Page 224 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 224
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
37.
71). AJUEHARA ( kuan galang ) = BENDAHARA. 72). AJUEQKAN ( kuan galang ) = REVERENSI.
1. Ajuehara eweh? = Bendahara siapa? 1. Ajueqkaen ein? = Reverensi apa?
2. Ajuehara a k u e = Bendahara saya ( Orang ke S a t u ). 2. Ajueqkaen andaw male = Reverensi hari kemaren ( Waktu Lampau ).
3. Ajuehara i k a w = Bendahara kamu ( Orang ke D u a ). 3. Ajueqkaen andaw tueh = Reverensi hari ini ( Waktu Sekarang ).
4. Ajuehara i y e = Bendahara d i a ( Orang ke T i g a ). 4. Ajueqkaen andaw jewue = Reverensi hari besok ( Waktu akan Datang ).
Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran. Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran.
1. Axelah paduduesan inlaqanihqan, akue tueieuh atonam xaoloen ajuehara jeie voqaw inqantur! = 1. Ati ijhe ajueqkaen aera “Surat Barasih” mahapae Qutak Dayak Ngaju intuang Nyelo Xaquyan
Acara pelantikan dilaksanakan, saya sekarang adalah seorang bendahara yang resmi dikantor! Jalatien Ratus Lime Jowah Lime jadie ati andaw male = Ada satu reverensi nama “Surat Barasih”
2. Bara gawie ikaw jeie bangat vroqoewiael manxina ewoen manjari ajuehara, tutue cuhaqian? = memakai Bahasa Dayak Ngaju dicetak Tahun Seribu Sembilan Ratus Lima Puluh Lima sudah ada
Dari kerja kamu yang sangat profesional membina karir menjadi bendahara, betul demikian? hari kemaren!
3. Catetan saoloen ajuehara inhuang qitab qaduitan olih in’iete’i ienthue rinah, baqaqa’i quan i y e! = 2. Bara xaining ajueqkaen diyae aqat aewie ati ijhe ajueqkaen manjapae, jeie akue hapae andaw tueh=
Catatan seorang bendahara didalam buku keuangan bisa dilihat dengan nyata, begitu kata d i a! Dari setiap reverensi tidak sama oleh ada satu reverensi mencipta, yang saya pakai hari i n i.
4. Dalaes tue’ieuh magun manjapbe japbean ajuehara, tarinaeh maguen wetah cuhaqian quan akue! = 3. Catetan-2 bara saining qitab ajueqkaen mandahang yazanae par’ajuehara’an andue andaw jewue! =
Sampai sekarang masih menjabat jabatan bendahara, ternyata masih betah demikian kata saya! Catatan-2 dari setiap buku reverensi menambah kasanah perbendaharaan untuk hari besok!
5. Eweih oloenah jeie manjapbe ajuehara tue’ieuh, einqah maguen ikaw? entus gawie jeie andal! = 4. Dalaes bapire seyaen qitab ajueqkaen? jeie tarcatet ati lime kitab dalaes qanhung andaw male! =
Siapa orangnya yang menjabat bendahara sekarang, apakah masih kamu? etos kerja yang hebat! Sampai berapa jumlah buku reverensi? yang tercatat ada lima kitab sampai kepada hari kemaren!
6. Fuetuean pagawian saoloen ajuehara uxaeh qatitiepan ganaen aere xeaen cuhaqian quan i y e! = 5. Eweih aera oloen jeie manggau qitab ajueqkaen? pagawiean jeie halie andue andaw tueh! =
Gambaran pekerjaan seorang bendahara perlu ketelitian karena banyak angka demikian kata d i a! Siapa nama orang yang mencari buku reverensi? pekerjaan yang sulit untuk hari i n i!
7. Gere-2 jatun-ati ajuehara uruesan qaduitan manjari tarpancat dalaes tueieuh quan akue! = 6. Freiqlah, amoen jatun-ati ajueqkaen andue manyurat xaeleh qariya ilmiah dalaes andaw jewue! =
Gara-2 tidak ada bendahara urusan keuangan manjadi terhambat sampai sekarang kata saya! Afkirlah, kalau tidak ada reverensi untuk menulis suatu karya ilmiah sampai hari besok?
8. Haeis’ah ajuehara ati inrangan andue bagawie malaqanihkan tongas xa’andaw quan ikaw?= 7. Gagaelan bara ajueqkaen diyae itah qinyahi mambangah pangatawaen bihin andaw male! =
Harusnya bendahara ada ditempat untuk bekerja melaksanakan tugas se’hari-2 kata kamu? Bimbingan dari reverensi tidak kita sadari membuka pengetahuan sejak hari kemaren!
