Page 252 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 252

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   65.
       127).  A  M  P  I     ( kuan galang )            =  R  U  P  A.   128).  A M  P  I  E  N     ( kuan galang )           =  T A  M  P  I  L.
             1. A  m  p  i   eweh?                           =  R  u  p  a   siapa?         1. A m p i e n   eweh?                         =  T a m p i l   siapa?
             2. A  m  p  i   a k u e                           =  R u p a   saya                             ( Orang ke S a t u ).            2. Ampien  a k u e                               =  Tampil  s a y a                         ( Orang ke S a t u  ).
             3. A  m  p  i   i k a w                           =  R u p a   kamu                          ( Orang ke D  u  a  ).          3. Ampien  i k a w                               =  Tampil  k a m u                       ( Orang ke D  u  a  ).
             4. A  m  p  i   i  y  e                               =  R u p a   d i a                             ( Orang ke T i g a  ).         4. Ampien  i  y  e                                    =  Tampil  d i a                               ( Orang ke T i g a ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Ati tue-2 qeinnae ampi baeueah tagael onteq’ah paleng tuntang jatun-ati gawieah quan akue! =    1.   Aqaen ampien pajue iqei andue igalan istihadational in’ujun loedaeng, cuhaqian quan akue! =
             Ada laki-2 ganteng rupa wajahnya tetapi otaknya bebal dan tidak-ada kerjanya kata saya!         Hendak tampil kelompok kami untuk tarian tradisional diatas panggung, demikian kata saya!
       2.   Bara ampi panampinan’ah jadie oqay tagael atiqah pagawiean’ah andue xandaan quan ikaw? =    2.   Bara panampienan’ah bangat oqay xaqilen xaoloen paigal istihadational, pamantar bara ikaw? =
             Dari rupa penampilannya sudah oke tetapi adakah pekerjaannya untuk jaminan kata kamu?         Dari tampilannya sangat oke sebagai seorang penari tradisional, komentar dari kamu?
       3.   Caehahan iesang ampi tue-2 qeinnae tuntang bawie bungas te’i jeie manjarie buru’a quan i y e? =   3.   Capat xasinde panampienan’ah bayae ijhe minit in’ujun loedaeng andue maigal, quan i y e? =
             Ungkapan tentang rupa laki-2 ganteng dan perempuan cantik itu yang menjadi ukuran kata d i a?         Cepat sekali tampilannya hanya satu menit diatas panggung untuk menari, kata d i a?
       4.   Dalaes metuh tueh ampi tuntang panampinanah qeya diyae manjijit, cuhaqian pamantar akue! =    4.   Dalaes tueieuh magun ampien hung axelah voqaw xaqilen paiembiet axelah quan akue! =
             Sampai saat i n i rupa dan penampilannya juga tidak menarik, demikian komentar saya!         Sampai sekarang masih tampil pada acara resmi sebagai pembawa acara kata saya!
       5.   Einkah ampi baeue bawie bungas te’i jeie manjari tomon aewie ikaw, aqay gantung bhojueqan? =   5.   Eweih jeie lius ampien barajut tangqan mandinue ampiq-ampoq bara pa’aelaeng quan ikaw! =
             Apakah rupa wajah perempuan cantik itu yang menjadi idola oleh kamu, aduh tinggi sanjungan?         Siapa yang akan tampil berikut tentu mendapat sorak-sorai dari penonton kata kamu!
       6.   Freiqlah, amoen diyae tawa ampi baeue’ah xaqilaw ein quan i y e barpamantar, ati qabujuran qeya!    6.   Fuetuean iesang panampienan’ah bangat majungun pa’aelaeng in’ujun loedaeng quan i y e? =
             = Afkirlah, kalau tidak tau rupa wajahnya seperti apa kata d i a berkomentar, ada kebenaran juga!         Gambaran tentang tampilannya sangat memukau penonton diatas panggung kata d i a?
       7.   Ganaen ampi baeue bungas, betie gantung, pupus langsat, halie gau bawie xaqilaw te’i quan akue.   7.   Gupgap manteseiq ampien atonam xaeleh jeie iegaes te’i ranae galang qalonen, quan akue? =
             = Karena rupa wajah cantik, badan tinggi, kulit langsat, sulit cari perempuan seperti itu kata saya.         Gugup menjelang tampil adalah suatu yang normal itu sifat dasar manusia, kata saya?
       8.   Haeis qilenkueh manfuetueqan ampi baeue’ah quan ikaw barpamantar qanhung qawalah? =   8.   Haeis eilhae man’mahawaqan huang panampienan indoq xampuraqa cuhaqian quan ikaw? =
             Harus bagaimana menggambarkan rupa wajahnya kata kamu berkomentar kepada temannya.         Harus jangan mengecewakan dalam petampilan agar sempurna demikian kata kamu?
