Page 296 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 296
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
109.
215). A N T U T ( kuan galang ) = I R I N G. 216). A N U E ( kuan galang ) = J E D A.
1. A n t u t e i n? = I r i n g a p a? 1. A n u e e i n ? = J e d a a p a?
2. A n t u t a k u e = I r i n g s a y a ( Orang ke S a t u ). 2. A n u e andaw male = J e d a hari kemaren ( Waktu Lampau ).
3. A n t u t i k a w = I r i n g k a m u ( Orang ke D u a ). 3. A n u e andaw t u e h = J e d a hari i n i ( Waktu Sekarang ).
4. A n t u t i y e = I r i n g d i a ( Orang ke T i g a ). 4. A n u e andaw jewue = J e d a hari besok ( Waktu akan datang ).
Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Ati aeueh ba’as jeie ma’antuti qeton manxindin huang pajue quur quan akue! = 1. Aloehpun qeton barpander rentas, tagael magun ati anue’ah xaqilaw qatae qoema andaw male? =
Ada suara bariton yang mengiringi anda menyanyi dalam kelompok paduan-suara kata saya! Walaupun anda berbicara lancar, tetapi masih ada jedanya seperti tanda koma hari kemaren?
2. Bar’antut2an ewein bananjung paeie huang ijhe reteian ienthue raxiq bar’ayaq2 baqaqa’i quan ikaw 2. Bar’anue amoen qeton man’azae xaeleh qitab xansanae tuntang manxasanaekan andue andaw tueh
= Ber’iring2an mereka berjalan kaki dalam satu jejeran dengan rapi ber’sama2 begitu kata kamu. = Ber’jeda kalau anda membaca suatu buku ceritera dan menceriterakan untuk hari i n i.
3. Capat2 qeton ma’antuti uron jeie bapempah ijhe nyelo bananjung inliqutah cuhaqian quan i y e! = 3. Capat qeton man’azae xindemat, tagael magun ati anue’ah einqah intubari, lakque, andaw jewue? =
Cepat2 anda mengiringi anak yang berumur satu tahun berjalan dibelakang demikian kata d i a! Cepat anda membaca kalimat, tetapi masih ada jedanya apakah intonasi, dialek, hari besok?
4. Dalaes tueieuh uron qurik jeie bapempah ijhe nyelo haeis in’antuti amoen bananjung quan akue! = 4. Dalaes jatun-ati anue amoen man’azae te’i tapaes halap ati qoema, intubari, lakque, andaw male! =
Sampai sekarang anak kecil yang berumur satu tahun harus diiringi kalau berjalan kata saya! Sampai tidak ada jeda kalau membaca itu kurang baik ada koma, intonasi, dialek, hari kemaren!
5. Eweih jeie mang’antuti qeton manxindin ati aeuehah bara qarong xansilae baqaqa’i quan ikaw? = 5. Einkah oloen man’azae xindemat te’i haeis ati anue’ah xaqilen uehi, qamelohan bara andaw tueh!=
Siapa yang mengiringi anda menyanyi ada suaranya dari kamar sebelah begitu kata kamu? Apakah orang membaca kalimat itu harus ada jedanya sebagai seni, keindahan dari hari i n i!
6. Fuetuean’ah bangat nutor ganaen ati oloen jeie man’antuti qeton bananjung inliquet quan i y e? = 6. Fuetuean oloen bapanderto te’i qeya ati anue aeueh mandaei, luwah2, lahaeif andue andaw jewu? =
Gambarannya sangat jelas karena ada orang yang mengiringi anda berjalan dibelakang kata d i a? Gambaran orang berpidato itu juga ada jeda suara naik, pelan2, semangat untuk hari besok?
7. Gauekan aeluh tabela tuntang tue2 bujang andue pang’antut panganten parlaquan bara akue! = 7. Ganaen jatun ati anue, oloen bapanderto manjari manutun qajarianah mampedaqan andaw male? =
Carikan gadis remaja dan laki2 lajang untuk pengiring pengantin permintaan dari saya! Karena tidak ada jeda, orang berpidato menjadi monoton kejadiannya membosankan hari kemaren?
8. Haeis bapire oloen aeluh tuntang tue2 tabela andue pang’antut pangantenn in’uxaehkan quan ikaw 8. Haeis, anue te’i iuxaehkan, ueqhae diyae mampedakan oloen jeie mahining andue andaw tueh! =
= Harus berapa orang gadis dan laki2 remaja untuk pengiring pengantin diperlukan kata kamu. Harus, jeda itu diperlukan, supaya tidak membosankan orang yang mendengar untuk hari i n i!
