Page 297 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 297
KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU
110.
217). A N Y A K ( kuan galang ) = S U S U L. 218). A N Y A N G ( kuan galang ) = A S U H.
1. A n y a k e w e i h? = S u s u l s i a p a? 1. A n y a n g e w e i h? = A s u h s i a p a?
2. A n y a k a k u e = S u s u l s a y a ( Orang ke S a t u ). 2. A n y a n g a k u e = A s u h s a y a ( Orang ke S a t u ).
3. A n y a k i k a w = S u s u l k a m u ( Orang ke D u a ). 3. A n y a n g i k a w = A s u h k a m u ( Orang ke D u a ).
4. A n y a k i y e = S u s u l d i a ( Orang ke T i g a ). 4. A n y a n g i y e = A s u h d i a ( Orang ke T i g a ).
Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mandapat awalan dan ahiran : Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian = Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
1. Ati oloen jeie ma’anyak qeton bardari hung hanjewu andaw xapanae barngaqal-raga quan akue? = 1. Ati tongas itong bara aba-umaey ma’anyang xequt, awoe, anaquluh, tabela, baqaqa’i quan akue? =
Ada orang yang menyusul anda berlari pada pagi hari sewaktu berolah-raga kata saya? Ada tugas utama ayah-mamah mengasuh janin, bayi, balita, kanak2, remaja, begitu kata saya?
2. Bujuer bar’anyak2an oloen aere bar’dari2 hanjewu andaw aehaed andue barngaqal-raga quan ikaw 2. Baqas jadie apang-indang xaraju ma’anyang uron2ah dalaes tueieuh manjari aqaes quan ikaw? =
= Searah ber’susul2an orang banyak ber’lari2 pagi hari minggu untuk berolah-raga kata kamu. Tua sudah bapak-nyonya selalu mengasuh anak2nya sampai sekarang menjadi dewasa kata kamu?
3. Capat xasinde qeton olih ma’anyak oloen jeie jadie ati bar’dari2 inbauen barngaqal-raga quan i y e 3. Calatiwae bapa-indu ma’anyang uron atonam xaeleh jeie amuni aewie daha-axien ewein quan i y e
Cepat sekali anda bisa menyusul orang yang sudah ada ber’lari2 didepan berolah-raga kata d i a. = Peristiwa bapak-ibu mengasuh anak adalah suatu yang alami oleh darah-daging mereka kata d i a
4. Dalaes qantueh qeton ma’anyak ienthue barnanjung paie inpenda laxut mateandaw quan akue? = 4. Dalaes tueieuh ain-anyang ati hung umaey aewie xasangga qadarisan panghaniean quan akue! =
Sampai kesini anda menyusul dengan berjalan kaki dibawah panas matahari kata saya? Sampai sekarang hak-asuh ada pada mamah oleh sesuai keputusan pengadilan kata saya!
5. Eweih jeie olih ma’anyak qeton bardari capat inpenda laxut mateandaw pantueq andaw quan ikaw? 5. Einkah qeton pujie ma’anyang xaoloen uron aewo ienthue xatoro ipen-bire qalawohan quan ikaw?
= Siapa yang bisa menyusul anda berlari cepat dibawah panas matahari tengah hari kata kamu? = Apakah anda pernah mengasuh seorang anak bayi dengan segala suka-duka aktivitas kata kamu?
6. Freiq, amoen qeton diyae olih bardari ma’anyak ganaen bitie xepuet tar’manggah2 quan i y e? = 6. Fuetuean ma’anyang uron awoe beqe xaeleh pagawiean jeie purah baqaqa’i pamantar bara i y e? =
Afkir, kalau anda tidak bisa berlari menyusul karena badan gemuk ter’engah2 kata d i a? Gambaran mengasuh anak bayi bukan suatu pekerjaan yang mudah begitu komentar dari d i a?
7. Ganaen qeton ma’anyak dalaes qantueh tutue andal haseng diyae tar’manggah2 baqaqa’i quan akue 7. Ganaen ain-anyang uron te’i jadie in’nyarah qanhung humae panxi-uron bar’anggong-tumbah akue
= Karena anda menyusul sampai kesini betul hebat nafas tidak ter’engah2 begitu kata saya. = Karena hak-asuh anak itu sudah diserah kepada rumah panti-anak bertanggung-jawab saya.
