Page 306 - Qamus Qutaek Dayak Ngaju
P. 306

KAMUS QUTAK DAYAK NGAJU




                                                                                                                   119.
       235). A  P  I  T    ( kuan galang )             =  A  P  I  T.   236). A P U E A E H   ( kuan galang )             =  P E R B A W A
            1. A  p  i  t    e w e i h?                    =  A p i t    s i a p a?         1. A p u a h    e i n?                          =   P e r b a w a   a p a?
            2. A  p  i  t    a k u e                         =  A p i t    s a y a                          ( Orang ke S a t u  ).         2. A p u a h    a k u e                      =   P e r b a w a   s a y a                ( Orang ke S a t u  ).
            3. A  p  i  t    i k a w                         =  A p i t    k a m u                         ( Orang ke D  u  a ).         3. A p u a h    i k a w                      =   P e r b a w a   k a m u              ( Orang ke D  u  a  ).
            4. A  p  i  t    i  y  e                              =  A p i t    d  i  a                            ( Orang ke T i g a  ).         4. A p u a h    i  y  e                          =   P e r b a w a   d  i  a                  ( Orang ke T i g a  ).
       Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :   Kuan galang mandinue solakan tuntang ahian  =  Kata dasar mendapat awalan dan ahiran :
       1.   Ati pang’apit nganten sapenaen, ijhe tue2 tuntang ijhe bawie bayae xaqilen istihadat quan akue! =     1.   Ati oloen jeie mam’aeyue’i apueaeh jadie ati bara panaq beqe uequngan mazeri baqaqa’i quan akue
             Ada peng’apit mempelai, satu laki2 dan satu perempuan hanya sebagai tradisi kata saya!         = Ada orang yang mempunyai perbawa sudah ada dari lahir lain dukungaan materi begitu kata saya
       2.   Bapire xeyaen xauraes’ah pang’apit nganten jeie umba ompat metuh te’i due oloen quan ikaw? =   2.   Bara  apueaeh te’i olih aewie pa’imbitan amuni atawa langqas-oxan ma’aiengi angqun quan ikaw =
             Berapa  jumlah semuanya peng’apit mempelai yang ikut serta saat itu dua orang kata kamu?         Dari perbawa itu bisa oleh pembawaan alami atau tingkah-laku memiliki kuasa kata kamu.
       3.   Cagar andue pang’apit nganten induaen bara aeqe weie, xeyaen’ah epat oloen quan i y e! =   3.   Caehahan iesaeng apueaeh jeie in’aiengi aewie mandaw te’i xaqilen xambaya barvamar quan i y e
             Calon untuk peng’apit mempelai diambil dari ponakan saja, jumlahnya empat orang kata d i a!         = Ungkapan tentang perbawa yang dimiliki oleh pusaka itu sebagai senjata berpamor kata d i a.
       4.   Dalaes tueieuh qeton magun miqeh aewie in’apit due tue2 diyae qojae panae nanjung quan akue =   4.   Dalaes tueieuh einkah magun ati apueaeh bara mandaw te’i cuhaqian pariesieqan qanhung akue? =
             Sampai sekarang anda masih takut oleh diapit dua laki2 tidak kenal waktu jalan kata saya.         Sampai sekarang apakah masih ada perbawa dari mandaw itu demikian pertanyaan kepada saya?
       5.   Eweih aera pang’apit nganten te’i? aera’ah Nyai, Meloh, Quewue tuntang Lendang quan ikaw? =   5.   Eweih oloen jeie inhelang itah huang qarong jeie ati ma’aeyuei apueaeh parieseiqan bara ikaw? =
             Siapa nama peng’apit mempelai itu? namanya  Nyai, Meloh, Quewue dan Lendang kata kamu?         Siapa orang yang diantara kita dalam kamar yang ada mempunyai perbawa pertanyaan dari kamu?
       6.   Fuetuean ewein bar’epat xauraes uron bawie tabela manjari pang’apit nganten quan i y e =   6.   Fuetuean apueaeh xasaoloen qilenkueh ampi; derem, ganaie, whauet, hanyie, baqaqa’i quan i y e  =
             Gambaran mereka berempat semua anak perempuan remaja menjadi peng’apit mempelai kata d i a         Gambaran perbawa seseorang bagaimana rupa; seram, angker, wibawa, berani, begitu kata d i a.
       7.   Gaza xauraes ewein epat uron tabela jeie injadian andue pang’apit nganten te’i quan akue! =   7.   Ganaen qeton jatun-ati apueaeh inbaun oloen aere jari jatun-ati angat wawaet baqaqa’i quan akue =
             Gaul semua mereka empat anak remaja yang dijadikan untuk peng’apit mempelai itu kata saya!         Karena anda tidak ada perbawa didepan orang banyak jadi tidak ada hormat begitu kata saya.
