Page 249 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 249

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   62.
       121). A  M  P  A  E  H    ( kuan galang )         =  L I  M  B  A  H.   122).  A M  P  A  Q  ( kuan galang )             =  TUNAS-CABANG.
             1. A m p a e h   ein?                                    =  L i m b a h   apa?         1. A m p a q   ein?                              =  Tunas Cabang  apa?
             2. Ampaeh andaw male               =  Limbah hari kemaren                  ( Waktu Lampau ).           2. Ampaq andaw male              =  Tunas cabang hari kemaren        ( Waktu Lampau ).
             3. Ampaeh andaw tueh                =  Limbah hari i n i                        ( Waktu Sekarang ).         3. Ampaq andaw tueh               =  Tunas cabang hari ini                ( Waktu Sekarang ).
             4. Ampaeh andaw jewue              =  Limbah hari besok                ( Waktu akan Datang ).          4. Ampaq andaw jewue            =  Tunas cabang hari besok      ( Waktu akan Datang ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Aere tutue ampaeh bara tampunaen humae tejaen bara andaw male darus-2an bar’tuyueq-2, aqay!=   1.   Ati tombo ampaq edaen upuen rambutan jadie bara andaw male, tutue xaqilaw te’i? =
             Banyak limbah dari kumpulan rumah tangga dari hari kemaren terus-2an ber’tumpuk-2, aduh!               Ada tumbuh tunas-cabang dahan pohon rambutan sudah dari hari kemaren, betul seperti itu?
       2.   Bara queh dumaeh’ah ampaeh jeie aere tueh, quan akue bar’ieseiq-2 andue andaw tueh? =   2.   Bara upuen bu’a galimbing tombo ampaq aewie akue ati ma’iete’i jadie bara andaw tueh! =
             Dari mana datangnya limbah yang banyak ini, kata saya ber’tanya-2 untuk hari i n i?         Dari pohon buah belimbing tumbuh tunas-cabang oleh saya ada melihat sudah dari hari i n i!
       3.   Caehahan iesang catetan ampaeh-2 jeie aere bara queh bohaeqah dalaes andaw jewue? =   3.   Caehahan iesang ampaq upuen te’i qataeah halaf andue partomboan andue andaw jewue! =
             Ungkapan tentang catatan limbah-2 yang banyak dari mana sumbernya sampai hari besok?         Ungkapan tentang tunas-cabang pohon itu tandanya baik untuk pertumbuhan untuk hari besok!
       4.   Dalaes aere ampaeh inganan qanse’i aewie oloen jeie diyae baranggong-tumbah andaw male? =   4.   Dalaes bartombo ampaq aewie petaq’ah xiwuh ganaen jadie ienengae qonah bara andaw male? =
             Sampai banyak limbah dibuang kesungai oleh orang yang tidak bertanggung-jawab hari kemaren?         Sampai bertumbuh tunas-cabang oleh tanahnya subur karena sudah diberi pupuk dari harikemaren?
       5.   Eweih jeie manganan ampaeh xaaerre tueh inrangan jeie tiwas andue andaw tueh, quan akue? =   5.   Ein’ah ati tombo ampaq edaen in’upuen bu’a menggo inbaliqat humae bihin bara andaw tueh! =
             Siapa yang membuang limbah sebanyak ini ditempat yang salah untuk hari i n i, kata saya?         Apakah ada tumbuh tunas-cabang dipohon buah mangga disamping rumah sejak dari hari i ni!
       6.   Fuetuean iesang ampaeh danuman amoen inganan qanse’i barqaexaek dalaes andaw jewue? =    6.   Fuetuean iesang tombo ampaq in’upuen bu’a rimaeah lius aere edaen andue andaw jewue! =
             Gambaran tentang limbah cairan kalau dibuang kesungai berakibat sampai hari besok?         Gambaran tentang tumbuh tunas-cabang dipohon buah artinya akan banyak dahan untuk hari besok
       7.   Geore bara ampaeh jeie inganan baraengan barqaesaek qanhung tiepbengan bara andaw male! =   7.   Gaue weie tuntang iete’i ein atikah ampaq upuen jeie bara andaw male jadie ati tomboe? =
             Teror dari limbah yang dibuang sembarang berakibat kepada lingkungan dari hari kemaren!         Cari saja dan lihat apa adakah tunas-cabang pohon yang dari hari kemaren sudah ada tumbuh?