8. Haeiskah qeton ma’anyak dalaes in’iboeleqan diyae dari loqong innyaxah panqieroeiq bara ikaw?= 8. Haeis uron tueh inenga anyangan aewie humae nuele-nunus xaqilen anggong-tumbah quan ikaw =
Haruskah anda menyusul sampai di’ibaratkan tidak lari gunung dikejar pendapat dari kamu? Harus anak ini diberi asuhan oleh rumah yatim-piatu sebagai yanggung-jawab kata kamu.
9. Ientue tar’anyak’ah qeton, ewein due bardari manjari bargalaes dalaes qantintuan quan i y e? = 9. Iekgas weie aewie xaoloen uron nuele-nunus in’anyang aewie nagari cuhaqian panqieroeiq i y e?=
Dengan tersusulnya anda, mereka dua berlari menjadi bersaing sampai ketujuan kata d i a? Normal saja oleh seorang anak yatim-piatu diasuh oleh negara demikian pendapat d i a?
10. Jatun-ati ijhe oloenpun jeie olih ma’anyak qeton bardari capat tutue andal hasengah quan akue! = 10. Jialoeh oloen jeie barxanian tuntang mandinue ain-anyang voqaw xaoloen uron nuele-nunus, akue?
Tidak ada satu orangpun yang bisa menyusul anda berlari cepat betul hebat napasnya kata saya! = Kecuali orang yang bersedia dan mendapat hak-asuh resmi seorang anak yatim-piatu, saya?
11. Keling anyak-ma’anyak qeton ber’due amoen bardari hanjewu andaw barngaqal-raga quan ikaw? = 11. Kameles qeton, jatun ati oloen je wangup andue ma’anyang uron nuele-nunus quan ikaw? =
Saling susul-menyusul anda ber’dua kalau berlari pagi hari berolah-raga kata kamu? Kuatir anda, tidak ada orang yang sanggup untuk mengasuh anak yatim-piatu kata kamu?
12. Laeluewa weie qeton ma’anyak andue bardari capat tarharep oloen jeie ati inbauen quan i y e! = 12. Laeluewa weie uron nuele-nunus in’anyang dapartamen xoqial bar’anggong-tumbah quan i y e! =
Langsung saja anda menyusul untuk berlari cepat terhadap orang yang ada didepan kata d i a! Langsung saja anak yatim-piatu diasuh departemen sosial bertanggung-jawab kata d i a!
13. Mahien ma’anyak uron andue manggaue umay’ah inhumae tatejaen xansilae baqaqa’i quan akue = 13. Mahien ma’anyang uron nuele-nunus manjari qawahaesan nagari baqaqa’i panqieroeiq bara akue!=
Justru menyusul anak untuk mencari mamahnya dirumah tetangga sebelah begitu kata saya. Justru mengasuh anak yatim-piatu menjadi kewajiban negara begitu pendapat dari saya!
14. Nateiq2 qeton bardari andue olih ma’anyak xaeleh xatiar jeie haeis in’qitaewan endoq quan ikaw?= 14. Nateiq2 uron nuele-nunus jatun-ati ma’anyang baqaqa’i ritue parnanjungan qabeluman quan ikaw=
Kadang2 anda berlari untuk bisa menyusul suatu usaha yang harus diacung jempol kata kamu? Kadang2 anak yatim-piatu tidak ada mengasuh begitu nasib perjalanan kehidupan kata kamu.
15. Ombet, eilhae qeton ma’anyak bardari aewie diyae lius olih cuhaqian panqieroeiq bara i y e? = 15. Ojoed bara ijhe qawahaesan nagari atonam ma’anyang uron nuele-nunus harimanxi bara i y e? =
Cukup, jangan anda menyusul berlari oleh tidak akan bisa demikian pendapat dari d i a? Wujud dari satu kewajiban negara adalah mengasuh anak yatim-piatu informasi dari d i a?
16. Patubiraq bapire oloen te’i dalaes olih ma’anyak zowara bardari capat parieseiqan bara akue? = 16. Pang’anyang jeie manggawiekan qeya infrah’i aewie pamarentah xaqilen ijhe-qaijhean quan akue=
Peringkat berapa orang itu sampai bisa menyusul juara berlari cepat pertanyaan dari saya? Pengasuh yang mengerjakan juga didanai oleh pemerintah sebagai satu-kesatuan kata saya.
17. Qrinah xasinde pandataehan qeton huang bardari, dalaes olih ma’anyak oloen bauen quan ikaw? = 17. Qronques xasinde jatun-ati oloen jeie maqu ma’anyang uron nuele-nunus cuhaqian quan ikaw? =
Drastis sekali peningkatan anda dalam berlari, sampai bisa menyusul orang depan kata kamu? Kontras sekali tidak ada orang yang mau mengasuh anak yatim-piatu demikian kata kamu?