       8.   Haranan qeton jadie puejie in’apit oloen bagal metuh malem andaw inqaktak tunis quan ikaw? =   8.   Haeiskah apueaeh in’aieng’i aewie xesaoloen xaselah aeiem, tangqan jeie itong panqieroeiq ikaw =
             Sebab anda sudah pernah diapit orang begal saat malam hari dijalan sepi kata kamu?         Haruskah perbawa dimiliki oleh seseorang secara pribadi, tentu yang utama pendapat kamu.
       9.   I’intih manjari pang’apit nganten, te’i ma’ampikan xaeleh anggong-tumbah jeie haeie quan i y e! =   9.   Ientue apueaeh jeie qeton aieng’i te’i ma’ampikan qapaelae’an andue arep aeiem pamantar i y e? =
             Dipilih menjadi peng’apit mempelai, itu merupakan suatu tanggung-jawab yang besar kata d i a!         Dengan perbawa yang anda miliki itu merupakan keuntungan untuk diri pribadi komentar d i a?
       10. Jahaei2 oloen maqu ma’awaet andue manjari pang’apit nganten cuhaqian pamantar bara akue! =   10. Jahaei2 ati oloen ma’aieng’i apueaeh jeie indinue xaselah amuni, aere bara uehatuer quan akue? =
             Jarang2 orang mau membantu untuk menmjadi peng’apit mempelai demikian komentar dari saya!         Jarang2 ada orang memiliki perbawa yang didapat secara alami, banyak dari rekayasa kata saya?
       11. Kalawohan pang’apit bara ajae tarwowaet metuh maneteq pantan xaqilen axelah hadaet quan ikaw    11. Ka’aeiem’an oloen xaqilaw ein jeie olih ma’aieng’i xaeleh apueaeh cuhaqian parieseiqan bara ikaw
             = Aktivitas peng’apit dari tamu terhotmat saat memotong pantan sebagai acara budaya kata kamu.         = Kepribadian orang seperti apa yang bisa memiliki suatu perbawa demikian pertanyaan dari kamu.
        12. Lenxah maigal, rentas bapander pang’apit aejae tarwowaet hung axelah teteiq pantan quan i y e! =   12. Lingqui apueaeh te’i jadie taeme qanhuang lingqui qa’ujhue bara xaining oloen pamantar i y e? =
              Lincah menari, lancar bicara peng’apit tamu terhormat pada acara potong pantan kata d i a!         Dimensi perbawa itu sudah masuk kedalam dimensi ketujuh dari setiap orang komentar d i a?
        13. Mahien qeton manjari pang’apit nganten ma’ampikan xaeleh pangkahuman yusang quan akue =   13. Maiqowie qeton, amoen apueaeh te’i diyay xaining oloen olih ma’aieng’i ganaen lonaet quan akue
              Justru anda menjadi peng’apit mempelai merupakan suatu pengalaman unik kata saya.         = Mengakui anda, kalau perbawa itu tidak setiap orang bisa memiliki karena langka kata saya.
       14. Nahaep qeton malaqanihkan tongas manjari xaoloen pang’apit nganten dalaes branai quan ikaw =   14. Ngapah’kah andue oloen jeie jadie ma’aieng’i xaeleh apueaeh tangqan cuhaqian quan ikaw? =
             Mantap anda melaksanakan tugas menjadi seorang peng’apit mempelai sampai selesai kata kamu.         Berkahkah untuk orang yang sudah memiliki suatu perbawa tentu demikian kata kamu?
       15. Onah, panampinan’ah ugael tutue andue manjari pang’apit nganten einqah barxanmian quan i y e =   15. Ojoed bara bahuwa apueaeh saqilaw ein ampi atawa pangun’ah; asaan, miqheh, rieng, quan i y e! =
             Nona, penampilannya cocok betul untuk menjadi peng’apit mempelai apakah bersedia kata d i a.         Wujud dari produk perbawa seperti apa rupa atau bentuknya; segan, gentar, ngeri, kata d i a!
       16. Parkarangan andue saoloen pang’apit nganten jadie inxiepkan andue qeton hapae pamantar akue =     16. Prietueng apueaeh ojoed’ah indoq oloen manjari eiquet inharepan qeton tintuan itong quan akue! =
              Perlengkapan untuk seorang peng’apit mempelai sudah disiapkan untuk anda pakai komentar saya.         Prioritas perbawa wujudnya agar orang menjadi takluk dihadapan anda tujuan utama kata saya!
