Page 267 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 267

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   80.
       157).  A N A Q U L U H    ( kuan galang )      =  KANAK-KANAK.   158). A  N  G  K  A  H    ( kuan galang )          =  L  O  N  G  G  A  R
             1.  Anaquluh   eweh?                         =  Kanak-kanak  siapa?         1. A n g k a h   ein?                              =  L o n g g a r   apa?
             2.  Anaquluh   a k u e                         =  Kanak-kanak  saya                  ( Orang ke S a t u  ).          2. Angkah andaw male                   =  Longgar hari kemaren                ( Waktu Lampau ).
             3.  Anaquluh   i k a w                         =  Kanak-kanak  kamu                ( Orang ke D  u  a  ).         3. Angkah andaw tueh                    =  Longgar hari i n i                      ( Waktu Sekarang ).
             4.  Anaquluh   i  y  e                           =  Kanak-kanak  d i a                   ( Orang ke T i g a  ).               4. Angkah andaw jewue                =  Longgar hari besok              ( Waktu akan Datang ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mandapat awalan dan ahiran :
       1.   Aere anaquluh barusikan inparantaran humae xatahie lemei andaw tueh harimanxie bara akue! =   1.   Aerre qa’angkahan jeie inengakan aewie apang’ah andue uron tue2 tuntang bawie andaw male? =
             Banyak kanak2 bermain dihalaman rumah.selama sore hari i n i informasi dari saya!         Banyak kelonggaran yang diberikan oleh bapaknya untuk anak laki2 dan perempuan hari kemaren?
       2.   Bara anaquluh tomboe manjari tabela baqaqa’i atiah xaining andue oloen jeie rigas quan ikaw? =    2.   Bara ijhe qa’angkahan jeie inengakan qanhung uron’ah ienthue qilak andue manamuei andaw tueh!
             Dari kanak2 tumbuh menjadi remaja begitu adanya setiap untuk orang yang sehat kata kamu?         Dari satu kelonggaran yang diberikan kepada anaknya dengan restu untuk merantau hari i n i!
       3.   Caehahan iesang xaqilaw anaquluh weie langqas-oxan’ah xaqilaw te’i pamantar bara i y e? =    3.   Catetan2 iesang qa’angkahan jeie jadie inengakan qanhung xauraes uron2 dalaes andaw jewue? =
             Ungkapan tentang seperti kanak2 saja tingkah-lakunya seperti itu komentar dari d i a?         Catatan2 tentang kelonggaran yang sudah diberikan kepada semua anak2 sampai hari besok?
       4.   Dalaes tueieuh ewein jadie manjari xapajue anaquluh jeie rigas tuntang linga baqaqa’i quan akue!=   4.   Dalaes andaw tueh weie qa’angkahan jeie inengakan qanhung uron2 xaqulae barfrey andaw male!=
             Sampai sekarang mereka sudah menjadi sekelompok kanak2 yang sehat dan lincah begitu kata saya         Sampai hari ini saja kelonggaran yang diberikan kepada anak2 sekolah berlibur hari kemaren!
       5.   Einkah tueieuh jadie manjari anaquluh jeie rigas tuntang bapire pempahah quan ikaw maieseiq? =   5.   Eweih jeie manenga qeton  qa’angkahan andue diyae bagawie dalaes qanhung andaw tueh? =
             Apakah sekarang sudah menjadi kanak2 yang sehat dan berapa umurnya kata kamu menanya?         Siapa yang memberi kamu kelonggaran untuk tidak bekerja sampai kepada hari i n i?
       6.   Fuetuean iesang apei anaquluh iqei helu xapanae inqampong manjarie ganangan quan i y e! =   6.   Freiqan amoen umbaeq’ah taraju angkah ganaen jadie diyae magep tinai inpenaen andaw jewue! =
             Gambaran tentang masa kanak2 kami dulu sewaktu didesa menjadi kenangan kata d i a!         Afkirkan kalao lubangnya terlalu longgar karena sudah tidak span lagi dipasang hari besok!
       7.   Gauekan paspoto qeton xa’apei anaquluh inhuang albom qaturoen cuhaqaian pamantar bara akue!=    7.   Ganaen umbaeq tawunan jeie angkah jari purah andue manameaen baeq qanhuangah andaw male =
             Carikan fasfoto anda semasa kanak2 didalam album keluarga demikian komentar dari saya!         Karena lubang timbunan yang longgar jadi mudaj untuk memasukan bak kedalamnya hari kemaren
       8.   Haranan axelah timbal-nyelo dhukus andue anaquluh tuntang marawei tatejaen weie quan ikaw? =   8.   Haeis xanihae ati qa’angkahan andiq ueqhae manjari rentas muhun-mandai bara andaw tueh! =
             Sebab acara ulang-tahun khusus untuk kanak2 dan mengundang tetangga saja kata kamu?         Harus sedikit ada kelonggaran gerak supaya menjadi lancar turun-naik dari hari i n i!