9. Igalan in’antuti aewie qaordibari andiqan quluek, leinge, paeie, maampikan ijhe-qaijhean quan i y e 9. Ientue ati anue, berimae qeya ati uhie’ah amoen andue oloen bapanderto dalaes andaw jewue? =
= Tarian diiringi oleh koordinasi gerakan kepala, tangan, kaki, merupakan satu-kesatuan kata d i a. Dengan ada jeda, berarti juga ada seninya kalau untuk orang berpidato sampai hari besok?
10. Jialoeh ati oloen jeie umba mang’antuti qeton barxanian andue bananjung paie baqaqa’i quan akue 10. Jatun-ati anue amoen bapanderto te’i bangat mampedakan baqaqa’i panqieroeiq bara andaw male!=
= Kecuali ada orang yang ikut mengiringi anda bersedia untuk berjalan kaki begitu kata saya. Tidak ada jeda kalau berpidato itu sangat membosankan begitu pendapat dari hari kemaren!
11. Kramen pang’antut andue qeton manxindin, einkah jadie xiep malaqanihkan tongas quan ikaw? = 11. Kameles, qareh qeton pean andue marangankan anue huang bapanderto baqaqa’i peteh andaw tueh
Musik pengiring untuk anda menyanyi, apakah sudah siap melaksanakan tugas akata kamu? = Kuatir, nanti anda lupa untuk menempatkan jeda dalam berpidato begitu pesan hari i n i.
12. Loyaw mang’antuti uron qeton baejaer bananjung, qareh olih targalixaer baqaqa’i quan i y e? = 12. Layakan parbowahan oloen xapanae bapanderto ientue ma’ampakan anue tartangkan andaw jewue
Lengah mengiringi anak anda belajar berjalan, nanti bisa tergelincir begitu kata d i a? = Alihkan perhatian orang sewaktu berpidato dengan membuatkan jeda tertentu hari besok.
13. Mundui tutue diyae barlahaeif xasinde mang’antuti qeton manxindin haranan ein quan akue? = 13. Manengakan anue inhuang pander atawa bapanderto te’i bangat in’uxaehkan uehi bara andaw male
Lesu betul tidak bersemangat sekali mengiringi anda menyanyi sebab apa kata saya? = Memberikan jeda didalam bicara atau berpidato itu sangat diperlukan seni dari hari kemaren.
14. Nateiq2 aeueh jeie mang’antuti qeton manxindin manihaw aewie ajaeq aeueh baqaqa’i quan ikaw? 14. Nateiq2 oloen pean manengakan anue xakilen uhie huang pander atawa bapanderto andaw tueh? =
= Kadang2 suara yang mengiringi anda menyanyi menghilang oleh kalah suara begitu kata kamu? Kadang2 orang lupa memberikan jeda sebagai seni dalam bicara atau berpidato hari i n i?
15. Opiek pamanderan qeton atonam xuewaet andue maientih pang’antut paxindin beyang quan i y e = 15. Olih in’nenga anue xaqilaw hureh atawa quan2 jeie bare indoq diyae mampedakan andaw jewue? =
Topik pembicaraan anda adalah masalah untuk memilih pengiring penyanyi latar kata d i a. Bisa diberikan jeda seperti humor atau kata2 yang lucu agar tidak membosankan hari besok?
16. Pang’antut ein jeie qeton gaeu andue maxindin, igalan, panganten, olih ikei awat quan akue! = 16. Pang’antut anue inhuang bapanderto qeton olih qramen, igalan, rawaq, jadie ati bara andaw male!=
Pengiring apa yang anda cari untuk menyanyi, tarian, pengantin, bisa kami bantu kata saya! Pengiring jeda didalam berpidato anda bisa musik, tarian, lawak, sudah ada dari hari kemaren!
17. Qro tuntang qoqron oloen andue panxindin pang’antut beyang qeton buhein cuhaqian quan ikaw?= 17. Qatae2 oloen pedae mahining panderto, olih inenga anue andue malayaekan xuaqanih andaw tueh
Pro dan kontra orang untuk penyanyi pengiring latar anda kenapa demikian kata kamu? = Tanda2 orang bosan mendengar pidato, bisa diberi jeda untuk mengalihkan suasana hari i n i.
