Page 292 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 292

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   105.
        207). A N T A M – A N T A M    ( kuan galang ) =  A N C A N G – A N C A N G.   208). A N T A E H O E R  ( kuan galang )      =  M O T I V A T O R.
              1. Antam-antam    e i n?                            =  Ancang – ancang   apa?         1. A n t a e h o e r   e w e i h?                     =  M o t i v a t o r   s i a p a?
              2. Antam-antam    a k u e              =  Ancang-ancang  s a y a             ( Orang ke S a t u  ).         2. A n t a e h o e r   a k u e              =  Motivator   s a y a                    ( Orang ke S a t u  ).
              3. Antam-antam    i k a w              =  Ancang-ancang  k a m u           ( Orang ke T i g a  ).         3. A n t a e h o e r   i k a w              =  Motivator   k a m u                  ( Orang ke D  u  a  ).
              4. Antam-antam    i  y  e                  =  Ancang-ancang  d  i  a              ( Orang ke T i g a  ).          4. A n t a e h o e r   i  y  e                  =  Motivator   d  i  a                       ( Orang ke T i g a ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mandapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Aloehpun jadie in’antam2 andue buhuet bardari capat magun weie tar’rimeit andiqan quan akue!=   1.   Ati ijhe caqang qaji yetei xaoloen antaehoer jeie pathei manenga xaeleh qapunaean quan akue! =
             Walaupun sudah di’ancang2 untuk posisi berlari cepat masih saja terlambat gerakan kata saya!         Ada satu cabang ilmu yaitu seorang motivator yang mampu memberi suatu kenyakinan kata saya!
       2.   Bara ajaeran mang’antam2 xelah buhut bardari capat cuhaqian haru inqatawahi baqaqa’i quan ikaw    2.   Bardahan uron qeton andue manjari xaoloen antaehoer aewie diyae xauraes oloen quan ikaw? =
             = Dari latihan meng’ancang2 cara posisi berlari cepat demikian baru diketahui begitu kata kamu.         Berbakat anak anda untuk menjadi seorang motivator oleh tidak semua orang kata kamu?
       3.   Capat qeton manukukan antam2 in’ujun dapar-tampar andue xapring cuhaqian quan i y e? =    3.   Catetan2 bara xaoloen antaehoer andue inpajajari aewie eweih weie jeie maqu cuhaqian quan i y e
             Cepat anda melakukan ancang2 diatas ring-tinju untuk teman-latih demikian kata d i a?         = Catatan2 dari seorang motivator untuk dipelajari oleh siapa saja yang mau demikian kata d i a.
       4.   Dalaes intiringkan antam2 xaqilaw ein ampi buhutah quda2 xilat qanhung uron2 tabela quan akue=   4.   Dalaes tueieuh magun olih in’iese’i inthue tunjuq andue xaoloen antaehoer baqaqa’i quan akue! =
             Sampai dicontohkan ancang2 seperti apa rupa posisinya kuda2 silat kepada anak2 remaja kata saya         Sampai sekarang masih bisa dihitung dengan  telunjuk untuk seorang  motivator begitu kata saya!
       5.   Einkah jadie in’antam2 qagocaan huruq jeie lius inhapae manjijit oetoe rahaet buhues quan ikaw =   5.   Ein pagawiean xaoloen antaehoer te’i, yetei manjajae adep qanhung oloen beqe baqaqa’i quan ikaw
             Apakah sudah di’ancang2 kekuatan tali yang akan dipakai menarik mobil sedang amblas kata kamu         = Apa pekerjaan seorang motivator itu, yaitu menjual jasa kepada orang lain begitu kata kamu.
       6.   Fuetuean xaeleh antam2 te’i xaqilaw einkah tenga tiring jeie nutor indoq maqartie quan i y e! =   6.   Fuetuean antaehoer xaqilaw manenga antaevasi qanhung oloen beqe jeie uxaeh in’awaet quan i y e
             Gambaran suatu ancang2 itu seperti apakah beri contoh yang jelas agar mengerti kata d i a!         = Gambaran motivator seperti memberi motivasi kepada orang lain yang perlu dibantu kata d i a.
       7.   Ganaen qeton diyae mang’antam2 amoen mipen malieuetkan maiepietkan oetoe quan akue? =   7.   Gagalaen xaoloen antaehoer bangat in’uxaehkan andue xaoloen jeie puxang panqieroeiq bara akue
             Karena anda tidak meng’ancang2 kalau inging membelokan menyetir mobil kata saya?         = Bimbingan seorang motivator sangat diperlukan untuk seorang yang stres pendapat dari saya.