9. Ingkesan duit saoloen ajuehara dinue andue xandaan belum inandaw baqas quan i y e, tutue? = 8. Haeis ati ajueqkaen einqah te’i bara qitab, aleam atawa inthue manjapae nampara andaw tueh! =
Tabungan uang seorang bendahara dapat untuk jaminan hidup dihari tua kata d i a, betul? Harus ada reverensi apakah itu dari kitab, alam atau dengan mencipta mulai hari i n i!
10. Jajaer’an andue saoloen growian ajuehara haeis iamaelan diyae olih ati qatiwasan quan akue! = 9. Intih ajueqkaen jeie in’uxaehqan weie indoq diyae maampaqan qahaliean andue andaw jewue! =
Didikan untuk seorang profesi bendahara harus disiplin tidak bisa ada kesalahan kata saya! Pilih reverensi yang diperlukan saja agar tidak membuatkan kesulitan untuk hari besok!
11. Kajelengikosi ientue ajuehara huang malaqanihkan tongas haeis inmangun indoq halaf quan ikaw= 10. Jahaei-2 ati qitab andue ajueqkaen jeie injaja aewie akue jadie manggau bara andaw male. =
Komunikasi dengan bendahara dalam melaksanakan tugas harus dibangun agar baik kata kamu. Jarang-2 ada buku untuk reverensi yang dijual oleh saya sudah mencari dari hari kemaren.
12. Lanieng andue jaebean saoloen ajuehara atonam pangatawan tuntang teiteiq, cuhaqian quan i y e! = 11. Kareaf qitab ajueqkaen haeis in’ampakan tarbiyen helu xahindai inggau andue andaw tueh. =
Seleksi untuk jabatan seorang bendahara adalah pengetahuan dan kepercayaan, demikian kata dia! Daftar buku reverensi harus dibuatkan terlebih dulu sebelum dicari untuk hari i n i.
13. Mantukisi pagawian ajuehara aewie unjunan’ah haeis inlaqanihkan xaining panae quan akue! = 12. Lagai-2 helu andue manggau qitab ajueqkaen jeie biyen aere, ganaen duit tartiqas andaw jewue. =
Mengqoreksi pekerjaan bendahara oleh atasannya harus dilaksanakan setiap waktu kata saya! Pikir-2 dulu untuk mencari buku reverensi yang lebih banyak, karena uang terbatas hari besok!
14. Nampalaq ientue ajuehara andue xuewaet qaduitan ueqhae manjari nutor, baqaqa’i quan ikaw = 13. Maemael, haes ati ajueqkaen andue manyurat qariya ilmiah xaqilen parupiengan andaw male! =
Konfrontir dengan bendahara untuk masalah keuangan supaya menjadi jelas, begitu kata kamu. Minimal, harus ada reverensi untuk menulis karrya ilmiah sebagai perbandingan hari kemaren!
15. Olihkah bapander xanjulu ientue ajuehara? ganaen ati xuewaet xanihae, cuhaqian quan i y e! = 14. Natek-2 halie manggau ajueqkaen ein tinai inlewu qabupaten xaqilaw tarjari andaw tueh! =
Bisakah berbicara sebentar dengan bendahara? karena ada masalah sedikit, demikian kata d i a! Kadang-2 sulit mencari reverensi apa lagi dikota kabupaten seperti terjadi hari i n i!
16. Panglehanan taharep ajuehara atonam inyewuet panglehanan maleket ujunan, quan akue! = 15. Oloen te’i kahaliean qeya andue manggau qitab ajueqkaen, dalaesqah qanhung andaw jewue! =
Pengawasan terhadap bendahara adalah disebut pengawasan melekat atasan, kata saya! Orang itu kesulitan juga untuk mencari buku reverensi, sampaikah kepada hari besok!
17. Qoaentas pagawian xaoloen ajuehara haeis tutue, brasih, tanggar, capat, cuhaqian quan ikaw? = 16. Pandahangan qitab ajueqkaen bapire joah bangat in’uxaehqan bihin andaw male! =
Kualitas pekerjaan seorang bendahara harus betul, bersih, tepat, cepat, demikian kata kamu? Penambahan buku reverensi berapa buah sangat diperlukan sejak hari kemaren!