18. Rahas tutue uron te’i aewie diyae olih bardari ma’anyak qawalah ati inbauen quan i y e! = 18. Raju, eweih jeie lius mang’anyang uron nuele-nunus te’i xuwaet dalaes andaw tueh quan i y e? =
Kesal betul anak itu oleh tidak bisa berlari menyusul temannya ada didepan kata d i a! Lalu, siapa yang akan mengasuh anak yatim-piatu itu masalah sampai hari i n i kata d i a?
19. Sareah ma’anyak bardari te’i beqe pagawiean jeie purah bangat manganan himaet quan akue? = 19. Sakarehasa jatun ati oloen jeie barxanian andue mang’anyang uron nuele-nunus, ehaet quan akue =
Memang menyusul berlari itu bukan pekerjaan yang mudah sangat membuang tenaga kata saya? Senantiasa tidak ada orang yang bersedia untuk mengasuh anak yatim-piatu, beban kata saya.
20. Tutue tar’anyak aewie qeton qawal’ah jeie jadie bardari heluan baqaqa’i harimanxi bara ikaw? = 20. Tagera mang’anyang uron nuele-nunus, eweih jeie barxanian xauraes oloen tarbeyem quan ikaw?=
Betul tersusul oleh anda temannya yang sudah berlari duluan begitu informasi dari kamu? Layani mengasuh anak yatim-piatu, siapa yang bersedia semua orang terdiam kata kamu?
21. Ugue qeton, einkah olih bardari capat andue ma’anyak pargalaes jeie ati inbauen quan i y e? = 21. Uraes oloen majujue andue mang’anyang uron nuele-nunus buhein cuhaqian quan i y e? =
Ragu anda, apakah bisa berlari cepat untuk menyusul pesaing yang ada didepan kata d i a? Semua orang menolak untuk mengasuh anak yatim-piatu kenapa demikian kata d i a?
22. Varigaes inuxaehkan andue bardari ma’anyak oloen inbauen aewie tuqep qejue quan akue? = 22. Vilia, telo oloen uron nuele-nunus jatun-ati oloen jeie barxanian mang’ayang buhein quan akue =
Stamina diperlukan untuk berlari menyusul orang didepan oleh jarak jauh kata saya? Belia, tiga orang anak yatim-piatu tidak ada orang yang bersedia untuk mengasuh kenapa kata saya
23. Wawoet tuntang taruh qeton, qanhung pargalaes aewie ganaen ma’anyak bardari capat quan ikaw? 23. Waewoet, qanhung qeton barxanian andue mang’ayang uron nuele-nunus baqaqa’i quan ikaw! =
= Hormat dan salut anda, kepada pesaing oleh karena menyusul berlari cepat kata kamu? Hormat, kepada anda bersedia untuk mengasuh anak yatim-piatu begitu kata kamu!
24. Xaru, amoen qeton ma’aelang oloen barlanja mutur capat anyak-ma’anyak baqaqa’i quan i y e! = 24. Xandaan belum jeie qeton tenga’an andue mang’anyang uron nuele-nunus i y e bangat wawoet! =
Seru, kalau anda menonton orang berlomba motor cepat susul-menyusul begitu kata d i a! Jaminan hidup yang anda berikan untuk mengasuh anak yatim-piatu d i a sangat hormat!
25. Yuntuk qajoehoean’ah aewie qeton olih ma’anyak oloen beqe huang bardari capat quan akue? = 25. Ye, xaqilaw ongoh rinah qeton manenga ayangan dalaes ewein olih belum lapaeng quan akue? =
Rontok kesombongannya oleh anda bisa menyusul orang lain dalam berlari cepat kata saya? Ya, sebagai bukti nyata anda memberi asuhan sampai mereka bisa hidup mandiri kata saya?
26. Ziati qabeluman, laehaeif zaput ma’anyak qabarqolihan xaqilaw oloen jeie beqe quan ikaw? = 26. Zendakan qeton mang’anyang uron nuele-nunus ingalangkan qanhung priqalonenan quan ikaw! =
Tiada kehidupan, semangat tanpa menyusul keberhasilan seperti orang yang lain kata kamu? Tindakan anda mengasuh anak yatim-piatu didasarkan kepada prikemanusiaan kata kamu!
( ite paju 208 ). ( ite paju 203 ).