Page 221 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 221

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   34.
        65). A J A N G ( kuan galang )            =  A Y O M.    66). A J A E R ( kuan galang )  =  L A T I H.
            1. A j a n g   eweh?                         =  A y o m   siapa?      1. A j a e r   ein?                     =  L a t i h  apa?
            2. Ajang andaw male                =  Ayom  hari kemaren                   ( Waktu  Lampau ).        2. A j a e r   a k u e                 =  L a t i h  s a y a                                                    ( Orang ke S a t u ).
            3. Ajang andaw tueh                 =  Ayom hari ini                            ( Waktu  Sekarang ).      3. A j a e r   i k a w                 =  L a t i h  k a m u                                                   ( Orang ke D u a  ).
            4. Ajang andaw jewue              =  Ayom hari besok                   ( Waktu akan Datang ).        4. A j a e r   i ‘ e                     =  L a t i h  d i a                                     ( Orang ke T i g a  ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahian.   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran .
       1.   Ati patongas pangajangan ewehqah ewhein te’i? bara andaw male qeton jadie tawaqah ewhein? =    1.   Ati oelon jeie ma’ajaerkan andue maampa jayi-jayo xajoah nyuratan ilmiah qanhung akue! =
             Ada petugas pengayoman siapakah mereka itu? dari hari kemaren anda sudah tahukah mereka?         Ada orang yang melatihkan untuk membuat visi-misi sebuah tulisan  ilmiah kepada saya!
       2.   Bara pamarentah manenga aerra qanaisasie pangajang andue panghaniean bihin andaw tueh, tawa?   2.   Bara bapire ajaeran jeie jadie inlaqanihkan qanhung ikaw, einqah jadie inmaqartie inthue halaf? =
             = Dari pemerintah memberi nama organisasi pengayom untuk pengadilan sejak hari i n i, tau?         Dari berapa latihan yang sudah dilaksanakan kepada kamu, apakah sudah dimengerti dengan baik?
       3.   Catetan iesang tongas pangajangan ati huang xaphae qanaisasie ewhen dalaes andaw jewue! =    3.   Capat i y e maqartie ganaen i’ajaerkan xelah maampaqan andue maiexe mahapae rumus, tutue? =
             Catatan tentang tugas pengayoman ada dalam sumpah organisasi mereka sampai hari besok!         Cepat dia mengerti karena dilatihkan cara membuatkan untuk menghitung memakai rumus, betul?
       4.   Dalaes tar’ajang’i inthue branai atonam manjari tongas ewhein bihin andaw male, te’i haeis! =    4.   Dalaes tue’ieuh magun weie i’ajaerkan, maeqhae jadie qinjap xinde intimbal-2 aewie akue! =
             Sampai terayomi dengan selesai adalah menjadi tugas mereka sejak hari kemaren, itu harus!         Sampai sekarang masih saja dilatihkan, padahal sudah sering kali diulang-2 oleh saya!
       5.   Eweih oloen’ah jeie barxanian andue  mangajang’i? o..o.. tangqan ati bihin andaw tueh, oqay? =    5.   Eweih salin jeie ma’ajaer andue ikaw? aera’ah atonam Fernand Dadie tagael qoloaw taliyauw! =
             Siapa orangnya yang bersedia untuk mengayomi? o..o.. tentu ada sejak hari i n i, oke?         Siapa guru yang melatih untuk kamu? namanya adalah Fernand Dadie tetapi beliaw almarhum!
       6.   Fuetuean iesang tongas pangajangan manjari anggong-tumbah bangat behat dalaes andaw jewue! =    6.   Fuetuen iesang bapire tahie ajaeran’ah tangqan diyae aqat tahieah, baqaqa’i quan i y e, ieyueh!=
             Gambaran tentang tugas pengayoman menjadi tanggung-jawab sangat berat sampai hari besok!         Gambaran tentang berapa lama latihannya tentu tidak sama lamanya, begitu kata d i a, sungguh!
       7.   Gaewing tongas pangajang purah mang’ataeqan tagael halie manuqukan’ah bihin andaw male! =   7.   Gaue, salin pa’ajaer andue pambaejaeran akue, einqah ati jeie patoet inthue qamipenan? =
             Praktek tugas pengayom mudah mengucapkan tetapi sulit melaksanakannya sejak hari kemaren!         Cari, guru pelatih untuk pembelajaran saya, apakah ada yang sesuai dengan keinginan?