       9.   Isxiq halap2 nahigat andue anaquluh xamandiai ganaen xaining oloen beqe xeneh quan i y e? =   9.   Iekgas amoen in’angkahkan sacuhaqian ampi lius manjari rentas andiqanah dalaes andaw jewue? =
             Simak baik2 nasihat untuk kanak2 sekalian karena setiap orang lain faham kata d i a?         Normal kalau dilonggarakan sedemikian rupa akan menjadi lancar gerakannya sampai hari besok?
       10. Jatun-ati anaquluh jeie umba inhuang paranduan andue buhaw paraunan harimanxie bara akue! =   10. Jatun-ati qalambie jeie angkah xaqilaw jeie inmipenqan jeie beqe uraes jeuef bihin andaw male =
             Tidak ada kanak2 yang ikut didalam rombongan untuk pergi wisata informasi dari saya!         Tidak ada pakaian yang longgar seperti yang diinginkan yang lain semua sempit sejak hari kemaren
       11. Kecap jeie aere in’ipeni aewi anaquluh xapanae quman bari cuhaqian qaatianah quan ikaw? =   11. Kiejierung qa’angkahan qalambie diyae ugael andue inpenaenqan inbitie qurik bara andaw tueh! =
             Kecap yang banyak disukai oleh kanak2 sewaktu makan nasi demikian keadaannya kata kamu?         Cenderung kelonggaran pakaian tidak cocok untuk dipasangkan dibadan kecil dari hari i n i!
       12. Lantih tutue huang barpander ati tartangqan weie anaquluh jeie xaqilaw te’i baqaqa’i quan i y e! =   12. Laque in’angkahqan xanihae andue buru’a ambi ujun jeie ragam handang dalaes andaw jewue? =
             Centil betul dalam berbicara ada tertentu saja kanak2 yang seperti itu begitu kata d i a!         Minta dilonggarkan sedikit untuk ukuran baju atas yang warna merah sampai hari besok?
       13. Mahien anaquluh tueh jeie haeis qeton bartehuekan andue man’inqatawi dahaen ewein quan akue!=   13. Mapai ma’angkahkan xanihae qalambie jeie qantat uxaeh panae telo andaw bihib bara andaw male
             Justru kanak2 ini yang harus anda berdayakan untuk mengetahui bakat mereka kata saya!         = Masa melonggarkan sedikit pakaian yang ketat perlu waktu tiga hari sejak dari hari kemaren.
       14. Naluwae xasinde amoen qeton manjajarkan anaquluh mipen manjarieqan xaqilen ein quan ikaw? =   14. Naluwae amoen xanihae angkah qalambie jeie iehapae andue xarogam xaqulae bara andaw tueh! =
             Leluasa sekali kalau anda mendidikan kanak2 ingin menjadikan seperti apa kata kamu?         Leluasa kalau sedikit longgar pakaian yang dipakai untuk seragam sekolah dari hari i n i!
       15. Oloen baqas jeie jadie mahalawi apai anaquluh tangkan rahayue huang qabeluman ewein quan i y e   15. Ombet, eilhae in’angkahkan xanihaepun aewie benangah bangat maraewae dalaes andaw jewue! =
             = Orang tua yang sudah melewati masa kanak2 tentu bahagia dalam kehidupan mereka kata d i a.         Cukup, jangan dilonggarkan sedikitpun oleh kainnya sangat trannparan sampai hari besok!
       16. Primeles ientue ritue anaquluh jeie diyae olih basaqulae cuhaqian panqieroeiq bara akue, tutue? =   16. Pundueqah in’angkahkan xanihae umbaeqah ueqhae manjari rentas andue nameaen andaw male! =
             Prihatin dengan nasib kanak2 yang tidak bisa bersekolah demikian pendapat dari saya, betul?         Pahatannya dilonggarkan sedikit lubangnya supaya menjadi lancar untuk masukan hari kemaren!
       17. Qronquas amoen qeton ma’iete’i anaquluh jeie diyae barsaqulae ma’laqu2 inqartak quan ikaw? =   17. Qronquas aewie xanihae angkah cuhaqian manumuen panqieroeiq qeton bara andaw tueh? =
             Kontras kalau anda melihat kanak2 yang tidak bersekolah me’minta2 dijalan kata kamu?         Kontras oleh sedikit longgar demikian menurut pendapat anda dari hari i n i?