       17. Qenyep, gupgap qeton maentai andue andaw jewue manjari xaoloen pang’apit nganten quan ikaw    17. Qasaek jatun-ati apueaeh qeton inhepeq’an aewie oloen beqe te’i jadie manjari reziqu quan ikaw? =
              = Resah, gugup anda menunggu untuk hari besok menjadi seorang pang’apit mempelai kata kamu         Akibat tidak ada perbawa anda dilecehkan oleh orang lain itu sudah menjadi resiko kata kamu?
       18. Raongih tarqejet aewie inlakue manjari xaoloen pang’apit nganten cuhgaqian qaatian quan i y e! =   18. Raongih qeton tangkan barfaud tarharep oloen jeie ati ma’aiengi apueaeh cuhaqian manumuen i y e
             Reaksi terkejut oleh diminta menjadi seorang peng’apit mempelai demikian keadaan kata d i a!         = Reaksi anda tentu berbeda terhadap orang yang ada memiliki perbawa demikian menurut d i a.
       19, Simpun-krama manjari xaoloen pang’apit nganten haeis in’bajarkan tarbiyen helu quan akue? =   19. Satoro jeie inyewut aejue mamut tangkan ati apueaeh ganaen jeie bagawie atonam ru’a quan akue
             Tata-krama menjadi seorang peng’apit mempelai harus diajarkan terlebih dulu kata saya?          = Segala yang disebut benda sakti tentu ada perbawa karena yang bekerja adalah roh kata saya.
       20. Taxixieq tutue xatahie qeton  malaqanihkan tongas manjari xaoloen pang’apit nganten quan ikaw =   20. Tindaran payahaen panae tueieuh tarharep awaeng, aejue jeie ati apueaeh in’gaeu quan ikaw? =
             Telaten betul selama anda melaksanakan tugas menjadi seorang peng’apit mempelai kata kamu.         Geseran pandangan waktu sekarang terhadap barang, benda yang ada perbawa dicari kata kamu?
       21. Ugael, lenxah qeton malaqanihkan tongas manjari xaoloen pang’apit nganten pamantar i y e! =    21. Ugue qeton dalaes andaw tueh einkah awaeng, aejue mamut magun ati apueaeh baqaqa’i quan i y e
             Cocok, lincah anda melaksanakan tugas menjadi seorang peng’apit mempelai komentar d i a!         = Ragu anda sampai hari ini apakah barang, benda sakti masih ada perbawa begitu kata d i a.
       22. Vilia pempah jeie in’intih andue manjari xaoloen pang’apit nganten cuhaqian pamantar akue! =   22. Vandaytis tutue awaeng, aejue mamut tueh bangat goca apueaehah in’gaeu aewie oloen quan akue
             Belia umur yang dipilih untuk menjadi seorang peng’apit mempelai demikian komentar saya!         = Fantastis betul barang, benda sakti ini sangat kuat perbawanya dicari oleh orang kata saya.
       23. Waonderdasikan andue qeton, eweih jeie ugael andue manjari pang’apit nganten quan ikaw? =   23. Waonderdasikan andue qeton awaeng, aejue ein jeie magun ati apueaehah cuhaqian quan ikaw? =
             Rekomendasikan untuk anda, siapa yang cocok untuk menjadi peng’apit mempelai kata kamu?         Rekomendasikan untuk anda barang, benda apa yang masih ada perbawanya demikian kata kamu?
       24. Xlembang xsaoloen uron jeie barxanian manjari xaoloen pang’apit nganten baqaqa’i quan i y e? =   24. Xaoleh’ah qeton inaeqan awaeng, aejue mamut jeie ati apueaehah cuhaqian ieroeiq bara i y e? =
             Spontan seorang anak yang bersedia menjadi seorang peng’apit mempelai begitu kata d i a?         Sebaiknya anda simpankan barang, benda sakti yang ada perbawanya demikian rencana dari d i a?
       25. Yokap qeton qilekueh iesaeng parlaquan andue manjari xaoloen pang’apit nganten quan akue? =   25. Yupit xasinde awaeng tueh, tagael magun ati apueaeh tarharep oloen beqe panqieroeiq bara akue! =
             Sikap anda bagaimana tentang permintaan untuk menjadi seorang peng’apit mempelai kata saya?         Usang sekali barang ini, tetapi masih ada perbawa terhadap orang lain pendapat dari saya!
       26. Zendakan qeton tangqan lagai2 helu ujun parlaquan andue manjari pang’apit nganten  quan ikaw =   26. Zaput ati apueaeh angat’ah belum tueh bangat ngahue weie baqaqa’i manumuen ikaw? =
             Tindakan anda tentu  pikir2 dulu atas permintaan untuk menjadi peng’apit mempelai kata kamu.         Tanpa ada perbawa rasanya hidup ini sangat sia-sia saja begitu menurut kamu?
                                                                                                      ( ite paju 228 ).                                                                                                   ( ite paju 15 ).
   301   302   303   304   305   306   307   308   309   310   311