       9.   Ientue ampi baeue xaqilaw te’i, akay jahaey-2 oloen bawie xaqilaw te’i quan i y e mabhojueq! =   9.   Intihan oloen-2 jeie lius in’ampienqan huang malaqanihkan igalan istihadational quan i y e? =
             Dengan rupa wajah seperti itu, aduh jarang-2 orang perempuan seperti itu kata d i a menyanjung.         Pilihan orang-2 yang akan ditampilkan dalam melaksanakan tarian tradisional kata d i a?
       10. Jatun-ati ampi-2  ragam andue ambi jeie langqaei tuntang halie manggauah quan akue! =   10. Jahaey-2 jadie ampien inbentuq  oloen aere angatah olih qeya manjari gaeir-gaoir quan akue? =
             Tidak ada rupa-2 warna untuk baju yang istimewa dan sulit mencarinya kata saya!         Jarang-2 sudah tampil ditengah orang banyak rasanya bisa juga menjadi ketar-ketir kata saya?
       11. Kueh ampi’ah, quan’ah tue-2 te’i qeinae aewie ikaw mipen xasinde maiete’i ieyueihqah? =    11. Kareh xalimbah jeie ampien barajut atonam pajue ikaw ueqhae bar-xiep-2 pamantar bara qeton? =
             Mana rupanya, katanya laki-2 itu ganteng oleh kamu ingin sekali melihat sungguhkah?         Nanti setelah yang tampil berikut adalah kolompok kamu supaya ber’siap-2 komentar dari anda?
       12. Lakue ampi baeue’ah in’acieqan ientue bracian ueqhae cahue olih targatang quan i y e, tutue qeya!   12. Lius in’ampienqan tueieuh pajue igalan jeie jadie tarxewut cuhaqian pamantar bara i y e! =
             = Minta rupa wajahnya didandani dengan riasan supaya citra bisa terangkat kata d i a, betul juga!         Akan ditampilkan sekarang kelompok tarian yang sudah terkenal komentar dari d i a!
       13. Mahusueng andaw jeie langqaey ma’ampikan xaeleh jeie jahaey-2 tarjari pamantar bara akue! =   13. Mariuq xasinde ampienan lantang ajae in’ujun loedaeng andue malem tueh pamantar bara akue? =
             Menyongsong hari yang istimewa merupakan sesuatu yang jarang-2 terjadi komentar dari saya!         Meriah sekali tampilan bintang tamu diatas panggung untuk malam i n i komentar dari saya?
       14. Nateiq-2 ampi qalambi tuntang panampin bangat baliqe diyae badaei inbentuq oloen quan ikaw? =   14. Nateiq biduan palinjam jeie ampien andue manyuang panae ueqhae eilhae buang, pamantar ikaw?=
             Kadang-2 rupa pakaian dan penampilan sangat berdaki tidak pantas ditengah orang kata kamu?         Kadang artis pengganti yang tampil untuk mengisi waktu supaya jangan kosong, komentar kamu?
       15. Olih ampi’ah uron-2 andue in’nampinqan huang qaepenan igal-maigal istihadatonal quan i y e? =   15. Ombet, eilhae barjaemae, olih i y e andue ampien hung metuh tueieuh, cuhaqian pamantar qeton?=
             Bisa rupanya anak-2 untuk ditampilkan dalam kegiatan tari-menari tradisional kata d i a?         Cukup, jangan bertengkar, bisa d i a untuk tampil pada saat sekarang, demikian komentar anda?
       16. Punae xasinde  ampi’ah ientue nahuang tuntang panampinan’ah baqaqa’i panqieroeiq bara akue! =   16. Pangqahuman manjarie jeie itong huang ampienan xasaoloen inbentuq oloen aere, quan akue! =
             Yakin sekali rupanya dengan niat dan penampilannya begitu pendapat dari saya!         Pengalaman menjadi yang utama dalam tampilan seseorang ditengah orang banyak, kata saya!
       17. Qasaek diyae nutor pangun tuntang ampi’ah xaqilaw einqah aejueah manjarie ikaw diyae aequer? =   17. Qamadi ampien andue xolaq xasinde in’ujun loedaeng xaqilen panyuang panae, quan ikaw? =
             Akibat tidak jelas bentuk dan rupanya seperti apakah bendanya menjadi kamu tidak setuju?         Komedi tampil untuk awal sekali diatas panggung sebagai pengisi waktu, kata kamu?
