Page 247 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 247

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   60.
         117). A  M  E  H    ( kuan galang )             =   A  N  E  H.   118). A I M E N – A I M E N   ( kuan galang )   = S I P U – S I P U.
              1. A  m  e  h    ein?                             =   A n e h    apa?         1. A i m e n -2   eweh?                                  =  Sipu-sipu  siapa?
              2. A  m  e  h    a k u e                         =   A n e h    saya                           ( Orang ke S a t u ).         2. Aimen-2  a k u e                                       =  Sipu-2 saya                           ( Orang ke S a t u ).
              3. A  m  e  h    i k a w                         =   A n e h    kamu                        ( Orang ke D  u  a  ).         3. Aimen-2  i k a w                                       =  Sipu-2 kamu                        ( Orang ke D  u  a  ).
              4. A  m  e  h    i y e                             =   A n e h    d i a                           ( Orang ke T i g a  ).          4. Aimen-2  i y e                                           =  Sipu-2 d  i  a                         ( Orang ke T i g a  ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian      =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Ati jeie ameh ientue langqas-oxan oloen te’i, ratai inparbowahqan panqieroeiq bara akue! =     1.   Ati saoloen alueh jeie rahat munduq tarxuntup tar’aimen-2 ganaen hamen, baqaqa’i akue maiete’i =
             Ada yang aneh dengan tingkah-laku orang itu, coba diperhatikan pendapat dari saya!         Ada seorang gadis yang sedang duduk tertunduk ter-sipu-2 karena malu, begitu saya melihat.
       2.   Bara qa’amehan jeie inpar’ieteiqan’ah, oloen manenga papontenan amoen ikaw jadie rawe? =       2.   Bara qata’aimenan xaoloen alueh qamixi-2an pepeah ganaen uenyue aewie qawal-2ah quan ikaw.
             Dari keanehan yang diperlihatkannya, orang memberi penilaian kalau kamu sudah gila?           = Dari ketersipuan seorang gadis ke’merah-2an pipinya karena jengah oleh teman-2nya kata kamu.
       3.   Catetan-2 iesang qa’amehan langqas-oxan dinue in’azae bara qitab qurik aieng bue, quan i y e? =   3.   Caehahan bara qatar’aimenan xaoloen alueh dinue in’iete’i ientue nutor langqasah quan i y e? =
             Catatan-2 tentang keanehan tingkah-laku dapat dibaca dari buku kecil milik kakek, kata d i a?         Ungkapan dari ketersipuan seorang gadis dapat dilihat dengan jelas tingkahnya kata d i a?
       4.   Dalaes tueieuh jeie ameh-2 qeya ati bara langqas-oxan oloen puxang, baqaqa’i pamantar akue! =   4.   Dalaes tarxuntup tar’aimen-2 xialueh aewie ganaen hamen intaharef oloen aere quan akue! =
             Sampai sekarang yang aneh-2 juga ada dari tingkah-laku orang stres, begitu komentar saya!         Sampai tertunduk ter-sipu-2 sigadis oleh karena malu dihadapan orang banyak kata saya!
       5.   Einkah ati xaeleh jeie ameh hung metuh tueieuh jadie tarjarie, ikaw maieseiq qanhung eweih? =   5.   Ein jeie in’angatqan xialueh amoen rahaet ta’aimen-2 hamen quan ikaw maieseiqan enaeih? =
             Apakah ada sesuatu yang aneh pada saat sekarang sudah terjadi, kamu bertanya kepada siapa?         Apa yang  dirasakan sigadis kalau sedang ter-sipu-2 malu kata kamu menanyakan barusan?
       6.   Fuetuean iesang xaeleh qa’amehan jeie diyae bahut jadie tarjarie haruen weie, baqaqa’i quan i y e =    6.   Fuetuean iesang tar’aimen-2ah xaolon alueh xaambil mamangqit biwihah, baqaqa’i quan i y e? =
             Gambaran tentang suatu keanehan yang tidak biasa sudah terjadi barusan saja, begitu kata d i a.         Gambaran tentang ter-sipu-2nya seorang gadis sambil menggigit bibirnya, begitu kata d i a?
       7.   Gere-2 ati langqas-oxan jeie ameh manjari xauras itah deruh manleingeni’ah, baqaqa’i quan akue?=    7.   Girie tutue akue ma’iete’i xaoloen alueh munduq tar’aimen-2 hamen inxilae umaey’ah enaeih! =
             Gara-2 ada tingkah-laku yang aneh menjadi semua kita sibuk menanganinya, begitu kata saya?         Gemas betul saya melihat seorang gadis duduk ter-sipu-2 malu disebelah mamahnya barusan!
