panjajaran, quan ikaw? =
Rumpi tentang kepribadiann seseorang tidak bisa habis-2nya selalu ada saja betul? kata kamu! Sangsi kepada orang-2 yang tidak memberi hak-2 anak untuk mengikuti pendidikan, kata kamu?
( ite paju 6 ). ( ite paju 6 ).