       18. Raju qilenkueh ritue anaquluh jeie diyae olih barxaqulae ein jeie lius qeton nuqukan quan i y e? =   18. Raju qilenkueh jadie tantiehue angkah diyae olih inqaluliekan tinai dalaes qanhung andaw jewue!=
             Lalu bagaimana nasib kanak2 yang tidak bisa bersekolah apa yang akan anda lakukan kata d i a?         Lalu bagaimana sudah terlanjur longgar tidak bisa dikembalikan lagi sampai kepada hari besok!
       19. Sareah aere anaquluh jeie diyae olih mandaruskan barxaqulae ganaen qaehae quan akue! =   19. Sareah bapire qa’angkahan jadie inengakan qanhung xauraes jeie mahapae bihin bara andaw male=
             Memang banyak kanak2 yang tidak bisa meneruskan bersekolah karena miskin kata saya!         Memang berapa kelonggaran sudah diberikan kepada semua yang memakai sejak dari hari kemaren
       20. Tangkan aloehpun magun anaquluh ewein uxaeh pakaian, panjajaran, asie-xayang quan ikaw? =   20. Tantiehue umbaq’ah jadie angkah tuntang bardahang manjari haeie inqatawahie bara andaw tueh!=
             Tentu walaupun masih kanak2 mereka perlu pakaian, pendidikan, kasih-sayang kata kamu!         Terlanjur lobangnya sudah longgar dan bertambah menjadi besar diketahui dari hari i n i!
       21. Uendang2 weie xa’apei magun anaquluh diyae lius buhaw qankueh qeya baqaqa’i quan i y e! =   21. Ugue, einkah jadie in’angkahkan aewie panjabe jeie bar’angqun einqah inlaqanihkan andaw jewue?
             Santai2 saja semasa masih kanak2 tidak akan pergi kemana juga begitu kata d i a!         = Ragu, apakah sudah dilonggarkan oleh pejabat yang berkuasa apakah dilaksanakan hari besok?
       22. Vilia pempahah magun anaquluh jeie aere diyae olih barxaqulae ein zendaqan qeton quan akue! =    22. Vurukat2 uehat jadie angkah jeie ati inhuang vas tomboean qambang jadie bara andaw male =
             Belia umurnya masih kanak2 yang banyak tidak bisa bersekolah. apa tindakan anda kata saya!         = Serabut2 akar sudah longgar yang ada didalam pot tumbuhan bunga sudah dari hari kemaren.
       23. Waonderdasikan anaquluh jeie magun belum qaehae indok olih barxaqulae panqieroeiq bara ikaw!   23. Wetahkah qeton andue andaw tueh mahapa qalambie jeie angkah inbitie baqaqa’i in’ieseiqan! =
             Rekomendasikan kanak-2 yang masih hidup miskin agar bisa bersekolah pendapat dari kamu!         Betahkah anda untuk hari i n i memakai pakaian yang longgar dibadan begitu ditanyakan!
       24. Xuewaet anaquluh qalompos manjari anggong-tumbah pamarentah, baqaqa’i quan ikaw i y e? =   24. Xuewaet andaw jewue pagawiean andue ma’angkahkan umbak masin, diyae olih umba batuelaeq =
             Masalah kanak-2 pemulung menjadi tanggung-jawab pemerintah, begitu kata d i a?         Masalah hari besok pekerjaan untuk melonggarkan lubang mesin, tidak bisa ikut berangkat.
       25. Yahsat tuntang aere xuewaet anaquluh indonesia dalaes tueieuh hindai tar’ujun’i quan akue! =   25. Yabahlah qeton andue andaw male jatun-ati inengakan qa’angkahan freiy bara gawie! =
             Dahsat dan banyak masalah kanak2 indonesia sampai sekarang belum teratasi kata saya!         Tabahlah anda untuk hari kemaren tidak ada diberikan kelonggaran libur dari kerja!
       26. Zaput anaquluh jatun-ati jereh pandarus uetues oloen Dayak-Ngaju cuhaqian panqieroeiq ikaw? =   26. Zaput ati qa’angkah’an umbaq masin tueh diyae olih belum aewie andaw tueh diyae olih nahaseng.
             Tanpa kanak-2 tidak ada gererasi penerus bangsa orang Dayak-Ngaju demikian pendapat kamu?         Tanpa ada kelonggaran lubang mesin ini tidak bisa hidup oleh hari i n i tidak bisa bernapas.
                                                                                             ( ite paju 275 ).                                                                                      ( ite paju 179 ).
   262   263   264   265   266   267   268   269   270   271   272