Page 257 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 257
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
70.
137). A M P U T ( kuan galang ) = I J I N. 138). A M O E N ( kuan galang ) = K A L A U.
1. A m p u t eweh? = I j i n siapa? 1. A m o e n ein? = K a l a u apa?
2. A m p u t a k u e = I j i n s a y a ( Orang ke S a t u ). 2. A m o e n a k u e = Kalau s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. A m p u t i k a w = I j i n k a m u ( Orang ke D u a ). 3. A m o e n i k a w = Kalau k a m u ( Orang ke D u a ).
4. A m p u t i y e = I j i n d i a ( Orang ke T i g a ). 4. A m o e n i y e = Kalau d i a ( Orang ke T i g a ).
Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Aqat eweih malakue amput sahindai batuelaeq banama arut te’i, quan akue maieseiq akauwa? = 1. Amboe amoen olih akue malaque dohoep ujun xaeleh xuewaet jeie inlu’a qamburie, aequerkah? =
Sama siapa meminta ijin sebelum berangkat kapal layar itu, kata saya menanya curiga? Sukur kalau bisa saya meminta tolong atas suatu masalah yang diluar kendali, setujukan?
2. Bara amput jeie jadie inengakan qanhung qeton tueieuh banama olih bar’arut qantaxiq quan ikaw!= 2. Bakael, te’ore xaraju bartataeian amoen injamanqan andue mabranaiqan xuewaet quan ikaw? =
Dari ijin yang sudah diberikan kepada anda sekarang kapal bisa berlayar kelaut kata kamu! Konsep, teori selalu berdampingan kalau dipinjamkan untuk menyelesaikan masalah kata kamu?
3. Capat xasinde malaque amput sahindai batuelaeq ganaen jadie manjarie atuhan baqaqa’i quan i y e. 3. Caehahan jeie amoen inrimakan bangat manyingguel regae aref oloen beqe, baqaqa’i quan i y e? =
= Cepat sekali meminta ijin sebelum berangkat karena sudah menjadi aturan begitu kata d i a. Ungkapan yang kalau diartikan sangat menyinggung harga diri orang lain, begitu kata d i a?
4. Dalaes tueieuh hindai malaque amput andue buhaw ganaen hindai panaeah cuhaqian quan akue? = 4. Dalaes peya injamaenkan amoen in’nenga amput andue iehapae quan akue mamparieseiqan? =
Sampai sekarang belum meminta ijin untuk pergi karena belum waktunya demikian kata saya? Sampai bila dipinjamkan kalau diberi ijin untuk dipakai kata saya mempertanyakan?
5. Eweih bara itah jeie malaque amput andue bis batulaeq qanhung quluek zarvinal quan ikaw? = 5. Endengqan jihie te’i amoen olih ganaen haeis xaqilaw te’i qaatianah, quan ikaw manutorqan! =
Siapa dari kita yang meminta ijin untuk bus berangkat kepada kepala terminal kata kamu? Tegakan tiang itu kalau bisa karena harus seperti itu keadaannya, kata kamu menjelaskan!
6. Freiq, amoen maimbit aewang oloen jatun-ati amput’ah qareh lius ati xuewaet baqaqa’i quan i y e! 6. Fuetuean’ah amoen diyae olih mang’ein quan i y e bar’ieseiq2 ientue bangat nguyang! =
= Afkir, kalau membawa barang orang tidak ada ijinnya nanti akan ada masalah begitu kata d i a! Gambarannya kalau tidak bisa mengapa kata d i a ber’tanya2 dengan sangat bingung!
7. Ganaen zaput amput diyae olih banama bartulaeq bar’arut qantasiq, cuhaqian jeie akue tawa! = 7. Gagoem ampinaen’ah amoen bungas einqah xaeleh qatiwasan, tangqan diyae panqieroeq bara akue
Karena tanpa ijin tidak bisa kapal berangkat berlayar kelaut, demikian yang saya tau! Pesona tampilannya kalau cantik apakah suatu kesalahan, tentu tidak pendapat dari saya.
8. Hangqap ieseiq eweih jeie aeyue mangqaet andue manenga amput banama bar’arut quan ikaw? = 8. Haeis, amoen iesang in’uxaehkan cuhaqian panqieroeiq bara ikaw, paeqaet tuntang aequer oqay? =
Numpang tanya siapa yang punya wewenang untuk memberi ijin kapal berlayar kata kamu? Harus, kalau memang diperlukan demikian pendapat dari kamu, mufakat dan setuju oke?