       8.   Heteasie jeie in’harep’i tutue ameh tuntang diyae iegaes, baqaqa’i penqieroeiq bara ikaw enaeih? =   8.   Haranan xialoeh tar’aimen hamen aewie in’ieseiqan iesang qaqasieah inbentuq oloen quan ikaw? =
             Situasi yang dihadapi betul-2 aneh dan tidak normal, begitu pendapat dari kamu barusan?         Sebab sigadis tersipu malu oleh ditanyakan tentang kekasihnya ditengah orang kata kamu?
       9.   Ipen atawa diyae ientue ranae jeie ameh-2 xaraju ati aewie manjari buanan bara oloen quan i y e? =   9.   Istewut’ah tar’aimen-2 hamen qinjap intintuqan qanhung xaoloen alueh, tutueqah quan i y e? =
             Suka atau tidak dengan sifat yang aneh-2 selalu ada oleh menjadi bagian dari orang kata d i a?         Istilahnya ter-sipu-2 malu sering ditujukan kepada seorang gadis, betulkah kata d i a?
       10. Jahaei-2 amoen ati ranae oloen jeie ameh-2 diyae barimae bahuwa jatun-ati, baqaqa’i quan akue! =   10. Jialoeh ati xaeleh haranan jeie ma’ampa xialueh tar’aimen-2 hamen, panqieroeiq bara akue! =
             Jarang-2 kalau ada sifat orang yang aneh-2 tidak berarti bahwa tidak ada, begitu kata saya!         Kecuali ada suatu sebab yang membuat sigadis ter-sipu-2 malu, pendapat dari saya!
       11. Ka’amehan-2 jeie inpar’ieteiqan aewie ikaw sauraes qawal-2 tuntang tatejaen tawa, bujuer? =    11. Kamburian ikaw barquan amoen xialueh tar’aimen-2 hamen te’i qataeah tutue, ieyuehqah baqaqa’i.
             Keanehan-2 yang diperlihatkan oleh kamu semua teman-2 dan tetangga tau, benar?         = Kemudian kamu berkata kalau sigadis ter-sipu-2 malu itu tandanya betul, sungguhkah begitu.
       12. Lagai-2 amoen barqawal ientue oloen jeie ameh langqas-oxanah, panqieroeiq bara i y e? =   12. Lemue lamunyei xialueh ganaen tar’aimen-2 hamen haruen weie, baqaqa’i pamantar bara i y e? =
             Pikir-2 kalau beteman dengan orang yang aneh tingkah-lakunya, pendapat dari d i a?         Lemah gemulai sigadis karena ter-sipu-2 malu barusan saja, begitu komentar dari d i a?
       13. Malaeueti xuewaet langqas-oxan oloen jeie ameh-2 jadie puejie manamueni, cuhaqian quan akue =   13. Mambohay pepe xialueh tuntang tarxuntup tar’aimen-2 hamen xaambil maupeit leinge quan akue?
             Menengahi masalah tingkah-laku orang yang aneh-2 sudah pernah mengalami, demikian kata saya.         = Merona pipi sigadis dan tertunduk ter-sipu2 malu sambil meremas tangan kata saya?
       14. Nutue’ah oloen  te’i qeya jeie ameh-2 einqah langqas-oxan rawe, baqaqa’i panqieroeiq bara ikaw?=    14. Naue weie tar’aimen-2, qanmagun alueh baqaqa’i panqieroeiq bara ikaw ma’atjar enaeih? =
             Aksinya orang itu juga yang aneh-2 apakah tingkah-laku gila, begitu pendapat dari kamu?         Biar saja ter-sipu-2, kanmasih gadis begitu pendapat dari kamu membela barusan?
       15. Oloen te’i langkas-oxan’ah qeya ameh-2 bihin bara endaw einqah i y e xaoloen jeie rawe? =   15. Oeang’ah i y e magun tar’aimen-2 einqah ganaen hamen, bahutah amoen magun xaoloen alueh! =
             Orang itu tingkah-lakunya juga aneh-2 sejak dari tadi apakah d i a seorang yang gila?         Faktanya d i a masih ter-sipu-2 apakah karena malu, biasalah kalau masih seorang gadis!
       16. Pangka langqas-oxan ameh tinai jeie inpar’ieteiqan qanhung oloen beqe, asiehan tutue quan akue!=   16. Paunda’ah jeie tar’aimen-2 hamen ganaen mandinue leae-2an bara qawal-2 xabuaet quan akue! =
             Paling tingkah-laku aneh lagi yang diperlihatkan kepada orang lain, kasihan betul kata saya!         Pemudanya yang ter-sipu-2 malu karena mendapat olok-2an dari teman-2 sendiri kata saya!
       17. Qasaek par’ampaan jeie ameh-2 huang bagawie tangqan lius mandinue zinger, cuhaqian quan ikaw    17. Qahuemi, amoen qeton rahaet tar’aimen-2 hamen inharanan ein, quan ikaw maieseiq enaeih? =
             = Akibat perbuatan yang aneh-2 dalam bekerja tentu akan mendapat sangsi, demikian kata kamu?         Pergoki, kalau anda sedang ter-sipu-2 malu disebabkan apa, kata kamu menanya barusan?
