Page 263 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 263
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
76.
149). A N D E R ( kuan galang ) = L I S A N. 150). A N D I Q ( kuan galang ) = G E R A K.
1. A n d e r ein? = L i s a n apa? 1. A n d i q e i n? = G e r a k a p a?
2. Ander a k u e = Lisan s a y a ( Orang ke S a t u ). 2. Andiq a k u e = G e r a k s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. Ander i k a w = Lisan k a m u ( Orang ke D u a ). 3. Andiq i k a w = G e r a k k a m u ( Orang ke D u a ).
4. Ander i y e = Lisan d i a ( Orang ke T i g a ). 4. Andiq i y e = G e r a k d i a ( Orang ke T i g a ).
Kuan galang mandinu solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Ati jadie pamanderaen ander inheilang due qaturoen jeie manjarie baqal barxanger quan akue! = 1. Aequbmaen igalan hadational in’axing2 padang andiq2 leinge-paeie paigael diyae aqat quan akue!
Ada sudah pembicaraan lisan diantara dua keluarga yang menjadi calon berbesan kata saya! = Managemen tarian tradisional di’masing2 daerah gerak2 tangan-kaki penari tidak sama kata saya!
2. Bara barpander ander xaselah epat mate ientue jeie barqawietaen jadie in’nuqukan quan ikaw? = 2. Bara andiqan leinge jeie lemue-lamunyei poro paigael jeie bangat tar’ajaer baqaqa’i quan ikaw? =
Dari berbicara lisan secara empat mata dengan yang bersangkutan sudah dilakukan kata kamu? Dari gerakan tangan yang lemah-gemulai para penari yang sangat terlatih begitu kata kamu?
3. Caehahan iesang exe pamanderan-2 ander jadie mandinue qadarixan due helae baqaqa’i quan i y e. 3. Capat andiqan-2 leinge’ah andue mnuqukankan mancowit eipueq oloen baqaqa’i quan i y e? =
= Ungkapan tentang isi pembicaraan-2 lisan sudah mendapat keputusan dua pihak begitu kata d i a. Cepat gerakan-2 tangannya untuk melakukan mencopet dompet orang begitu kata d i a?
4. Dalaes panae tueieuh rahaet inlaqanihkan pamanderan ander xaselah priaieng baqaqa’i quan akue!= 4. Dalaes in’andiq2an leinge’ah qa’ujun tuntang qapenda andue mreqsa einqah halap2 weie quan akue
Sampai waktu sekarang sedang dilaksanakan pembicaraan lisan secara pribadi begitu kata saya! = Sampai di’gerak2an tangannya keatas dan kebawah untuk kontrol apakah baik2 saya kata saya.
5. Eweih aera oloen jere-pander paruepingan ander jeie inlaqanihkan tueieuh quan ikaw maieseiq? = 5. Einkah ati par’andiqan oloen aere manintue alon2 baal-paeie lemei tueh quan ikaw maieseiq? =
Siapa nama orang juru-bicara perundingan lisan yang dilaksanakan sekarang kata kamu menanya? Apakah ada pergerakan orang banyak menuju lapangan bola-kaki sore i n i kata kamu menanya?
6. Fuetuean xaru’ah xuaqanih paruepingan ander jeie rahaet tarjarie andue panae tueh quan i y e? = 6. Fuetuean par’andiqan oloen aere barnanjung kanqueh tintu ewein jeie manjarie ieseiq quan i y e? =
Gambaran serunya suasana perundingan lisan yang saat terjadi untuk waktu i n i kata d i a? Gambaran pergerakan orang banyak berjalan kemana arah mereka yang menjadi tanya kata d i a?
7. Gaueqan jere-pander andue pajue itah eweih jeie manjari pamander ander itong quan akue? = 7. Gere2 andiqan leinge jeie tiwas manjarie qasalahue jeie manqaesaeqkan qembang quan akue! =
Carikan juru-bicara utk kelompok kita siapa yang menjadi pembicara lisan utama kata saya? Gara2 gerakan tangan yang salah menjadie keseleo yang mengakibatkan bengkak kata saya!
8. Haeis barpander ientue ander ximpun-qrama jeie halap te’i jeie in’itongqan qareh quan ikaw? = 8. Haranan diyae in’andiq2an leinge qamaneran bapire detiq manjari qaqu lemu baqaqa’i quan ikaw!=
Harus berbicara dengan lisan tata-krama yang baik itu yang diutamakan nanti kata kamu? Sebab tidak di’gerak2an tangan kesemutan berapa detik menjadi kaku lemah begitu kata kamu!