9. Ieqeh malakue amput maimbiet uron bawie oloen andue ma’aelang pilen viosqop tutue quan i y e= 9. Intih, amoen ugue injuwan weie baqaqa’i panqieroiq bara i y e andue xaeleh qadarisaen bujur! =
Takut meminta ijin membawa anak perempuan orang untuk menonton film bioskop betul kata d i a. Pilih, kalau ragu ditolak saja begitu pendapat dari d i a untuk suatu keputusan benar!
10. Jialoeh amoen jadie malaque amput bara aba-umaey heta olih batuelaeq bara humae quan akue! = 10. Jialoeh amoen jadie malen andaw tangqan andue payaehan mate diyae xaqilaw handaw quan akue!
Kecuali kalau sudah meminta ijin dari ayah-mamah baru bisa berangkat dari rumah kata saya! = Kecuali kalau sudah malam hari tentu untuk pandangan mata tidak seperti hari siang kata saya!
11. Kasarenae’ah malaque amput saqilaw ein tangqan xaoloen pangrabus faxibirif baqaqa’i quan ikaw? 11. Kaqa’i amoen sareah in’mipenkan haeis inmilie indoq manjarie aieng-aiem, baqaqa’i quan ikaw? =
= Kapasitasnya meminta ijin sebagai apa tentu seorang pengguna fasilitas begitu kata kamu? Gitu kalau memang diinginkan harus dibeli agar menjadi milik-pribadi, begitu kata kamu?
12. Lehan! Ingahana taeme zaput amput cuhaqian ati ternyurat targohang ienthue nutor, quan i y e? = 12. Lagai-2 helu amoen xaqilaw te’i tarinaeh jadie inmilie aewie oloen pandehaen barlagai quan i y e!=
Awas! Dilarang masuk tanpa ijin demikian ada tertulis terpampang dengan jelas, kata d i a? Pikir-2 dulu kalau seperti itu ternyata sudah dibeli oleh orang sementara berpikir kata d i a!
13. Manenga amput andue uron’ah qalu’a humae xaqilen pangun angqang qanhung uron, quan akue! = 13. Metuh’ah amoen jadie empa diyae olih inhielae tinai, cuhaqian panqieroeiq uwar quan akue! =
Memberi ijin untuk anaknya keluar rumah sebagai bentuk proteksi kepada anak, kata saya! Saatnya kalau sudah tiba tidak bisa dihindar lagi, demikian pendapat umum kata saya!
14. Nateiq-2 uron tue2 buhaw zaput amput qalu’a bara humae tuntang bulie panae malen quan ikaw? = 14. Naue weie amoen xaqilaw te’i eilhae manjuwan qaatian eintai panae jeie tanggar quan ikaw? =
Kadang-2 anak laki2 pergi tanpa ijin keluar dari rumah dan pulang waktu malam kata kamu? Biar saja kalau seperti itu jangan memaksa keadaan tunggu waktu yang tepat kata kamu?
15. Oeraere xasinde uron2 aewie jadie inenga amput andue ma’aelang qraemen in’alon2 quan i y e? = 15. Olihqah amoen xaqilaw tueh ampi tuntang pangunah quan i y e mamparieseiqan qanhung qeton? =
Gembira sekali anak2 oleh sudah diberi ijin untuk menonton hiburan dilapangan kata d i a? Bisakah kalau seperti ini rupa dan bentuknya kata d i a mempertanyakan kepada anda?
16. Panglehan par’amputan andue pamangunan humae atonam xaoloen pagawai nagari quan akue! = 16. Punaeqah amoen xaqilaw te’i qadarisaen jeie induaen aewie akue cuhaqian bangat inparieseiqan? =
Pengawas perijinan untuk pembangunan rumah adalah seorang pegawai negeri kata saya! Yakinkah kalau seperti itu keputusan yang diambil oleh saya demikian sangat dipertanyakan?
17. Qringe baeue tuntang palagaian uron nguyang aewie diyae inenga amput qalu’a humae quan ikaw? 17. Qasaeqah amoen xaqilaw te’i bangat tindas tuntang jadie tarjarie hung andaw male quan ikaw! =
= Sendu wajah dan pemikiran anak bingung oleh tidak diberi ijin keluar rumah kata kamu? Akibatnya kalau seperti itu sangat fatal dan sudah terjadi pada hari kemaren kata kamu!