       8.   Haeis’ah manganan ampaeh ati rangan duqus jeie jadie inxanianqan bihin bara andaw tueh? =   8.   Haeie jadie tombo ampaq jeie ati in’upuen bu’a asem quini inparantaran humae andaw tueh! =
             Harusnya membuang limbah ada tempat kusus yang sudah disediakan sejak dari hari i n i?         Besar sudah tumbuh tunas-cabang yang ada dipohon buah asam kuini dihalaman rumah hari i n i!
       9. Industri jeie aere manganan ampaeh qanlewot, qan’anum, qanpetaq andue andaw jewue? =    9.   Intih upueh queh jeie ati ampaq andue cagar rangan bu’a-2 hung andaw jewue, baqaqa’i tutue? =
             Industri yang banyak membuang limbah keudara, keair, ketanah untuk hari besok?         Pilih pohon mana yang ada tunas-cabang untuk calon tempat buah-2 pada hari besok, begitu betul?
       10. Jaelen iesang pa’nganan ampaeh qantiepbengan xajoqar jadie tarjarie bihin bara andaw male? =   10. Jahaei-2 upuen ati ampaq’ah te’i inharanaenqan aewie petaq jeie xiwuh bihin andaw male? =
             Kritis tentang pembuangan limbah kelingkungan sekitar sudah terjadi sejak dari hari kemaren?         Jarang-2 pohon ada tunas-cabangnya itu disebabkan oleh tanah yang subur sejak hari kemaren?
       11. Klampahan aere ampaeh in’queh-2 inxajoqar tiepbengan itah dalaes andaw tueh, barbahiya? =   11. Keuh upuen jeie ati heta tomboe ampaq’ah quan qeton andaw tueh, te’i bangat xiwuh xasinde! =
             Gelimpangan banyak limbah di’mana-2 disekitar lingkungan kita sampai hari i n i, berbahaya?         Mana pohon yang ada baru tunas-cabangnya kata anda hari i n i, itu sangat subur sekali!
       12. Lius inganan qankueh ampaeh-2 industri te’i andue xaining jam’ah, xaqilaw ein andaw jewue? =   12. Lius tombo ampaq’ah ganaen qatae-2ah jadie tar’iete’i ganaen qaxiwuhan dalaes andaw jewue? =
             Akan dibuang kemana limbah-2 industri itu untuk setiap jamnya, seperti apa hari besok?         Akan tumbuh tunas-cabangnya tanda-2nya sudah terlihat karena kesuburannya sampai hari besok?
       13. Maiqowi aere ampaeh-2 jeie ienganan xaining metuh intiepbengan itah bara andaw male? =   13. Mamauxaehkan teknik dhuqus andue tombo ampaq upuen bu’a quan akue bihin andaw male? =
             Mengakui banyak limbah-2 yang dibuang setiap saat dilingkungan kita dari hari kemaren?         Memerlukan teknik kusus untuk tumbuh tunas-cabang pohon buah kata saya sejak hari kemaren?
       14. Nateiq-2 ampaeh industri inganan barangan andue mahianqan ungqus jadie bara andaw tueh! =   14. Nateiq-2 jatun-ati tomboe ampaq in’upuen bu’a ganaen petaq diyae xiwuh andaw tueh. =
             Kadang-2 limbah industri dibuang sembarang untuk meringankan biaya sudah dari hari i n i!         Kadang-2 tidak ada tumbuh tunas-cabang dipohon buah karena tanah tidak subuh hari i n i.
       15. Oloen te’i rahaet ma’ngakal ampaeh industri andue in’biyah-2qan dalaes qanhung andaw jewue? =   15. Olih itah maiete’i mahapa mate ati ampaq upuen jadie tomboe dalaes andaw jewue! =
             Orang itu sedang mengolah limbah industri untuk di’pisah-2kan sampai kepada hari besok!         Bisa kita melihat memakai mata ada tunas-cabang pohon sudah tumbuh sampai hari besok!
       16. Parkarangan andue ma’ngakal ampaeh hindai inxiepqan xaqilen ruahasie bara andaw male? =   16. Punae, ati tombo ampaq upuen einqah ikaw ieyueh-2 jadie maeiete’i bihin andaw male =
             Perlengkapan untuk mengolah limbah belum disiapkan sebagai antisipasi dari hari kemaren?         Yakin, ada tumbuh tunas-cabang pohon apakah kamu sungguh-2 sudah melihat sejak hari kemaren.
       17. Qasaek manganan ampaeh industri barangan lius inbuwahqan zinger weet bara andaw tueh! =   17. Qonyah jeie manggatel andue tomboe ampaq upuen akue barpamantar bara andaw tueh? =
             Akibat membuang limbah industri sembarang akan dikenakan sangsi hukum dari hari i n i!         Pupuk yang merangsang untuk tumbuh tunas-cabang pohon saya berkomentar dari hari i n i?