       18. Rahas, aewie mipen maiete’i baeue tuntang ampi’ah diyae nutor ganaen qeju baqaqa’i quan i y e?=    18. Rahas, ganaen ampi’ah aewie ampienlan igalan ati jeie tiwas tagael oloen diyae tawa quan i y e? =
             Kesal oleh ingin melihat wajah dan rupanya tidak jelas karena jauh begitu kata d i a?         Kesal, karena rupanya oleh tampilan tarian ada yang salah tetapi orang tidak tau kata d i a?
       19. Sareah, amoen maiete’i ampi langqas-oxan jeie inpar’ieteiqan bangat mawaeh baqaqa’i quan akue!    19. Sareah jadie ampien xaselah priaieng tagael hindai ilaq cuhaqian quan akue manenga pamantar? =
             Memang, kalau melihat rupa tingkah-laku yang diperlihatkan sangat kecewa begitu kata saya!         Memang sudah tampil secara pribadi tetapi belum puas demikian kata saya memberi komentar?
       20. Tangkan, ikaw jadie manjarie tenaen ampi’ah xalibah qajarian calatiwa andaw male, tutueqah? =     20. Tangkan, ikaw jadie malaqanihkan ampien andue qadue sinde einqah jadie ilaq, pamantar qeton? =
             Tentu, kamu sudah menjadi pasrah rupanya setelah kejadian peristiwa hari kemaren, betulkah?         Tentu, kamu sudah melaksanakan tampil untuk kedua kalinya apakah sudah puas, komentar anda?
       21. Uraes oloen jeie ma’alaeng bangat mawaeh ampi’ah xaqilen qaesaek andaw papaq quan i y e! =   21. Uegu andue ampien, aewie ati qatiwasan toqenis baqaqa’i panqieroeiq bara i y e, bar’bowah-2! =
             Semua orang yang menonton sangat kecewa rupanya sebagai akibat hari hujan kata d i a!         Ragu untuk tampil, oleh ada kesalahan tehnis begitu pendapat dari d i a, ber’hati-2.
       22. Varka, qilenkueh ampi panampinan’ah xapanae ledang inloedaeng, oh.. bangat themaet quan akue   22. Varigas in’uxaehqan andue xaeleh ampienan jeie xempaeq baqaqa’i pamantar bara akue, tutue! =
             Terka, bagaimana rupa penampilannya sewaktu pentas dipanggung, oh.. sangat sukses kata saya.         Stamina diperlukan untuk suatu tampilan yang maksimal begitu komentar dari saya, betul!
       23. Was-qambang andue paneng ampi’ah jeie iemilie aewie ikaw andaw male xaqilen panampin? =    23. Waeqar xaqilen xaeleh rangan ampienan jeie halaf qanhung eweih weie, tutue baqaqa’i quan ikaw!
             Pot-bunga untuk hadiah rupanya yang dibeli oleh kamu hari kemaren sebagai pemikat?         Mimbar sebagai suatu tempat tampilan yang baik kepada siapa saja, betul begitu kata kamu!
       24. Xhaqial ampi’ah jeie iemilieqan andue i y e xaqilen qawal halaf baqaqa’i pamantar bara qeton? =     24. Xaru tutue ampienan’ah andue malem tueh xasinde ledang in’ujun loedaeng, pamantar bara i y e?=
             Spesial rupanya yang dibelikan untuk d i a sebagai teman baik begitu komentar dari anda?         Seru betul tampilannya untuk malam ini selagi pentas diatas panggung, komentar dari d i a?
       25. Yupit  jadie ampi’ah aewang-2 uxang tueh baqaqa’i manumuen panqieroeiq bara akue, tutue? =   25. Yagasqan laehaep qeton andue ampien qalulie in’ujun loedaeng cuhaqian panqieroeiq bara akue?=
             Usang sudah rupanya barang-2 antik ini begitu menurut pendapat dari saya, betul?         Pulihkan semangat anda untuk tampil kembali diatas panggung demikian pendapat dari saya?
       26. Zugakan lading te’i bangat tanggar ampi’ah qanhung bereng pawuetah baqaqa’i quan ikaw? =   26. Zarbawa bara xaeleh ampienan xasaoloen inqueh weie haeis inparbowahqan, pamantar bara ikaw?
             Tikaman pisau itu sangat tepat rupanya kepada tubuh musuhnya begitu kata kamu?         Karisma dari suatu tampilan se’seorang dimana saja harus diperhatikan, komentar dari kamu?
                                                                                                ( ite paju 200).                                                                                                                                                                                                                                                                      ( ite paju 200 ).
   247   248   249   250   251   252   253   254   255   256   257