9. I y e oloen’ah bar’aera Xangumang jeie ma’aeyue’i ximpun-qrama ander jeie halap bihin tahie! = 9. Igal atonam qaijhean andiq2an paeie tuntang leingeah xaoloen paigal hadational quan i y e! =
D i a orangnya bernama Xangumang yang mempunyai tata-krama lisan yang baik sejak lama! Tari adalah kesatuan gerak2an kaki dan tangannya seorang penari tradisional kata d i a!
10. Jahaey2 ati oloen’ah jeie ma’aeyue’i ander ximpun-qrama baqutaek jeie halap panqieroeiq akue! = 10. Jahaey ma’andiqan leinge tuntang paeie xatahie haban manqaesaekan qaqu quan akue, ieyueh? =
Jarang2 ada orang yang mempunyai lisan tata-krama berbahasa yang baik pendapat saya! Jarang menggerakan tangan dan kaki selama sakit mengakibatkan kaku kata saya, sunggung?
11. Kewoinasi heilang pangqahuman, panjajaran, aqal-rigas tuntang intusuang jeie manjariekan 11. Krakuep leinge in’andiq2an xaqilen qaesaek parungqit kuruq jeie inbaqangkan quan ikaw? =
xasaoloen ma’aeyue’i ximpun-qrama ander halap quan ikaw? = Kombinasi antara pengalaman, Genggam tangan di’gerak2an sebagai akibat penyakit qram-otot yang dideritakan kata kamu?
pendidikan, logika-sehat dan intuisi yang menjadikan seseorang mempunyai tata-krama lisan baik 12. Loyaew qeton ma’andiq2an leinge tuntang paei ueqae eilhae qalulie layueh tinai quan i y e! =
kata kamu? Lengah anda meng’gerak2an tangan dan kaki supaya jangan kembali lumpuh lagi kata d i a!
12. Lingkui2 iesaeng pamanderan ander bangat matangqan andue qolih ahianah baqaqa’i quan i y e? = 13. Mananjungi bariqsa ma’andiq2an quluek, leinge tuntang paei xalimbah haban baqaqa’i quan akue!
Dimensi-2 tentang pembicaraan lisan sangat menentukan untuk hasil ahirnya begitu kata d i a? = Menjalani terapi meng’gerak2an kepala, tangan dan kaki setelah sakit begitu kata saya!
13. Maiqowie uxaeh’ah jere-pander ander jeie halap inhuang xaeleh axelah jeie haeie quan akue! = 14. Natek-2 ati andiqan leinge tuntang paei xaniha aewie jadie tantiehue layueh panqieroeiq ikaw? =
Mengakui perlunya juru-bicara lisan yang baik didalam suatu acara yang besar kata saya! Kadang-2 ada gerakan tangan dan kaki sedikit oleh sudah terlanjur lumpuh pendapat kamu?
14. Nguyang andue manggau jere-pander ander jeie barxartinampin xaqilen xaeleh xandaan quan ikaw! 15. Ojoed prentah onteq ma’andiq2an tunjuq2 leinge xaqilen raongih qatae qabeluman quan i y e! =
= Bingung untuk mencari juru-bicara lisan yang bersertifikat sebagai suatu jaminan kata kamu! Wujud perintah otak meng’gerak2an telunjuk2 tangan sebagai reaksi tanda kehidupan kata d i a!
15. Ongoh’ah axelah’ah rentas aewie ati jere-pander ander andal jeie manggaguloe baqaqa’i quan i y e! 16. Pangiraeq pang’andiq mapairakaet bara partei andue barbaring-horong xaqilen royong quan akue!=
= Buktinya acaranya lancar oleh ada juru-bicara lisan hebat yang membimbing begitu kata d i a! Pengajak penggerak masyarakat dari partei untuk bergotong-royong sebagai bakti kata saya!
16. Palagakan aewie jere-pander ander sakilen ein panaempinah jadie inlaqanihkan quan akue! = 17. Qamadi te’i mangiraeq oloen andue pang’andiq tatawe ganaen langqas-oxan bare quan ikaw? =
Peragakan oleh juru-bicara lisan seperti apa penampilannya sudah dilakukan kata saya! Komedi itu mengajak orang untuk penggerak tertawa karena tingkah-laku lucu kata kamu?