18. Rahaet malaqanihkan mang’antuti xaqilen panxindin beyang in’ujun loedaeng baqaqa’i quan i y e! 18. Rupiengkan oloen bapanderto amoen inenga anue ientue jeie jatun-ati in’nenga anue andaw jewue
= Sedang melaksanakan mengiringi sebagai penyanyi latar diatas panggung begitu kata d i a! Bandingkan orang berpidato kalau diberi jeda dengan yang tidak ada diberi jeda hari besok.
19. Solak qeton jeie manxindin in’ujun loedaeng xaqilen pang’antut beyang tueieuh aere quan akue = 19. Simbukis oloen lius faud amoen panderto te’i ati inenga qelingen anue bihin bara andaw male? =
Awal anda yang menyanyi diatas panggung sebagai pengiring latar sekarang banyak kata saya. Simpati orang akan beda kalau pidato itu ada diberi selingan jeda sejak dari hari kemaren?
20. Tongas mang’antuti xaqilen panxindin beyang jadie inlakanihkan ientue halap baqaqa’i quan ikaw 20. Teiteiqlah amoen panderto inengakan bapire anue, lius maimbiet qahalapan qeton andaw tueh! =
= Tugas mengiringi sebagai penyanyi latar sudah dilaksanakan dengan baik begitu kata kamu. Percayalah kalau pidato diberikan berapa jeda, akan membawa kebaikan untuk anda hari i n i!
21. Uraes eiwein atonam panxindin pang’antut beyang xeyaehah due walas oloen baqaqa’i quan i y e! 21. Uraes oloen tangkan hanjak mendengar amoen ati anue andue qelingen panderto andaw jewue? =
= Semua mereka adalah penyanyi pengiring latar jumlahnya dua belas orang begitu kata d i a! Semua orang tentu senang mendengar kalau ada jeda untuk selingan pidato hari besok?
22. Varigaes xaqilen paxindin beyang in’uxaehkan andue mang’antuti panxindin xulu pamanatar akue 22. Vieciet panderto’ah diyae mauxaehkan qelingen anue maxasanggakan xiteasi bara andaw male? =
= Stamina sebagai penyanyi latar diperlukan untuk mengiringi penyanyi solo komentar saya. Ringkas pidatonya tidak memerlukan selingan jeda menyesuaikan situasi dari hari kemaren?
23. Waeqar haeie andue rangan panxindin beyang mang’antuti paxindin xulu cuhaqian pamantar ikaw 23. Wetah oloen aere mahining panderto’ah aewie inqelingen ientue anue2 jeie retan qro andaw tueh =
Mimbar besar untuk tempat penyanyi latar mengiringi penyanyi solo demikian komentar kamu. Betah orang banyak mendengar pidatonya oleh diselingi dengan jeda2 yang segar pro hari i n i.
24. Xlembang, qeton mang’antuti aba jeie rahaet manxindin dindang ru’ani inhumae quan i y e? = 24. Xaru pamanderan aewie inqelingen ientue anue2 jeie bareh tuntang retan aemueah andaw jewue?=
Spontan, anda mengiringi ayah yang sedang menyanyi lagu rohani dirumah kata d i a? Seru pembicaraan oleh diselingi dengan jeda2 yang lucu dan segar andainya hari besok?
25. Ye, te’i ati aeueh beyang jeie mang’antuti paxindin xulu quan akue jeie mahining bara yadio! = 25. Ye, panderto bangat vieciet, jari jatun-ati inengakan anue qadarixan maiete’i qaatian andaw male =
Ya, itu ada suara latar yang mengiringi penyanyi solo kata saya yang mendengar dari radio! Ya, pidato sangat singkat, jadi tidak ada diberikan jeda keputusan melihat keadaan hari kemaren.
26. Zowaet ampiq-ampoq andue paxindin xulu tuntang paxindin pang’antut beyang ledang quan ikaw 26. Zarbawa bara xaeleh panderto intangqankan aewie parciqaran anue toqenis jeie ombet andaw tueh
Aplus sorak-sorai untuk penyanyi solo dan penyanyi pengiring latar pentas kata kamu. = Karisma dari suatu pidato ditentukan oleh persaratan jeda dan tehnis yang cukup hari i n i.
( ite paju 96 ). ( ite paju 2 ).