18. Ranjalaei geteian kuan2 uron andue malaque amput tar’agae2 qanhung aba-umaey, quan i y e! = 18. Rarajuran dumaeh amoen xaqilaw te’i qareh capat manjarie pedae quan i y e manengae pamantar?=
Rangkaian susunan kata2 anak untuk meminta ijin ter’bata2 kepada ayah-mamah, kata d i a! Terus-2an datang kalau seperti itu nanti cepat menjadi bosan kata d i a memberi komentar?
19. Saelin kelas’ah jeie manenga amput kanhung bourid’ah metuh jam xaqulae, baqaqa’i quan akue! = 19. Sareah akue akuer amoen xaqilaw te’i ganaen bangat mangpaelaeqan qeya andue oloen beqe? =
Guru kelasnya yang memberi ijin kepada muridnya saat jam sekolah, begitu kata saya! Memang saya setuju kalau seperti itu karena sangat menguntungkan juga untuk orang lain?
20. Taerang atuhan aewie diyae malaque amput xaoloen bourid xaqulae ienengae zinger, quan ikaw? = 20. Tantiehue jadie ingawiekan amoen xaqilaw te’i indarusqan weie amoen inbangqar ruxi quan ikaw=
Langgar aturan oleh tidak meminta ijin seorang murid sekolah diberi sangsi, kata kamu? Terlanjur sudah dikerjakan kalau seperti itu diteruskan saja kalau dibongkar rugi kata kamu.
21. Uraes itah tangkan malakue amput andue manggawikan xaeleh pagawiean, panqieroeiq bara i y e?= 21. Ugue amoen andue mandohop xaqilaw te’i einqah i y e qilenkueh qadarisaenah qeya aqat? =
Semua kita tentu meminta ijin untuk mengerjakan suatu pekerjaan, pendapat dari d i a? Ragu kalau untuk menolong seperti itu apakah d i a bagaimana keputusannya juga sama?
22. Vandaytis amoen zaput inengakan amput xaoloen uron olih qalu’a bara humae, baqaqa’i quan akue 22. Vanxitaris aewang humae-tejaen amoen xaqilaw te’i lius manjarie lepah nihaw quan akue? =
Fantastis kalau tanpa diberikan ijin seorang anak bisa keluar dari rumah, begitu kata saya. Inventaris barang rumah-tangga kalau seperti itu akan menjadi habis hilang kata saya?
23. Wawoet’i atuhan ientue mandinuekan amput voqaw bara aba-umaey xaqilen uron, quan ikaw? = 23. Waonderdasikan andue ienengaqan amoen diyae qabehatan baqaqa’i quan ikaw barpamantar? =
Hormati aturan dengan mendapatkan ijin resmi dari ayah-mamah sebagai anak, kata kamu? Rekomendasikan untuk diberikan kalau tidak keberatan begitu kata kamu berkomentar?
24. Xalienuek zaput amput voqaw, te’i xaeleh qatiwasan jeie bangat diyae xaum, panqieroeiq i y e? = 24. Xenes xasinde amoen tampayaehan mate maiete’i i y e hung metuh te’i einqah tutue cuhaqian? =
Nyelonong tanpa ijin resmi, itu suatu kesalahan yang sangat tidak etis, pendapat d i a? Sinis sekali kalau pandangan mata melihat d i a pada waktu itu apakah betul demikian?
25. Yorantas oloen riyaw jeie bagawie zaput amput voqaw bara pamarentah, baqaqa’i quan akue! = 25. Yornaqan rima tuntang rimaen tingaqan amoen maqu inhiningqan panqieroeiq bara akue! =
Berantas orang asing yang bekerja tanpa ijin resmi dari pemerintah, begitu kata saya! Cernakan arti dan makna teguran kalau mau didengarkan pendapat dari saya!
25. Zaput amput, taeme zatrat aieng-aiem ingahana! cuhaqian tarnyurat ientue nutor, quan i y e? = 26. Zaloktiv tuntang ziensie xelah gawie’ah amoen xaqilaw te’i cuhaqian pamantar bara ikaw, aequer =
Tanpa ijin, masuk lahan milik-pribadi dilarang! demikian tertulis dengan jelas, kata d i a? Selektiv dan efisien cara kerjanya kalau seperti itu demikian komentar dari kamu, setuju.
( ite paju 10 ). ( ite paju 243 ).