17. Qasaek jatun-ati jere-pander ander jeie andal axelah manjarie nyanyaw panqieroeiq ikaw tutue? = 18. Rusikan jeie halap ma’andiqan oloen andue mamilie ganaen ati onxor panjajaran quan i y e? =
Akibat tidak ada juru-bicara lisan yang hebat acara menjadi kacau pendapat kamu betul? Mainan yang baik menggerakan orang untuk membeli karena ada unsur pendidikan kata d i a?
18. Reganimentasi inqabaunkan aewie jere-pander ander bangat tanggar andue paueqeian quan i y e!= 19. Simpun-qrama ma’andiqan andue jenta-jewuh tuntang johae-jorah qanhung oloen beqe quan akue!
Argumentasi dikedepankan oleh juru-bicara lisan sangat tepat untuk pembukaan kata d i a! = Tata-krama menggerakan untuk ramah-tamah dan sopan-santun kepada orang lain kata saya!
19. Simbukis qeton qanhung jere-pander ander bangat man’awaet mamean panqieroeiq quan akue! = 20. Taxixieq ma’andiqan oloen andue bar’lowah2 huang manghanggapi oetoe baqaqa’i quan ikaw? =
Simpati saya kepada juru-bicara lisan sangat membantu masukan pendapat kata saya! Telaten menggerakan orang untuk ber’hati2 dalam mengendarai mobil begitu kata kamu?
20. Tangkan, qeton bangat maregae’i adep juru-pander ander ienthue manenga laluh quan ikaw? = 21. Uraes oloen in’andiqan aewie abaes mipen ma’aiengi xatahie ma’aeyuei duit panqieroeiq bara i y e.
Tentu, anda sangat menghargai jasa juru-bicara lisan dengan memberi upah kata kamu? = Semua orang digerakan oleh nafsu ingin memiliki selama mempunyai uang pendapat dari d i a.
21. Uguekah qeton einkah olih manjarie juru-pander ander jeie intembehqan temaet quan i y e? = 22. Varka, eweh jeie biyen helu ma’andiqan leinge’ah te’i xaqilen pamopoer cuhaqian quan akue! =
Ragukah anda apakah bisa menjadi juru-bicara lisan yang diharapkan sukses kata d i a? Terka siapa yang lebih dulu menggerakan tangannya itu sebagai pemenang demikian kata saya!
22. Vilia pempah’ah einkah manjari buru’an xaoloen jere-pander ander hindai tangqan quan akue? = 23. Waonderdasikan andiqan xoqial jeie lius itah laqanihkan andue royong maqairakaet quan ikaw? =
Belia umurnya apakah menjadi ukuran seorang juru-bicara lisan belum tentu kata saya? Rekomendasikan gerakan sosial yang akan kita laksanakan untuk bakti masyarakat kata kamu?
23. Waonderdasikan eweih jeie manjarie jere-pander ander huang axelah itah quan ikaw maieseiq? = 24. Xiepkah andue malaqanihkan andiqan barbaring-horong aewie qabaqas roqon-tatejaen quan i y e?=
Rekomendasikan siapa yang menjadi juru-bicara lisan dalam acara kita kata kamu menanya? Siapkah untuk melaksanakan gerakan bergotong-royong oleh ketua rukun-tetangga kata d i a?
24. Xandaan jere-pander ander diyae olih ma’angkuni qaatian metuh axelah bar’laeluean quan i y e? = 25. Yusehan andiqan maqairakaet andue barbaring-hurung bangat wayahan diyae tangqan quan akue!=
Jaminan juru-bicara lisan tidak bisa menguasai keadaan saat acara berlangsung kata d i a? Serbuan gerakan masyarakat untuk bergotong-royong sangat musiman tidak tentu kata saya!
25. Yahsat’ah quan2 jeie impalu’akan aewie jere-pander ander metuh axelah bar’laeluean quan akue!= 26. Zobrakan andue ma’andiqan maqairakaet haeis aewie qabakas qampong atawa ongqo quan ikaw?=
Dahsatnya kata2 yang dikeluarkan oleh juru-bicara lisan saat acara berlangsung kata saya! Gebrakan untuk menggerakan masyarakat harus oleh ketua desa atau tokoh kata kamu?
26. Zaput jere-pander ander hindai tangkan qolih’ah lius manjarie halap cuhaqian quan ikaw? = ( ite paju 98 ).
Tanpa juru bicara lisan belum tentu hasilnya akan menjadi baik demikian kata kamu?
( ite paju 7 ).