       18. Rahas ientue qa’amehan jeie inpar’ieteqan’ah bar’timbal-2 xinde qanhung qawal-2 quan i y e? =   18. Raongih ma’iete’i oloen tar’aimen-2 bangat manhanjaqan cuhaqian quan i y e barpamantar? =
             Kesal dengan keanehan yang diperlihatkannya ber’ulang kali kepada teman-2 kata d i a?         Reaksi melihat orang ter-sipu-2 sangat menyenangkan demikian kata d i a berkomentar?
       19. Sasangga ientue qa’amehan jeie inpar’ieteqan aewie i y e einqah te’i langqas-oxan tulen, quan akue   19. Satentut’ah raongih oloen amoen tar’aimen-2 hamen aewie ati oloen beqe quan akue barpamantar?
             = Sesuai dengan keanehan yang diperlihatkan oleh d i a apakah itu tingkah-laku asli, kata saya.          = Selanjutnya reaksi orang kalau ter-sipu-2 malu oleh ada orang lain kata saya berkomentar?
       20. Tarinaeh ikaw qeya menuequkan pagawian jeie ameh-2 einqah aewie rahaet pangraiet busaw? =   20. Tinai-2 tar’aimen-2 hamen jadie manjarie ranae bara qalonen quan ikaw manutorqan? =
             Ternyata kamu juga melakukan pekerjaan yang aneh-2 apakah oleh sedang pengaruh mabuk?         Lagi-2 ter-sipu-2 malu sudah menjadi sifat dari manusia kata kamu menjelaskan?
       21. Uendang-2 weie oloen te’i ientue qa’amehan jeie ingawieqanah, einqah iegaes quan i y e? =   21. Uenyue tuntang tar’aimen-2 hamen atonam ranae galang bara qalonen, baqaqa’i paharae quan i y e.
             Santai-2 saja orang itu dengan keanehannya yang dikerjakannya, apakah normal kata d i a?         = Jengah dan ter-sipu-2 malu adalah sifat dasar dari manusia, begitu saudara kata d i a.
       22. Vongah tuntang ameh langkas-oxan’ah ganaen diyae qiyah jeie ingawieqan, baqaqa’i quan akue!=    22. Vilia tabela bahut’ah jeie aere tar’aimen-2 hamen, baqaqa’i manumuen panqieroeiq bara akue! =
             Pongah dan aneh tingkah-lakunya karena tidak sadar yang dikerjakan, begitu kata saya!         Belia remaja biasanya yang banyak ter-sipu-2 malu, begitu menurut pendapat dari saya!
       23. Wantilan barlagai qa’ameh’an saoloen atonam qaburue’an jeie diyae bateq, baqaqa’i quan ikaw? =   23. Wowaet ienengaqan qanhung ongko te’i, tagael ranae galang tar’aimen-2 magun tarietei quan ikaw
             Landasan berfikir keanehan seorang adalah kejiwaan yang tidak beres, begitu kata kamu?         Hormat diberikan kepada tokoh itu, tetapi sifat dasar ter-sipu-2 masih terlihat kata kamu.
       24. Xiekoe bara qa’amehan langqas-oxan atonam aera halaf, baqaqa’i manumuen panqieroeiq i y e? =    24. Xiempan jadie, alueh tuntang paunda’ah aqat-2 tar’aimen-2 hamen, cuhaqian pamantar bara i y e!=
             Resiko dari keanehan tingkah-laku adalah nama baik, begitu menurut pendapat d i a?         Lengkap sudah, gadis dan pemudanya sama-2 ter’sipu-2 malu, demikian komentar dari d i a!
       25. Yonteng aera’ah bara kaeraf aewie ranae’ah tuntang langqas-oxan jeie ameh-2 quan akue!  =   25. Ye, iete’i pepe xialueh mambohay tar’aimen-2 hamen aewie leae-2an qawal xapempah quan akue.
             Coret namanya dari daftar oleh sifatnya dan tingkah-laku yang aneh-2 kata saya!         = Ya, lihat pipi sigadis merona ter-sipu-2 malu oleh olok-2an teman seumur kata saya.
       26. Zeilen, olih manqolihqan ranae tuntang langqas-oxan jeie ameh-2, panqieroeiq bara ikaw? =    26. Zadaqap bitie weie paunda, maiete’i xialueh’ah tar’aimen-2 hamen haranan in’leae-2 quan ikaw? =
             Kepribadian-ganda bisa menghasilkan sifat dan tingkah-laku yang aneh-2, pendapat dari kamu?         Peluk tubuh saja pemuda, melihat sigadis ter-sipu-2 malu sebab di’olok-2 kata kamu?
                                                                                            ( ite paju 216 ).                                                                                                   ( ite paju 122 ).
   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252