       8.   Haes, oloen jeie lakue awaetan  i’ajang’i xasangga parxuwaetan asing-2 bara andaw tueh! =    8.   Haeis ati saoloen pa’ajaer jeie tutue xidi, einqah ikaw mamipenqan xaqilaw te’i, itah gauqan! =
             Harus, orang yang minta bantuan diayomi sesuai permasalahan masing-2 dari hari i n i!         Harus ada seorang pelatih yang betul ahli, apakah kamu menginginkan seperti itu, kita carikan!
       9.   Ierian’ah andue i’ajang’i atonam parxuwaetan jeie mandinue par’aqueran dalaes andaw jewue! =    9.   Ientue i’ajaerkan telu sinde huang ije-aehaed tangqan i y e capat andue maqartie dinue baejaer! =
             Acuannya untuk diayomi adalah permasalahan yang mendapat persetujuan sampai hari besok!         Dengan dilatihkan tiga kali dalam seminggu tentu d i a cepat untuk mengerti dapat belajar!
       10. Jatun-ati jeie maqu ma’ajang’i einqah parxuewatan’ah bara andaw male? ratai inturnie! =    10. Jatun-ati pa’ajaer’ah dumah andue andaw tueh patuet ienthue janjiew, akue ieyueh bangat mahawa!
             Tidak ada yang mau mengayomi apakah masalahnya dari hari kemaren? coba diperiksa!         Tidak ada pelatihnya datang untuk hari ini sesuai dengan jadwal, saya sungguh sangat kecewa!
       11. Kabaqas pang’ajangan bihin andaw tueh haes oloen jeie nambaqas, baqaqa’i pandinue oloen aerre!   11. Kaliwah te’i ma’ajaer andue rayo barlagai ilmiah baqaqa’i quan ikaw tutue xaqilaw te’i? =
             = Ketua pengayoman sejak hari i n i harus orang yang senior, begitu pendapat orang banyak!         Kuliah itu melatih untuk mode berpikir ilmiah begitu kata kamu betul seperti itu?
       12. Lakue pangajangan qanhung patongas jadie manjarie qahaesan xaining oloen dalaes andaw jewue =    12. Lius i’ajaerkan matematika ganaen vaq tueh bangat halie andue aere uron-2 pajajar, quan i y e! =
             Minta pengayoman kepada petugas sudah menjadi keharusan setiap oloen sampai hari besok.         Akan dilatihkan matematika karena vak ini sangat sulit untuk banyak anak-2 pelajar, kata d i a!
       13. Mangajangi manjari qawahaesan xaining patongas te’i barlaque bara andaw male, quan eweih? =    13. Ma’ajaerkan ienthue bar’timbal-2  indok ta’apiek, xacuhaqian pandinue akue tangqan bujur! =
             Mengayomi menjadi kewajiban setiap petugas itu berlaku dari hari kemaren, kata siapa?         Melatihkan dengan ber’ulang-2 agar terampil, demikian pendapat saya tentu benar!
       14. Nyanyaw, jatun-ati pangajangan bara patongas buhein? bihin andaw tueh harimansieah, ieyueh? =    14. Nguyang ganaen hindai in’ajaer tuntang halie xasinde andue manggawieqan, baqaqa’i quan ikaw?=
             Kacau, tidak ada pengayoman dari petugas kenapa? sejak hari i n i informasinya, sungguh?         Bingung karena belum dilatih dan sulit sekali untuk mengerjakan, begitu kata kamu?
       15. Ongko, te’i laque ati pangajangan andue xuewaet jeie inharepi dalaes qanhung andaw jewue! =    15. Olih in’ajaerkan tarbiyen belu indok ulih manjari vokaw, manumuen i y e quanah baqaqa’i! =
             Tokoh, itu minta ada pengayoman untuk masalah yang dihadapi sampai kepada hari besok!          Bisa dilatihkan terlebih dulu agar bisa menjadi vokus, menurut d i a katanya begitu!
       16. Pangajangan weet mam’uxaehqan qroxodor jeie haeis inquntepi bihin andaw male! =    16. Pa’ajaer-2 te’i tarbiyen helu qeya haeis mandinue pajajaran inpuxuq panjajaran, quan akue! =
             Pengayoman hukum memerlukan prosedur yang harus dipenuhi sejak hari kemaren!         Pe’latih-2 itu terlebih dulu juga harus mendapat pelatihan dipusat pendidikan, kata saya!
       17. Qaxaeq jatun-ati pangajangan jeie inengaqan, zaxus manjari i’xiyah bar’oxan bihin andaw tueh!                17. Qasaek tapas in’ajaer pagawiean’ah manjari diyae rentas tuntang tar’anggoh baqaqa’i quan ikaw! =
             Akibat tidak-ada pengayoman yang diberikan, kasus menjadi ilegal baelaku sejak hari i n i!         Akibat kurang dilatih pekerjaannya menjadi tidak lancar dan tertunda begitu kata kamu?