       18. Raju, kanqueh ampaeh industri te’i inganan ganaen dalaes andaw jewue darus bar’dahang-2? =   18. Reganimentasi teknik andue mantomboqan ampaq upuen panqieroeiq akue andue andaw jewue? =
             Lalu, kemana limbah industri itu dibuang karena sampai hari besok terus ber’tambah-2?         Argumentasi teknik untuk menumbuhkan tunas-cabang pohon pendapat saya untuk hari besok?
       19. Saereh, ampaeh industri te’i diyae lius lepah-2ah xaraju weie ati bihin bara andaw male! =   19. Sareah olih ientue teknik tartangkan mantomboqan ampaq upuen jadie ati andaw male? =
             Memang limbah industri itu tidak akan habis-2nya selalu saja ada sejak dari hari kemaren!         Memang bisa dengan teknik tertentu menumbuhkan tunas-cabang pohon sudah ada hari kemaren?
       20. Tindas, qasaek’ah amoen ampaeh industri inganan barangan te’i jadie tarjarie bara andaw tueh? =   20. Tomboeqah jadie ampaq upuen bu’a mantela inparantaran likuet humae andue andaw tueh? =
              Fatal, akibatnya kalau limbah industri dibuang sembarang itu sudah terjadi dari hari i n i?         Tumbuhkah sudah tunas-cabang pohon buah pepaya dihalaman belakang rumah untuk hari i n i?
       21. Uxaeh pangamburiean ampaeh industri aewie pamarentah diyae getue dalaes andaw jewue! =   21. Umangan ilmiah iesang ampaq upuen bangat bar’rabus andue pangatawaen hung andaw jewue! =
             Perlu pengendalian limbah industri oleh pemerintahtidak putus sampai hari besok!         Bahasan ilmiah tentang tunas-cabang pohon sangat berguna untuk pengetahuan pada hari besok!
       22. Vonyahkan pagawiean andue pangamburiean ampaeh industri jeie ati inxajoqar bara andaw male!=    22. Vonyah iesang qaji tomboe-2an ampaq upuen baqaqa’i jeie ikaw pajajarie bara andaw male? =
             Fokuskan pekerjaan untuk pengendalian limbah industri yang ada disekitar dari hari kemaren!         Fokus tentang ilmu tumbuh-2an tunas-cabang pohon begitu yang kamu pelajari dari hari kemaren?
       23. Waret, kaeref tuntang tenga zinger weet pasatiaran amoen manganan ampaeh barangan andaw tueh.   23. Waringan upaeq tomboan ampaq upuen lius manjarie aqat goca xaqilaw tomboean andaw tueh! =
             = Coret, daftar  dan beri sangsi hukum parusahaan kalau membuang limbah sembarang hari i n i.         Jaringan kulit tumbuhan tunas-cabang pohon akan menjadi sama kuat seperti tumbuhan hari i n i!
       24. Xpantuk par’alaian manganan ampaeh industri barangan aere inpenaen dalaes andaw jewue? =   24. Xapaian heta huang qaji tomboe-2an ampaq upuen bangat mandohoep dalaes andaw jewue? =
             Spanduk peringatan membuang limbah industri sembarang banyak dipasang sampai hari besok?         Capaian baru dalam ilmu tumbuh-2an tunas-cabang pohon sangat membantu sampai hari besok?
       25. Yahsaet tutue geore bara ampaeh industri amoen inganan barangan jadie tarjari bara andaw male?=   25. Yornakan, qaji ein andue tomboean ampaq upuen tanqan qaji tomboe-2an bara andaw male =
             Dasyat betul teror dari limbah industri kalau dibuang sembarang sudah terjadi dari hari kemaren?         Cernakan, ilmu apa untuk tumbuhan tunas-cabang pohon tentu ilmu tumbuh-2an da ri hari kemaren
       26. Zoelaran ampaeh industri inganan barangan olih ngabahiyaqan zequt aewo huang naeie andaw tueh   26. Zolaeran qaji heta, hindai in’sene’i tomboe-2an ampaq upuen heta andue andaw tueh! =
             = Lantaran limbah industri dibuang sembarang bisa membahayakan janin bayi dalam perut hari ini.          Lantaran ilmu baru, belum dikenali tumbuh-2an tunas-cabang pohon baru untuk hari i n i!
                                                                                          ( ite paju  272 ).                                                                                                 ( ite paju 306 ).











                                                                                                                   .
   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254