18. Ruahasie aewie saoloen ajuehara haeis inlaqanihkan indoq diyae tiwas, baqaqa’i quan i y e! = 17. Qasaek katapasan ajaueqkaen manyurat qariya ilmian manjari tarpancat bara andaw tueh! =
Antisipasi oleh seorang bendahara harus dilakukan agar tidak salah, begitu kata d i a! Akibat kekurangan reverensi menulis karya ilmiah menjadi terhambat dari hari i n i!
19. Sartinampin saoloen ajuehara tangqan manjari xandaan andue pagawiean’ah, manumuen akue! = 18. Raongih bara katapasan ajueqkaen ma’ampaqan tarxaebal xajoah nyuratan andue andaw jewue! =
Sertifikat seorang bendahara tentu menjadi jaminan untuk pekerjaannya, menurut saya! Reaksi dari kekurangan reverensi membuatkan terkensel sebuah tulisan untuk hari besok!
20. Tataemme ajuehara jeie halaf mandinue pangregaan nyelo tueh, einqah in’uxaehqan quan ikaw? = 19. Satoro kauxaehan ajueqkaen diyae mulien dinue inpenu’i amoen jatun-ati inggau andaw male! =
Termasuk bendahara yang baik mendapat penghargaan tahun ini, apakah diperlukan kata kamu? Segala keperluan reverensi tidak mungkin dapat dipenuhi kalau tidak ada dicari hari kemaren!
21. Upaew andue manjari xaoloen ajuehara aewie miat’ah diyae mipen mantarima parentah, quan i y e. 20. Taeme inhuang kareaf ajueqkaen tagael qankueh itah manggau qitab-2 te’i bara andaw tueh? =
= Gagal untuk menjadi seorang bendahara oleh kiatnya tidak ingin menerima perintah, kata d i a! Masuk didalam daftar reverensi tetapi kemana kita mencari buku-2 itu dari hari i n i!
22. Voengah langkas-osan saoloen ajuehara ganaen mangqeme in’itongqan, baqaqa’i quan akue! = 21. Uegu, einkah olih injadian ajueqkaen, xauraes obiyeq olih injadian andue ajueqkan andaw jewue!=
Pongah tingkah-laku seorang bendahara karena merasa diutamakan, begitu kata saya! Ragu, apakah bisa dijadikan reverensi, semua objek bisa dijadikan untuk reverensi hari besok!
23. Wetahkan ikaw bagawie xaqilen saoloen ajuehara? tumbahah tangqan ganaen hanjaq? = 22. Vranyip ajueqkaen tapenu’i xaqilen parupieng tuntang jadoran andue nyuratan qitab andaw male! =
Betahkah kamu bekerja sebagai seorang bendahara? jawabnya tentu karena senang? Prinsip reverensi terpenuhi sebagai pembanding dan saduran untuk tulisan buku hari kemaren!
24. Xhaqialkah pagawian saoloen ajuehara? tutue amoen tukey, profesional, baqaqa’i quan i y e! = 23. Wabari pa’sinta-2 qitab ajueqkaen bangat man’awaet andue qarentasan panyuratan andaw tueh!=
Spesialkah pekerjaan seorang bendahara? betul kalau rajin, vroqoewiael, begitu kata d i a! Donasi pecinta-2 buku reverensi sangat membantu untuk kelancaran penulisan hari i n i!
25. Yarontas suguk kanhung ajuehara einqah qeton aequer? pandinue akue baqaqa’i qanhung oloen! = 24. Xuewaet katapasan ajueqkaen tajari dalaes tue’ieuh tuntang darus tarjari dalaes andaw jewue! =
Berantas sogok kepada bendahara apakah anda setuju? pendapat saya begitu kepada orang! Masalah kekurangan reverensi terjadi sampai sekarang.dan terus terjadi sampai hari besok!
26. Zabot parlisangan ewoen saoloen ajuehara aqat weie ienthue pagawai jeie beqe quan ikaw? = 25. Ye, kilawkueh maujun’i katapasan ajueqkaen? atiqah jeie olih manenga panqieroeq andaw male? =
Debut perjalanan karir seorang bendahara sama saja dengan pegawai yang lain kata saya! Ya, bagaimana mengatasi kekurangan reverensi? adakah yang bisa memberi pendapat hari kemaren
( ite paju 242 ). 26. Zohie ka’atian kahelaetan ajueqkaen te’i diyae lius lepas-2ah, haeis ati xatiar andue andaw tueh! =
Rumpi keadaan keterbatasan reverensi itu tidak akan habis-2nya, harus ada usaha untuk hari i n i!
( ite paju 246 ).