       18. Rowaet, andue patongas pangajang ujun royong jeie jadie ewhein nengaqan dalaes andaw jewue! =   18. Ratai, intimbal xaqilaw jeie jadie in’ajaerkan qanhung i y e xatahie mangumbai guguel! =
             Hormat, untuk petugas pengayom atas bakti yang sudah mereka berikan sampai hari besok!         Coba diulang seperti yang sudah dilatihkan kepada d i a selama mengikuti kursus!
       19. Saxinde pangajang, tetep pangajang xaqilaw te’i xaludan jeie inqapandaengkan andaw male! =   19. Saereh, tueueih rahaet i’ajaerkan qanhung uron-2 akue xa’aere due oloen, einqah qeton tawa? =
             Sekali pengayom tetap pengayom seperti itu selogan dikumandangkan hari kemaren!         Memang, sekarang sedang dilatihkan kepada anak-2 saya sebanyak dua orang, apakah anda tau?
       20. Tirueq bara xaoloen patongas pangajang uxaeh andue inpar’ateikan dalaes qanhung  andaw tueh!     20. Tuani ienthue titiep einqah jeie jadie tar’ajaerkan barqolih andue  ikaw laqanihqan? =
             = Saran dari seorang petugas pengayom perlu untuk diperhatikan sampai kepada hari i n i!         Amati dengan teliti apakah yang sudah terlatihkan berhasil untuk kamu laksanakan?
       21. Uxaeh satiar pangajangan andue mandinue qahaniean buan xaoloen qhahujaet dalaes andaw jewue!    21. Uraes jeie in’uxaehkan jadie in’ajaerkan xamboga weie i y e manjari qila tuntang themat! =
             = Perlu usaha pengayoman untuk mendapat keadilan bagi seorang saksi-hidup sampai hari besok!         Semua yang diperlukan sudah dilatihkan semoga saja d i a menjadi puas dan sukses!
       22. Vongah, oloen-2 pangajang haeis inmreksa ueqhae tarqamburiekan imnuqukan bihin andaw male!=      22. Varigas’ah haeis rigas andue maumbai pang’ajaeran te’i hoal itong, cuhaqian quan akue! =
             Pongah, orang-2 pengayom harus dikontrol supaya terkendali dilakukan sejak hari kemaren!         Staminanya harus sehat untuk mengikuti pelatihan itu hal utama, demikian kata saya!
       23. Waring-2 ka’pangajangan jadie in’atuh ienthu halaf tuntang tarqaordibari dalaes andaw tueh! =   23. Wetahkah ikaw i’ajaer aewie salin te’i? in’iexeiq aewie bapire qawal ienthue qatae-iexwiq haie! =
             Jaring-2 kepengayoman sudah diatur dengan baik dan terkoordinasi sampai hari i n i!         Betahkah kamu dilatih oleh guru itu? ditanya oleh beberapa teman dengan tanda-tanya besar?
       24. Xapaian ka’pangajangan aewie patongas uxaeh inqitaw endoeq dalaes qanhung andaw jewue! =   24. Xapaian kapakolihan bara pa’ajaeran jeie jadie intanjungi xatahie telu bulae, cuhaqian quan i y e! =
             Capaian kepengayoman oleh petugas perlu diacungi jempol sampai kepada hari besok!         Capaian keberhasilan dari pelatihan yang sudah dijalani selama tiga bulan, demikian kata d i a!
       25. Yarontas balijaean-2 pangajangan jadie imnuqukan bihin bara andaw male dalaes tueieh!=    25. Yonteng andaw-2 pa’ajaeran inboelaean indoq xaraju in’alai aewie akue ienthue dawat pen! =
             Berantas tengkulak-2 pengayoman sudah dilakukan sejak dari hari kemaren sampai sekarang         Conteng hari-2 pelatihan dikalender agar selalu diingat oleh saya dengan tinta pulpen!
       26. Zabot oloen-2 pangajang bara helo dalaes inthue tueieh tuntang qeya qanhung andaw tueh! =   26. Zetrap jeie diyae i’ajaer lius mandinue kapawanan, cuhaqian quan ikaw tutueqah?  =
             Debut orang2 pengayom dari dulu sampai dengan sekarang dan juga kepada hari i n i!         Sangsi yang tidak dilatih akan mendapat kegagalan, demikian kata kamu betulkah?
                                                                                          ( ite paju 222 ).                                                                                                                                              ( ite paju  20 ).
   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226