       8.   Haeis in’antam2 helu amoen qeton mipen malieuetkan maiepiet oetoe eilhae laeluewa quan ikaw =   8.   Hanae ponten’ah andue mandinuekan xaeleh antaevaxi bara xaoloen antaehoer baqaqa’i quan ikaw
             Harus di’ancang2 dulu kalau anda ingin membelokan menyetir mobil jangan langsung kata kamu.         = Mahal nilainya untuk mendapatkan suatu motivasi dari seorang motivator begitu kata kamu.
       9.   Iete’i helu xalimbah te’i antam2 andue barlieut indoq diyae tar’tarang oloen beqe quan i y e? =    9.   Ieamalan ijhe onxor in’uxaehkan xalimbah mandinue gagalaen xaoloen antaehoer ilaqah quan i y e
             Lihat dulu setelah itu ancang2 untuk berbelok agar tidak tertabrak orang lain kata d i a?          = Disiplin satu unsur diperlukan setelah mendapat bimbingan seorang motivator puaskah kata d i a.
       10. Jaelen qeton mang’antam2 ueqhae baguan liqut eilhae tarhandas inthue jambengan quan akue! =   10. Jolentasie ientue xaoloen antaehoer bangat in’uxaehkan xaqilen qartak qalu’a xuwaet quan akue! =
             Reflek anda meng’ancang2 supaya bagian belakang jangan tergesek dengan jembatan kata saya!         Konsultasi dengan seorang motivator sangat diperlukan sebagai jalan keluar masalah kata saya!
       11. Kewoinasi helang pangkahuman, parnahae’an weie andue manduan antam2 diyae reziqo quan ikaw   11. Kasarene xaoloen antaehoer manengakan antaevasi xaselah voqaw qanhung oloen quan ikaw? =
             = Kombonasi antara pengalaman, perkiraan saja untuk mengambil ancang2 tidak resiko kata kamu.         Kapasitas seorang motivator memberikan motivasi secara resmi kepada orang kata kamu?
       12. Loyaew qeton amoen diyae manduean antam2 qasaekah manjari tindas oetoe tar’tarang quan i y e   12. Logaei ientue xaoloen antaehoer in’uxaehkan andue xaoloen jeie rahaet linggar baqaqa’i quan i y e
             = Lengah anda kalau tidak mengambil ancang2 akibatnya menjadi fatal mobil tertabrak kata d i a.         Dialoh dengan seorang motivator diperlukan untuk seorang yang sedang labil begitu kata d i a.
       13. Mahien ientue manduean antam2 buanan liqut oetoe diyae buah handasan baqaqa’i quan akue! =   13. Matdue2 ein weie jeie in’uxaehkan xasaoloen andue in’antaehoerqan, tiringah puxang quan akue!=
             Justru dengan mengambil ancang2 bagian belakang mobil tidak kena gesekan begitu kata saya!         Gejala2 apa saja yang diperlukan seseorang untuk dimotivatorkan, contohnya stres kata saya!
       14. Nateiq2 tar’rimeit manduean yoqap andue qadarisan manuqukan antam2 qasaek tindas quan ikaw=   14. Nantangan buan xaoloen antaehoer indoq oloen jeie in’antaevasiqan manjari barqolih quan ikaw?=
             Kadang2 terlambat mengambil sikap untuk keputusan melakukan ancang2 akibat fatal kata kamu.         Tantangan bagi seorang motivator agar orang yang dimotivasikan menjadi berhasil kata kamu?
       15. Olih manduean yoqap antam2 tarbiyeh helu xeambil maiete’i qaatian xajuqar baqaqa’i quan i y e =   15. Ondaan xaoloen antaehoer atonam qatemaetan tarharep oloen jeie in’awaet xuwaetah quan i y e! =
             Bisa mengambil sikap ancang2 terlebih dulu sambil melihat keadaan sekitar begitu kata d i a.         Idaman seorang motivator adalah kesuksesan terhadap orang yang dibantu masalahnya kata d i a!
       16. Pathei manduan antam2 amoen xaqilaw tueh qareh lius baqaei qolih parnahaean quan akue? =   16. Primeles amoen xaoloen antaehoer upaew huang tongas’ah te’i diyae inmipenqan quan akue! =
             Mampu mengambil ancang2 kalau seperti ini nanti akan begini hasil perkiraan kata saya?         Prihatin kalau seorang motivator gagal dalam tugasnya itu tidak diinginkan kata saya!
       17. Qasaek ientue manduean antam2 tarbiyen helu pagawiean aere jeie barqolih panqieroeiq ikaw? =   17. Qatae2 qaupaewan xaoloen antaehoer tar’iete’i bara qolih pagawiean oloen jeie indohop quan ikaw
             Akibat dengan mengambil ancang2 terlebih dulu pekerjaan banyak yang berhasil pendapat kamu?         = Tanda2 kegagalan seorang motivator terlihat dari hasil pekerjaan orang yang ditolong kata saya.
       18. Rahas aewie qatiwasan manduean antam2 barqasaek buanan liqut oetoe tarhandas quan i y e! =    18. Raju, ein weie bahuwa bara qolih gawie xaoloen antaehoer, xareah bangat lapis qolihah quan i y e
             Kesal oleh kesahan mengambil ancang2 berakibat bagian belakang mobil tergesek kata d i a!         = Lalu, apa saja produk dari hasil kerja seorang motivator, memang sangat tipis hasilnya kata d i a.
       19. Sareah, antam2 te’i bangat iuxaehkan andue xaeleh pagawiean ueqhae barqolih baqaqa’i quan akue   19. Sienjean helang pangqahuman ientue ilmu antaevasie aewie xaoloen antaehoer baqaqa’i quan akue
             = Memang, ancang2 itu sangat diperlukan untuk suatu pekerjaan supaya berhasil begitu kata saya.         = Gabungan antara pengalaman dengan ilmu motivasi oleh seorang motivator begitu kata saya.
       20. Tehu-lagaian andue manduan qadarisan antam2 atonam zendakan jeie tanggar, andal quan ikaw? =   20. Tar’antaevasie ientue halap, aewie xaoloen antaehoer jeie in’gaue adepah aewie oloen quan ikaw?
             Daya-pikir untuk mengambil keputusan ancang2 adalah tindakan yang tepat, hebat kata kamu?         = Termotivasi dengan baik, oleh seorang motivator yang dicari jasanya oleh orang kata kamu?
       21. Upaew qeton manduean xaelah antam2 reziqo in’anggong xabuaet xaqilaen qasaek quan i y e? =   21. Ugue, einkah uron qeton te’i olih i’antaevasikan aewie xaolon antaehoer xuwaetah quan i y e? =
             Gagal anda mengambil suatu ancang2 resiko ditanggung sendiri sebagai akibat kata d i a?         Ragu, apakah anak anda itu bisa dimotivasikan oleh seorang motivator masalahnya kata d i a?
       22. Vonyahkan weie ientue ma’ampakan antam2 xahindai malaqanihkan xaeleh pagawiean quan akue   22. Varka, einkah antaehoer te’i lius barqolih manengakan antaevasi qanhung uron qeton quan akue? =
             = Fokuskan saja dengan membuatkan ancang2 sebelum melaksanakan suatu pekerjaan kata saya.         Terka, apakah motivator itu akan berhasil memberikan motivasi kepada anak anda kata saya?
       23. Wangupkah qeton manjapaekan xaeleh antam2 xaqilen xaeleh xraewot jeie parbanen quan ikaw? =   23. Waonderdasikan bara eweih jeie olih manengakan antaehoer andue uron qeton baqaqa’i quan ikaw
             Sanggupkah anda menciptakan suatu ancang2 sebagai suatu systim yang permanen kata kamu?         = Rekomendasikan dari siapa yang bisa memberikan motivasi untuk anak anda begitu kata kamu.
       24. Xiexieq manxiepkan xaeleh antam2 andue pagawiean jeie halie te’i oloen andal quan i y e! =   24. Xiep xaoloen antaehoer andue manengakan antaevasi qanhung uron qeton aequerqah quan i y e? =
             Telaten menyiapkan suatu ancang2 untuk pekerjaan yang sulit itu orang hebat kata d i a!         Siap seorang motivator untuk memberikan motivasi kepada anak anda setujukan kata d i a?
       25. Yokap bar’buwah2 manjariqan antam2 bangat halap tuntang jeie itong panqieroeiq bara akue! =   25. Yukahaen antaevasi aewie xaoloen antaehoer inxasanggakan inthue xuwaetah baqaqa’i quan akue!
             Sikap ber’hati2 menjadikan ancang2 sangat baik dan yang utama pendapat dari saya!         Sandaran motivasi oleh seorang motivator disesuaikan dengan masalahnya begitu kata saya!
       26. Zarmonie xasinde helang antam2, pagawie, panuquan pagawiean, muaen2, baqaqa’i quan ikaw? =   26. Zhutdu, laehaeip andue manengakan antaehoer te’i bangat in’uxaehkan buan xiuron quan ikaw! =
             Harmonis sekali antara ancang2, pekerja, pelaksanaan pekerjaan, bahan2, begitu kata kamu?         Gairah, semangat untuk memberikan motivasi itu sangat diperlukan gagi sianak kata kamu!
                                                                                                       ( ite paju  201).                                                                                                 ( ite paju 157 ).
   287   288   289   290   291   292   293   294   295   296   297